22 Istilah-istilah dalam kartu kredit yang sering digunakan

Istilah-istilah dalam kartu kredit yang sering digunakan-Dalam dunia kartu kredit terdapat banyak istilah yang masih mengunakan bahasa asing. Beberapa istilah sudah Terjemahkan dan terbiasa digunakan oleh masyarakat. Tetapi masih banyak istilah dalam kartu kredit yang masih mengunakan bahasa inggris. Dan terkadang bank masih mengunakan istilah-istilah ini ketika berkomunikasi dengan anda. Apa saja? Mari kita Ulas satu - satu!


3D Secure Code/Authentication code 

3D Secure Code adalah kode authentikasi transaksi online pada kartu kredit. Fungsi Kode ini hampir sama dengan kode yang dilakukan pada APPLI_2 pada transaksi financial mengunakan internet banking. Bedannya, 3D secure lebih sederhana karena dikirimkan otomatis ke handphone, saat kita melakukan transaksi. Jadi sederhananya 3D Secure Code adalah kode pengganti PIN untuk transaksi Online.


Apa yang dimaksud dengan kredit Limit pada kartu kredit?

Kredit Limit adalah dana yang diberikan oleh bank pada kartu kredit nasabah. Hampir sama seperti saldo pada rekening tabungan. Kalau Saldo adalah uang yang kita simpankan di Bank untuk di olah oleh bank, sebaliknya Limit kartu kredit adalah uang atau dana yang diberikan Bank Kepada kita, Untuk kita Olah. 

Begini ketentuannya, ketika kita mengajukan kartu kredit maka semua dokumen yang kita kirimkan akan di analisa oleh bank. Tidak hanya dokumen yang kita kirimkan tetapi bank juga akan mengumpulkan semua data financial kita melalui bank Indonesia. Dari hasil analisa tersebut baru bank akan memutuskan berapa dana kredit atau limit yang akan diberikan kepada kita. Umumnya maksimal limit yang diberikan adalah 3 kali gaji. 

Nah Misalkan gaji kita 3 juta dan bank memberikan kartu kredit dengan limit 5 juta. Maka dana yang bisa kita gunakan maksimal adalah sebesar lima juta. Misalkan kita menerima kartu kredit pada bulan april, kemudian pada bulan tersebut kita langsung belanja handphone sebesar 3 juta yang dicicil satu juta perbulan. Setelah kita belanja tiga juta, otomatis dana dari kartu kredit yang bisa kita gunakan adalah tinggal 2 juta lagi. Pada saat tanggal cetak misalkan kita menerima tagihan pertama dengan total 1 juta rupiah sebagai cicilan pertama, dan langsung kita bayarkan. Maka otomatis dana dikartu kredit yang bisa kita gunakan akan bertambah kembali sebesar 1 juta menjadi 3 juta. 

Kesimpulan, Limit pada kartu kredit berkurang sebesar transaksi yang sudah kita pakai. Dan akan bertambah kembali sebesar pembayaran yang kita gunakan.


Apa arti Billing Statements pada kartu kredit

Biling statement adalah istilah asing untuk lembar tagihan kartu kredit. Semua rincian aktivitas kartu kredit kita, seperti transaksi retails, transaksi tarik tunai, cicilan, pembayaran tagihan tetap, dan lain-lain akan dimuat di lembar tagihan atau billing statement.

Apa arti Cycle Date Pada kartu Kredit

Cycle date adalah Tanggal pencetakan billing statement. Jadi Bank itu memiliki tanggl cetak yang berbeda-beda untuk tiap jenis kartu kredit. Tagihan itu di cetak dimalam hari, jadi walaupun tanggal cetak nasabah adalah tanggal 12 tetapi untuk informasi pasti tentang besar tagihan baru bisa diketahui besok hari-nya.

Apa arti Due Date pada kartu kredit?

Due date pada kartu kredit adalah tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan. Due date itu memiliki rentan waktu pasti yang dihitung mulai dari tanggal cetak, biasa-nya lama dari tanggal cetak sampai jatuh tempo atau due date adalah dari 20 sampai 30 hari, tergantung ketentuan bank masing-masing.

Bila pembayaran dilakukan setelah due date maka nasabah akan dikenakan denda keterlambatan dan pasti akan ditagihkan bunga juga.

Apa arti Sub-Charge pada kartu kredit?

Sub-Charge adalah biaya tambahan yang ditagihkan oleh toko ketika kita transaksi. Di indonesia Sub-Charge bisa mulai dari 1% - 3 %. Biaya sub-charge bukan ketentuan dari bank. Bank sama sekali tidak mengetahui hal itu, beberapa merchant atau toko mengatakan kalau mereka menagihkan sub-charge adalah untuk biaya perawatan mesin EDC. Kalau ada Toko yang menagihkan Sub-charge atau biaya tambahan sebaiknya anda mencari toko yang menjual barang yang sama saja.

