16 Kegunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Ketahui

Dulu, saya pikir kartu kredit itu hanya digunakan untuk bayar belanjaan di toko offline dan di toko online saja. Setelah, bekerja lebih dari lima tahun di bank khusus bagian kartu kredit, saya baru sadar bahwa kartu kredit ternyata memiliki segudang kegunaan.

Bagi kamu yang baru memiliki kartu kredit atau yang sedang mengajukan kartu kredit. Atau mungkin kamu yang masih berencana untuk mengajukan kartu kredit. Berikut ini adalah kegunaan kartu kredit yang harus kamu ketahui. 

Kegunaan kartu kredit

1. Kartu Kredit digunakan sebagai syarat meminjam uang

Bukan hanya rumah atau mobil saja yang bisa dijadikan agunan pinjaman. Sekarang banyak bank dan perusahaan fintech yang memberikan pinjaman dengan syarat calon debitur tersebut harus memiliki kartu kredit.

Kenapa bank dan perusahaan fintech lebih mempercayakan dana kepada pemilik kartu kredit? Pastinya, karena data financial pemegang kartu kredit pasti sudah dianalisi oleh team risk management sebuah bank yang memberikan kartu kredit tersebut.

Umumnya pemiliki kartu kredit adalah mereka yang memiliki penghasilan tetap. Kecuali mereka di PHK atau resign setelah memiliki kartu kredit.

Baca: Alasan kenapa bank menolak pinjaman 


2. Pinjam Uang cash dari kartu kredit

Ada dua cara yang legal untuk mendapatkan cash dari kartu kredit. 
  • Tarik tunai di mesin atm 
  • Transfer dana dari kartu  kredit ke rekening
Semua kartu kredit punya fitur cash advance atau tarik tunai di mesin atm. Tapi, biayanya cukup mahal yaitu 5% sampai 6% dari dana yang ditarik.


Transfer Uang dari kartu kredit adalah pemegang kartu kredit menghubungi bank dan meminta sebagian dari sisa limit kartu kreditnya ditransfer ke rekening pemilik kartu kredit.



2. Sebagai Kartu Pembayaran


Ini adalah kegunaan kartu kredit yang paling utama yaitu kartu kredit sebagai kartu pembayaran pengganti uang cash.

Mau belanja di toko tinggal gesek.
Belanja Online tinggal menulis nomor kartu.
Semua pembayaran diproses sekejap mata. Beli pulsa, asuransi, motor sampai rumah bisa dibayarkan dengan kartu kredit.


3. Meringankan Pembayaran


Bila kamu membeli sebuah kulkas pakai uang cash artinya kamu membayar total harga kulkas tersebut saat transaksi dilakukan.

Beda dengan kartu kredit. Ada tiga pilihan metode pembayaran yang bisa kamu pilih.
  • Bayar 10%
  • Bayar dengan cicilan 
  • Bayar full
Bayar 10%- Ada istilah minimum pembayaran pada tagihan kartu kredit. Minimum pembayaran kartu kredit adalah 10% dari total perbelanjaan atau total tagihan yang tertulis pada lembar tagihan. Membayar minimum tidak akan dianggap pembayaran telat dan tidak akan memperburuk skor kredit. Hanya saja, bila melakukan pembayaran minimum, pemilik kartu kredit akan dikenakan bunga 2.25%.


Bayar dengan cicilan- Ini adalal kegunaan kartu kredit yang paling populer. Banyak promo-promo cicilan kartu kredit 0%. Selain cicilan 0%, semua perusahaan penerbit kartu kredit pasti punya program cicilan bunga ringan mulai dari 0% hingga 1%.


Bayar full- Walaupun namanya kartu kredit tapi pembayaran kartu kredit bisa dibayar full. Saat kamu membayar full maka tagihan  kamu akan lunas dan kamu tidak akan dikenakan biaya apapun kecuali biaya materai sebesar Rp. 3000 - Rp.6000.


4. Kartu Kredit Berguna untuk Bayar Tagihan Otomastis


Lebih dikenal dengan istilah Bill payment.

Bill payment kartu kredit adalah pembayaran tagihan tetap seperti PLN, AIR, Televisi Berbayar, Asuransi dan yang lainnya, dibayarkan secara otomatis setiap bulan. 

