Cara Aktivasi dan Permintaan Pin Kartu Kredit Sinarmas

Kamu pasti mencari informasi mengenai cara aktivasi dan pembuatan Pin kartu kredit sinarmas, karena kamu baru menerima kartu kreditnya. Bila kamu masih baru dengan kartu kredit, tenang saja. Saya akan berusaha menjelaskan sedetail mungkin, mengenai hal-hal yang perlu kamu ketahui.

Tidak masalah jenis kartu kredit sinarmas apa yang kamu terima. Baik Orami, Indigo, Platinum, cara aktivasi kartu kreditnya sama saja. Demikian juga mengenai prosedur pembuatan pin-nya. 

Aktivasi Kartu Kredit Sinarmas

Call center bank sinarmas

Kartu kredit Sinarmas yang baru kamu terima belum bisa digunakan apabila belum diaktifkan. Cara aktivasi kartu kredit dilakukan dengan menghubungi call center di nomor 1500153. Ikuti panduan mesin penjawab atau langsung terhubung dengan staff. 

Aktivasi memerlukan proses verifikasi data yang bertujuan untuk memastikan kalau yang menelepon adalah benar-benar pemegang kartu kredit. Aktivasi tidak boleh diwakilkan. Aktivasi kartu kredit tambahan bisa dilakukan oleh pemegang kartu utama. 

Bila kamu masih sangat baru dengan kartu kredit, ada beberapa hal yang wajib kamu tanyakan kepada call center setelah selesai aktivasi.  Berikut ini adalah poin-poin pentingnya.

PIN kartu Kredit Sinarmas

Pin kartu kredit juga dikirimkan ke alamat surat menyurat. Pengiriman PIN bisa dipisahkan dengan pengiriman kartu kredit untuk menghindari penyalahgunaan bila diterima oleh orang yang salah. Pastikan kamu sudah menerima PIN kartu kreditnya.

Bila kamu belum menerima PIN, maka saat berbicara dengan call center. Silahkan pastikan hal tersebut. Informasikan kalau kamu belum menerima Pin. Nanti, Pin kartu kreditmu akan dikirimkan ke nomor handphone yang terdaftar di bank Sinarmas.

Nomor Handphone Kartu Kredit

Ketika kamu transaksi di toko fisik atau di mesin atm, kamu menggunakan 6 digit PIN sebagai kode otentikasi transaksi. Berbeda bila kamu transaksi online, kamu tidak menggunakan PIN melainkan menggunakan kode 3D secure. kode 3D secure kartu kredit sinarmas adalah kode otentikasi transaksi online. Sederhananya sebagai penganti PIN. Jadi, nomor handphone sama pentingnya dengan PIN. 

Saat menghubungi call center, mungkin kamu akan ditanyakan nomor handphone. Pastikan nomor handphone yang terdaftar di sistem sudah benar dan masih aktif. Karena kamu akan kesulitan untuk belanja online bila nomor handphone kamu tidak sesuai.

Tagihan dan Limit kartu Kredit Sinarmas

Bila kamu belum tahu berapa limit kartu kreditmu, silahkan cek diselebaran yang dikirimkan bersamaan dengan kartu kredit. Pada selebaran tersebut akan ada informasi mengenai limit dan tanggal cetak tagihan.

Yang dimaksud dengan tanggal cetak tagihan adalah tanggal semua transaksi dalam satu periode dibukukan. Transaksi yang dibukukan tersebut akan dikirimkan kepada kamu via kurir atau via email. Kamu harus melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh tempo.

Informasi tanggal jatuh tempo kartu kredit sinarmas bisa dilihat di lembar tagihan. Kamu juga bisa melihat limit, sisa limit, sisa penarikan tunai di lembar tagihan tersebut.

Mengenai pembayaran minimum kartu kredit sinarmas. Pembayaran minimum adalah pembayaran 10% dari total tagihan yang tercetak. Kamu harus melakukan pembayaran paling tidak sebesar nominal minimum tersebut. Bila pembayaranmu tidak mencapai minimum, maka kamu akan dikenakan denda keterlambatan dan bunga.

Bunga kartu kredit sinarmas tidak akan ditagihkan bila kamu melakukan pembayaran full sebesar yang tertulis di lembar tagihan. Kecuali, bila kamu tarik tunai atau ada cicilan tetap, maka bunga akan tetap ditagihkan khusus untuk transaksi tersebut.

Ada banyak cara untuk mengetahui tagihan kartu kredit sinarmas. Kamu bisa melihat tagihan di email, di internet banking, di mesin atm atau tanyakan langsung kepada call center. 


Cara Menggunakan kartu Kredit Sinarmas pertama Sekali

Bank Sinarmas menerbitkan kartu kredit berplatform Visa Card. Jenis kartu kredit ini bisa kamu pakai dimana-mana. Termasuk di luar negeri. Bila kamu keluar negeri, silahkan konfirmasi dulu kepada call center. Hal ini bertujuan supaya pihak otorisasi tidak kaget dan memblokir kartumu.

Transaksi di toko fisik atau di mesin atm - Silahkan dip in kartunya, bukan digesek. Metode Dip kartu yang dimaksud adalah memasukkan kartu kredit ke edc atau card reader lainnya. Kasir akan memberikan kesempatan untuk memasukkan PIN. Masukkan 6 digit PIN-mu kemudian proses dengan menekan tombol yang berwarna hijau. EDC akan mengeluarkan struk dan transaksi sudah selesai.

Pemakaian kartu kredit di mesin atm tidak berbeda dengan pemakaian kartu debit. Kamu memasukkan kartu, memilih bahasa, memasukkan PIN dan pilih menu-menu atm sesuai keinginanmu.

Hal mengenai promo cicilan di toko fisik. Promo cicilan 0% dari toko fisik akan langsung diproses ditoko tersebut. Silahkan konfirmasi ke kasir mengenai proses cicilannya. Supaya kasirnya tidak lupa dan proses ke pembayaran full. Cicilan promo 0% yang sudah diproses ditoko tidak perlu lagi dikonfirmasi kepada call center.

Transaksi Online kartu Kredit Sinarmas - Pastikan hanya menggunakan kartu kredit di website yang secured. Tanda-tandanya adalah alamat websitenya tidak menggunakan http tetapi https. Biasanya ada gambar gembok terkunci atau kata secured pada url website tersebut.

Kamu memerlukan data-data kartu untuk belanja online. Pilihan metode pembayaran yang kamu pilih adalah Visa atau Kartu Kredit. Selanjutnya masukkan 16 digit nomor kartu kredit sinarmas, masa berlaku dan tiga angka dibalik kartu kreditmu (CVV/CVC). Akan pop up permintaan kode 3d secure, cek sms di handphonemu dan masukkan 6 digit angka tersebut.

Saya pikir sudah cukup. Bila ada yang mau ditanyakan silahkan tuliskan di kolom komentar. Bila informasi ini cukup bermamfaat, silahkan bagikan ke teman-temanmu. 

Berlangganan update artikel terbaru via email: