Telat Bayar Kartu Kredit - Sebab Akibat dan Solusi

Telat bayar kartu kredit belum tentu anda akan kena Denda. Kalau Jatuh tempo jatuh di Hari Libur, biasanya jatuh tempo akan maju ke hari kerja berikutnya.

Yang dibahas disini adalah Telat bayar kartu kredit 1 hari atau 2,3 hari bukan telat berbulan-bulan.

Kalau anda mencari artikel yang berhubungan dengan telat berbulan-bulan. Coba Cek artikel-artikel berikut ini:


Telat Bayar Kartu Kredit

Tidak ada orang yang ingin memiliki masalah dengan pembayaran. Semua orang pasti ingin supaya pembayaran jasa yang digunakan selalu tepat waktu.

Tapi yang namanya Manusia, Pasti ada-ada saja kenadala yang menyebabkan kita tidak melakukan kewajiban.

Mungkin sedikit informasi disini akan bermamfaat buat anda. Silahkan baca sesuai dengan penyebab anda tidak melakukan pembayaran kartu kredit.

Lima Penyebab Telat Bayar Kartu Kredit dan Solusinya

Perhatikan kelima penyebab seseorang tidak melakukan pembayaran kartu kredit di bawah ini:

Telat Bayar Kartu Kredit Karena Tidak Menerima Tagihan

Bila anda telat melakukan pembayaran karena tidak menerima tagihan. Dan anda sama sekali tidak mengetahui nominal tagihan anda. Atau anda menjadi lupa melakukan pembayaran karena tidak menerima tagihan.
  • Hubungi call center bank anda
  • Minta dilakukan pengecekan status pengiriman tagihan
  • Bila status pengiriman tagihan tidak ada laporan,
  • Minta dibuatkan laporan pengajuan penghapusan denda dan bunga
  • Pertimbangkan untuk mengubah pengiriman tagihan dari pos menjadi ebilling 
www.kartubank.com
Ilustrasi Telat bayar kartu kredit
karena tidak tahu jumlah tagihan

Untuk bulan berikutnya bila anda tetap tidak menerima tagihan. Anda bisa mengetahui tagihan kartu kredit apapun melalui atm.

Lakukan transaksi seolah-oleh mau melakukan pembayaran dari atm bank yang sama dengan penerbit kartu kredit anda. Pada menu konfirmasi terdapat informasi lengkap mengenai nominal tagihan anda baik untuk full payment atau minimum payment.

Note:  Sebaiknya!
Jangan pura-pura tidak terima tagihan supaya bisa mengajukan penghapusan denda keterlambatan karena bank punya sistem tracking yang bisa mengetahui status pengiriman tagihan anda, baik via pos dan email.
Jangan terlalu sering minta penghapusan denda keterlambatan dengan alasan tidak menerima tagihan, karena tagihan bisa diakses melalui banyak cara, misalkan atm, call center atau mesin IVR.


Telat Bayar Kartu Kredit Karena Masalah Rekening 

Dalam hal ini, anda hanya memiliki satu rekening atau anda hanya punya dana direkening yang bermasalah, Misalkan atm offline lama, kartu atm tiba-tiba tidak bisa digunakan, dana di atm dibekukan tanpa keterangan.

Bila anda telat melakukan pembayaran karena masalah rekening. Silahkan menghubungi call center kartu kredit anda dan laporakan kalau anda tidak bisa melakukan pembayaran karena ada masalah dengan rekening bank (kesalahan Bank)

www.kartubank.com
Ilustrasi Kartun:
Telat bayar kartu kredit karena atm rusak


Minta dibuatkan laporan pengajuan penghapusan bunga dan denda keterlambatan.

Jangan Mau hanya memiliki satu rekening bank saja, saat ini proses pembuatan rekening sudah sangat mudah. 

Anda bahkan bisa membuat rekening bank sinarmas dari Rumah. Dengan setoran awal Rp. 50.000 anda bisa memiliki buku rekening dan atm tabungan online bank sinarmas.

Telat Bayar Kartu Kredit Karena Lupa

Bila anda telat bayar kartu kredit karena lupa. Maka anda tidak bisa meminta pengjuan penghapusan denda dan bunga keterlambatan.

Untuk selanjutnya, bila anda sering lupa. Kunjungi kantor cabang bank penerbit kartu kredit anda. Lakukan pendaftaran pembayaran otomatis setiap bulan. Anda bisa memilih untuk melakukan pembayaran otomatis sebesar minimum atau Full payment. Dalam istilah bahasa asing perbankan program ini disebut dengan Direct Debit.


