Pengertian dan Ketentuan Limit Kartu Kredit

Saat pertama sekali mendengar tentang istilah limit kartu kredit, ada banyak pertanyaan yang muncul di benak saya, seperti apakah limit kartu kredit itu dipakai perbulan atau pertahun?

Jadi untuk menjawab rasa penasaran anda mengenai limit kartu kredit, simak ulasan kita mengenai limit kartu kredit di bawah ini!
Skema transaksi kartu kredit, sisa limit, tagihan dan pembayaran
Limit kartu kredit ditentukan oleh pemakaian dan pembayaran

Pengertian Limit Kartu Kredit

Bila Anda mendapatkan sebuah kartu kredit dengan total limit 10 Juta. Kemudian, Anda berpikir bahwa limit kartu kredit anda adalah 10 juta perbulan. Pernyataan itu sangat salah.

Limit kartu kredit itu tidak ada bedanya dengan saldo ditabungan. Bedanya, kalau saldo ditabungan anda adalah uang anda sendiri, sementara limit kartu kredit adalah uang dari bank yang dipinjamkan kepada anda.

Misalkan saldo tabungan anda 10 juta. Maka anda tentu bisa menggunakan semua saldo tersebut sampai habis dan tidak ada istilah perbulan di sana.

Sama seperti limit kartu kredit, bila anda langsung menghabiskan limit kartu kredit anda dalam sehari, maka ke esokan harinya atau bulan-bulan berikutnya limit anda sudah habis bila anda tidak melakukan pembayaran.

Jadi, Limit kartu kredit perbulan atau pertahun?

Jawabannya bukan perbulan dan bukan pertahun juga, limit kartu kredit tidak dibatasi waktu tetapi dibatasi pemakaian dan pembayaran. Di pakai 1 juta kemudian dibayar 1 juta, maka limit tetap utuh.

Contoh:
Limit kartu kredit anda 10 Juta
Tanggal 20 Desember 2018 anda menggunakan 10 Juta (Limit Habis)
Bila anda bayar 5 juta maka sisa limit anda menjadi 5 juta dan hutang anda 5 juta
Anda gunakan kembali 5 juta.
Bila anda tidak bayar maka sisa limit kartu kredit anda sudah tidak ada lagi.

Kesimpulannya Limit kartu kredit adalah batasan maksimal nominal uang yang bisa digunakan oleh pemegang kartu kredit untuk transaksi sampai limit habis, dengan ketentuan limit akan berkurang sebesar yang sudah digunakan dan bertambah sebesar yang sudah dibayarkan.

Perhitungan Limit Kartu Kredit

Skema  perhitungan limit kartu kredit
Limit kartu kredit berdasarkan jenis kartu 

Tidak ada ketentuan yang mengatur tentang minimal limit kartu kredit. Beda bank, maka berbeda pula ketentuan minimal limit kartu kredit mereka. 

Namun pada umumnya, limit minimal kartu kredit bisa ditebak dari jenis kartunya.

Misalkan,
  • Limit kartu kredit silver adalah antara 2 Juta hingga 8 Juta
  • Limit Kartu kredit Gold adalah antara 8 Juta hingga 25 juta
  • Limit Kartu Platinum adalah antara 25 juta hingga milyaran 

Tetapi itu hanyalah tebakan, karena semuanya tergantung pada bank, misalkan bank mandiri memperbolehkan limit kartu kredit platinum dari 10 Juta. Atau bank BRI minimal limit kartu kredit silver bri touch adalah 5 juta.

Tidak ada ketentuan minimal limit kartu kredit, tetapi bank Indonesia menerbitkan ketentuan tentang maksimal limit kartu kredit seseorang.

Berdasarkan surat edaran bank Indonesia No. 14/17/DASP, maksimal limit kartu kredit nasabah pemegang kartu adalah 3 kali Gaji bulanan.


Jika Limit Kartu Kredit Habis 

Jika limit kartu kredit habis maka nasabah sudah tidak bisa transaksi lagi. Misalkan limit kartu kredit anda habis di bulan september dan setelah bulan oktober anda belum melakukan pembayaran. Limit kartu kredit anda akan tetap habis dan kartu tidak bisa digunakan.

Ada dua cara supaya anda tetap bisa transaksi saat limit kartu kredit anda sudah habis, yaitu
  • Lakukan pembayaran diatas nominal transaksi yang mau anda lakukan
  • Minta kenaikan limit instant untuk transaksi dirumah sakit, kenaikan limit sementara untuk 3 bulan atau kenaikan limit permanent dengan menghubungi call center kartu kredit bank anda.

Pemakaian Kartu Kredit Melebihi Limit

Simulasi penyebab kartu kredit bisa over limit
Kartu kredit over limit

Kenapa pemakaian kartu kredit bisa melebihi limit? ada beberapa faktor yang bisa mengakibatkan kartu kredit overlimit, antara lain:
  • Adanya penagihan biaya-biaya seperti Biaya iuran tahunan kartu, bunga, denda keterlambatan, bahkan biaya materai dan biaya-biaya kartu kredit lainnya.
  • Adanya ketentuan batas transaksi diatas limit, ada juga beberapa bank yang masih menginjinkan jenis transaksi tertentu dari Rp.50.000 hingga Rp. 300.000 diatas limit kartu kredit. Misalkan, sisa limit anda tinggal 1 juta kemudian anda melakukan transaksi 1.3 juta, terkadang bank masih menginjinkan transaksi tersebut walaupun tidak ada ketentuan pasti tentang hal ini.


Kapan Limit Kartu Kredit kembali Normal?

Limit kartu kredit akan kembali normal setelah pemegang kartu kredit melakukan pembayaran penuh semua total tagihan. Dalam hal ini tidak ada transaksi yang dibekukan atau yang dijadikan cicilan. Selama kartu kredit masih ada cicilan, maka limit kartu kredit belum bisa kembali normal.

Contohnya:

Limit kartu kredit saya 10 Juta
Saya Pakai 3 juta
Sisa limit 6 jutaan.
Tagihan datang dengan nominal 3 jutaan.
Saya langsung bayar semua tagihan. Maka dipastikan limit kartu kredit saya akan kembali normal.

Bedakan 

Limit kartu kredit saya 10 Juta
Saya Pakai 3 juta
Sisa limit 6 jutaan.
Tagihan datang dengan nominal  sekitar 250 Ribuan
Transaksi saya berarti dicicil 12 bulan. 
Setelah saya bayar tagihan yang 250 ribuan tersebut sisa limit saya masih 6 jutaan dan limit kartu kredit saya  baru akan kembali normal setelah transaksi yang dicicil 12 bulan tersebut sudah lunas.




0 Komentar "Pengertian dan Ketentuan Limit Kartu Kredit "