Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Yang Harus Diketahui Sebelum Menggunakan Kartu Kredit

 Berikut ini adalah Hal-Hal Yang wajib diketahui oleh Pemegang Kartu Kredit


Kapan Tanggal Cetak Tagihan Kartu Kredit?

Informasi tanggal cetak kartu kredit biasanya ada di selebaran yang dikirimkan bersamaan dengan kartu kredit anda.

Atau bila anda sudah menerima tagihan percobaan, atau pengiriman lembar tagihan kosong, biasanya di sana ada informasi tanggal cetak tagihan anda.

Anda juga bisa melakukan pengecekan tanggal cetak tagihan kartu kredit melalui mesin atm dengan masuk ke menu pembayaran - kemudian pilih kartu kredit sesuai nama bank anda - kemudian masukkan nomor kartu kredit anda dan di sana akan muncul informasi tagihan dan tanggal cetak tagihan kartu kredit anda. BACA istilah-istilah kartu kartu.



Kapan Tanggal Jatuh Tempo kartu Kredit?

Anda Harus harus mengetahui Tanggal Jatuh tempo. Supaya anda tidak telat bayar yang bisa berimbas pada penagihan denda keterlambatan kartu kredit anda.

Cara untuk mengetahui tanggal jatuh tempo tagihan kartu kredit sama seperti cara mengecek tanggal cetak tagihan kartu kredit di atas.


Berapa Minimum Pembayaran kartu kredit di Bank Anda?

Anda harus tahu berapa minimum pembayaran tagihan anda. Supaya ketika dalam kondisi financial yang sulit anda bisa menyisihkan dana untuk pembayaran minimum. Pembayaran minimum kartu kredit akan menghindarkan anda denda keterlambatan.


Ketahui Berapa Limit kartu Kredit anda?

Anda harus mengetahui berapa limit kartu kredit anda. Supaya anda tidak melakukan transaksi melebihi overlimit yang bisa berakibat ditagihkannya biaya overlimit. Saat ini biaya overlimit cukup mahal. Baca Limit Kartu Kredit!


Ketahui Fasilitas dan fitur kartu kredit anda!

Ada banyak fasilitas dan fitur yang ditawarkan oleh kartu kredit. Maksimal penggunaan fasilitas-fasilitas yang menurut anda cukup membantu. Baca Fitur Kartu Kredit!


Hal-Hal mengenai Kartu Kredit sebelum Transaksi

Kartu Kredit wajib untuk diaktivasi sebelum bisa digunakan. pastikan untuk menghubungi call center bank anda untuk melakukan aktivasi atau ikuti petunjuk aktivasi yang biasanya ada diselebaran yang dikirimkan bersamaan dengan kartu kredit anda. Baca Aktivasi!

Pastikan nomor handphone anda yang terdaftar di bank masih aktif.

Pastikan anda sudah menerima 6 digit PIN kartu kredit bila anda hendak transaksi di toko fisik atau di mesin atm. Atau buat pin kartu kredit anda dengan mengikuti arahan pembuatan pin yang pasti diinformasikan diselebaran yang anda terima bersamaan dengan kartu kredit anda. Baca PIN Kartu Kredit!

Bila anda belum tahu cara menggunakan kartu kredit untuk transaksi silahkan baca artikel berikut ini: Cara Pakai Kartu Kredit.


Hal-Hal mengenai Tagihan Kartu Kredit

Setelah anda menggunakan kartu kredit maka anda sudah memiliki tagihan, tagihan dicetak setiap bulan. Tanggal percetakan tagihan berbeda-beda tiap orang, tanggal cetak tagihan akan mempengaruhi tanggal jatuh tempo pembayaran. biasanya jatuh tempo pembayaran adalah 18-20 Hari dari tanggal cetak tergantung peraturan bank anda.

Lembar tagihan akan dikirim setiap bulan, bisa dikirim via Pos atau Via email. Saya sarankan untuk menggunakan pengiriman tagihan via email, selain untuk membantu misi go green, pengiriman tagihan via email adalah gratis. Berbeda dengan pengiriman tagihan via pos- anda akan dikenakan biaya Rp.10.000 - Rp.15.000. Baca Ebilling

Bila tanggal cetak dan jatuh tempo tagihan kartu kredit anda terasa kurang tepat atau terlalu jauh dari tanggal gajian. Cobe pertimbangkan untuk meminta perubahan tanggal cetak. Tidak semua jenis kartu kredit bisa ganti tanggal cetak, umumnya kartu kredit co-branding tidak bisa ganti tanggal cetak. Baca cara ganti tanggal cetak.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)