Cara Aktivasi Kartu Kredit - Kartu Bank

Latest

Personal Blog Roy Passenger @kartu_bank|Tips Seputar Kartu Kredit dan Produk Perbankan Lainnya! Senang Bisa Berbagi Pengalaman!

Cara Aktivasi Kartu Kredit

Umumnya ada dua cara Aktivasi kartu kredit yaitu melalui call center dan melalui ebanking. Seperti sms banking, internet banking atau mobile banking sesuai dengan ketentuan di bank penerbit kartu kredit-mu. Tidak semua bank memberikan fasilitas aktivasi kartu kredit melalui sms atau mobile banking. Tetapi bank apapun penerbit kartu kredit-mu, kamu pasti bisa aktivasi melalui call center.

Baca Cara aktivasi kartu kredit sesuai dengan bank penerbit kartu kredit-mu!

Pastikan untuk menandatangani kartu kreditmu setelah melakukan proses aktivasi kartu kredit. Kartu kredit tidak bisa dipindahtangankan bahkan kepada saudara serumah sekalipun. Bila kamu ingin berbagi kartu kredit dengan keluarga, maka hubungi bank penerbit kartu kredit-mu untuk membuat kartu kredit tambahan.

Jaga selalu kerahasian data-data kartu kredi-mu. Seperti tiga angka dibelakang kartu, masa berlaku kartu kredit dan 16 digit nomor kartu kreditmu. Pastikan nomor handphone, alamat surat menyurat dan data-data lain selalu diupdate. Hubungi call center penerbit kartu kredit-mu apabila ada perubahan data. Gunakan selalu 6 digit PIN untuk transaksi pembayaran di mesin edc dan juga mesin atm.

Mengetahui Limit Kartu Kredit yang Ingin Kamu Aktivasi
Kartu kredit-mu pasti dikirimkan dalam sebuah amplop. Biasanya dikirimkan ke alamat rumah atau kantor. Pada amplop tersebut juga terdapat selebaran. Informasi limit kartu kredit yang baru kamu terima bisa dilihat pada selebaran tersebut. Informasi  total limit kartu kredit juga bisa kamu check nantinya di lembar tagihan yang akan dikirimkan ke alamat rumah atau alamat email sesuai dengan metode pengiriman tagihan yang kamu pilih saat mengisi aplikasi pengajuan kartu kredit. Atau, kamu juga bisa mencoba menanyakan limit kartu kredit ke call center bila kamu aktivasi melalui call center, tetapi tidak semua bank bersedia menginformasikan total limit melalui telephone.

Mengetahui Tanggal Cetak Tagihan dan Jatuh Tempo Pembayaran setiap bulan.
Informasi mengenai tanggal cetak tagihan juga dimuat pada selebaran yang ada di amplop kartu kredit yang kamu terima. Informasi ini juga ada pada lembar tagihan dan bisa juga kamu tanyakan melalui call center. Perhitungan tanggal selisih hari dari tanggal cetak ke tanggal jatuh tempo adalah berbeda tiap bank. Tanggal jatuh tempo kartu kredit bank mandiri dan bni adalah 20 hari dari tanggal cetak, sementara untuk kartu kredit bank bca adalah 16 hari dari tanggal cetak. Bila kamu tidak punya kartu atm atau tabungan dari bank penerbit kartu kredit-mu, maka sebaiknya lakukan pembayaran paling tidak 3 hari kerja sebelum jatuh tempo. Atau lakukan pembayaran dari atm bank lain dengan memilih metode transfer antar bank.