Apa arti Autoinstallment pada kartu kredit?

Autoinstallment adalah bahasa asing untuk proses cicilan atau cicilan pada kartu kredit.

Apa arti Pembayaran Terimakasih pada kartu kredit?

Pembayaran terimakasi adalah pembayaran yang anda lakukan. Bisa juga koreksi pembayaran atau transfer pembayaran dari kartu kredit anda yang lain sesuai permintaan.

Apa arti Interest pada kartu kredit?

Interest adalah bahasa asing untuk Bunga kartu kredit. Pembebanan bunga kartu kredit diatur dan di awasi oleh negara melalui team tertentu. Karena itulah bunga reguler kartu kredit di indonesia besarnya selalu hampir sama.

Apa arti annual fee?
Annual fee pada kartu kredit adalah biaya iuaran kartu kredit pertahun

Apa arti membership fee pada kartu Kredit?
Membership fee itu sama dengan Annual fee yaitu iuaran tahunan kartu kredit yang besarnya berbeda-beda terggantung jenis kartu kredit yang anda gunakan.

Apa arti Montly Fee pada kartu kredit reguler?
Montly fee pada kartu kredit reguler adalah iuran kartu yang penagihan-nya adalah perbulan. Bila sudah ditagihkan iuran dalam bentuk montly fee, maka annual fee tidak akan ditagihkan lagi.

Apa arti Montly Fee pada kartu kredit syariah?
Kartu kredit tidak mengenal bunga dan denda keterlambatan. Tetapi dalam kartu kredit syariah Bunga dan denda keterlambatan biasannya ditagihkan dengan mengunakan istilah Montly fee.

Apa arti Pagu Kredit pada kartu kredit?
Pagu kredit adalah batasan dana yang diberikan oleh bank. Ini adalah istilah yang sama dengan Credit Limit.

Apa Arti Cash Advance pada kartu kredit?
Cash advance adalah transaksi penarikan uang di mesin atm dengan jumlah tertentu.

Apa arti Balance pada kartu kredit?
Istilah balance pada kartu kredit sering disalah artikan karena beberapa orang bahkan orang bank sering mengatakan balance untuk menyebut Nominal tagihan. Sebagian orang mengartikan balance dengan saldo kredit, jadi karena keduannya biasa digunakan, sebaiknya bila ada hal-hal yang berhubungan dengan istilah balance dipastikan dulu aja.

Apa arti Transfer balance pada kartu kredit?
Transfer balance adalah proses transfer kelebihan pembayaran dari kartu kredit yang satu ke kartu kredit yang lain, yang dimiliki oleh nasabah yang sama.

Apa arti kredit Credit Refund pada kartu kredit?
Credit Refund adalah pengembalian dana ke kartu kredit oleh merchant atau toko tertentu karena pembatalan transaksi atau karena sebab lain. Istilah Refund juga bisa digunakan untuk pengembalian kelebihan pembayaran dari kartu kredit ke rekening pemilik kartu kredit.

Apa arti Dispute pada kartu kredit?
Dispute adalah proses penyangahan transaksi. Dimana seorang pemegang kartu merasa tidak melakukan transaksi tetapi tertagih. Ada banyak jenis Dispute tergantung dari alasan si pemegang kartu mengajukan dispute tersebut. Tetapi yang perlu diketahui adalah kalau dispute itu artinya penyangahan transaksi karena alasan tertentu.
Proses dispute pada kartu kredit itu sangat lama, ini dikarenakan proses dispute pasti memerlukan tindakan investigasi terlebih dahulu. Proses dispute pada kartu kredit bisa memakan waktu sampai 6 bulan. 

Apa Itu Logo Kartu Kredit?

Logo pada kartu kredit itu lebih mengarah kepada jenis kartu, bisa diartikan apakah kartu kredit tersebut mengunakan logo master atau visa. Kemudian bisa dispesifikan misalkan dalam kalimat, "Logo kartunya adalah Visa Silver" jadi dalam kalimat tersebut Logo mengarah kepada jenis kartu kredit.

Apa arti fraud pada kartu kredit?
Fraud pada kartu kredit artinya penyalahgunaan kartu yang dilakukan oleh oknum-oknum tertentu yang bukan pemegang kartu.

Apa arti Gestun atau Gesek Tunai pada kartu kredit?
Gestun adalah transaksi penarikan uang melalui merchant dengan berpura-pura seolah pemegang kartu melakukan transaksi. Ini adalah kerja sama ilegal antara pemegang kartu dengan pihak toko atau merchant. Hal ini seperti ini paling tidak disukai oleh bank, bila ketahuan, data pemegang kartu akan langsung buruk dan akan kesulitan untuk mengurus kredit.