Telat Bayar Kartu Kredit Karena Wisata

Telat bayar kartu kredit karena anda berada di Luar kota dimana tidak ada alat yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran kartu kredit. Coba hubungi call center bank anda, minta dibuatkan laporan pengajuan penghapusan denda dan bunga. Pengajuan untuk alasan seperti ini jarang bisa disetujui.

www.kartubank.com

Untuk selanjutnya, Bila anda memang sering bertugas atau travelling ke daerah-daerah tertentu yang tidak punya akses pembayaran, Maka daftarkan pembayaran otomatis di kantor cabang penerbit kartu kredit anda.


Telat Bayar Kartu Kredit Karena Masalah Financial

Telat bayar karena masalah financial. Perlu diperhatikan apakah masalah financial ini sepertinya akan berlanjut selama beberapa bulan atau hanya untuk bulan ini saja.

Bila hanya untuk bulan ini saja. maka usahakan untuk mendapatkan dana paling tidak untuk pembayaran minimum tagihan saja, atau 10% dari tagihan. Supaya anda tidak dikenakan denda keterlambatan.

Bila masalah financial ini sepertinya akan bertahan cukup lama. Hubungi call center bank anda dan minta disambungkan kebagian penagihan. Konsultasilah dengan mereka, apakah ada solusi misalkan mengikuti program rescheduling tagihan dengan kondisi kartu anda akan diblokir.

Telat Bayar Kartu Kredit Karena Tidak Mau Bayar

Telat bayar karena tidak mau bayar disini berhubungan dengan transaksi yang lagi disanggah. Artinya anda tidak mau bayar karena anda tidak merasa transaksi yang ditagihkan adalah transaksi anda. Lakukan hal ini:
Hubungi Call Center dan minta kartu kredit di Blokir dan diganti bila anda masih berminat
Minta dibuatkan laporan penyanggahan transaksi.
Kirimakan dokumen yang diminta.
Tunggu status penyanggahan, paling lam 180 Hari.

www.kartubank.com


Pertimbangan:

  • Bila anda tidak melakukan pembayaran transaksi yang disanggah dan setelah disanggah ternyata bank menyetujui kalau transaksi tersebut adalah bukan transaksi anda. Semua denda dan bunga beserta transaksi akan dihapuskan.
  • Tetapi, bila setelah proses penyanggahan. Bank menyatakan kalau transaksi tersebut adalah transaksi anda. Maka semua transaksi berserta bunga dan dendanya akan ditagihkan.


Tiga Akibat Telat Bayar Kartu Kredit 

Karena kita hanya membahas telat bayar kartu kredit dalam hitungan hari saja. Maka kemungkinan besar akibatnya hanya tiga saja, Seperti di bawah ini.

Dikenakan denda keterlambatan

Denda keterlambatan pembayaran kartu kredit diatur dalam surat edaran bank Indonesia. Dimana dalam surat tersebut ada beberapa point penting mengenai denda keterlambatan.

  • Denda keterlambatan adalah 3% dari total tagihan yang cetak dan maksimal Rp.150.000
  • Denda Keterlambatan tidak ditagihkan apabila jatuh tempo tepat dihari libur dan pembayarn langsung dilakukan dihari kerja berikutnya.
  • Denda keterlambatan harus dihentikan apabila kartu sudah terblokir permanent karena tidak ada pembayaran selama beberapa bulan berturut-turut.

Dikenakan Bunga

Hal-hal yang perlu diperhatikan terkait bunga pada kartu kredit:

  • Bunga sesuai ketentuan bank Indonesia maksimum adalah 2.25%/Bulan
  • Bunga akan tetap ditagihkan walaupun jatuh tempo pembayaran jatuh hari libur dan pembayaran dilakukan dihari berikutnya setelah jatuh tempo.
  • Bunga tetap ditagihkan bila pembayaran hanya minimum saja
  • Bunga tarik tunai tetap ditagihkan walaupun pembayaran full payment 


Kolektibilitas menurun satu tingkat/Bulan

Kolektibilitas karena telat beberapa hari tidak perlu dipusingkan. Karena setelah pembayaran itu akan otomatis manjadi lancar kembali.
Hanya saja, hal ini bisa memperngaruhi persetujuan permintaan kenaikan kredit limit, bila anda mengajukan ditahun yang sama.