Jadi Pemegang kartu kredit tidak perlu report-report menginggat tanggal jatuh tempo semua tagihannya, karena kartu kredit akan membayarkan tagihan otomatis sebelum jatuh tempo.


5. Transaksi Open Booking Hotel


Kegunaan lain dari Kartu Kredit adalah untuk jaminan transaksi booking hotel. 

Besar transaksi yang sah adalah saat konsumen check out dan pihak hotel akan melakukan koreksi penagihan dengan cara mengurangi/mengembalikan dana ke kartu kredit. 

Proses ini akan dilakukan secara otomatis jadi pemegang kartu tidak perlu konfirmasi ke bank.


6. Masuk Lounge Di Airport Tanpa Bayar


Banyak kartu kredit di Indonesia yang menawarkan Free Airport Lounge. 

Beberapa kartu kredit yang tidak memiliki fasilitas free biasanya memiliki free lounge dengan tukar poin.

Ada juga jenis kartu kredit yang hanya mendapat free airport lounge saat terjadi delay.


7. Diskon Tiket Pesawat atau Gratis dengan redeem Miles


Poin yang terkumpul pada kartu kredit biasanya bisa ditukar dengan Miles penerbangan, misalnya GFF atau Garuda Miles, Krisflyer, BIG POIN dan yang lainnya.

Selanjutnya poin-poin penerbangan tersebut bisa digunakan untuk membeli tiket pesawat. Bisa bayar full dengan mileage atau hanya potongan harga dan sisanya dibayar dengan kartu kredit atau cash.


8. Poin Reward Kartu Kredit


Kalau bayar pakai cash kita tidak mendapatkan apa-apa selain produk yang kita beli. 

Kartu kredit akan memberikan poin untuk semua transaksi perbelanjaan. Selanjutnya poin tersebut bisa dipergunakan untuk potongan diskon, ditukar dengan poin lain seperti poin penerbangan, ditukar sebagai ganti biaya masuk acara/kegiatan tertentu seperti Jakarta Maraton atau ditukar menjadi cash, voucher dan lainnya.

Baca: Cara tukar Poin kartu kredit BNI


9. Jaminan Perlindungan asuransi Perjalanan


Kebanyakan jenis kartu kredit yang diterbitkan di Indonesia punya jaminan perlindungan asuransi perjalana.

Pemegang kartu kredit tidak perlu lagi membeli asuransi perjalanan dengan harga yang terpisah. Mereka cukup membeli tiket dengan kartu kredit dan secara otomatis mereka sudah dilindungi asuransi perjanan.

Jaminan asuransi perjalanan kartu kredit tidak punya premi alias gratis.


10. Kartu Kredit Berguna sebagai kartu Membership


Kamu bisa mendaftar di paypal dengan sangat mudah bila punya kartu kredit. Membuat website eCommerce shopify dengan kartu kredit. 

Dan bukan hanya itu, ada jutaan applikasi dan game yang bisa kamu ikuti dengan sangat mudah bila kamu punya kartu kredit.

Termasuk berbagai kegiatan-kegiatan lain seperti kursus online, Gym dan olah raga lainnya.

11. Mendapat Asuransi Tagihan


Kebanyakan kartu kredit di Indonesia memiliki Asuransi Tagihan. Asuransi Tagihan bukan fasilitas wajib jadi pemegang kartu bisa mengikutinya atau tidak mengikutinya. 

Asuransi Tagihan biasanya akan dikenakan premi tidak lebih dari 1% dari total tagihan.

Fungsi asuransi Tagihan adalah membayarkan semua tagihan pemilik kartu bila pemegang kartu meninggal dunia dan juga akan mendapatkan santuanan. 

Bukan, Hanya karena meninggal dunia, tetapi kemalangan seperti cacat tetap atau ketidakmampuan sementara karena sakit juga akan mendapatkan mamfaat.


12. Gaya Hidup dan Afinitas 

Apakah kamu tahu ada beberapa kompetisi olah raga yang hanya bisa diikuti oleh pemegang kartu kredit jenis tertentu. Seperti Turnament golf bank mandiri. 

Jenis kartu kredit segment premium akan membuatmu hidup seperti seorang raja. Layanan MasterCard concierge siap membantu semua keperluan travelingmu bahkan sampai hal-hal kecil seperti menyediakan mobil jemputan, mengurus hal-hal yang berhubungan dengan kegiatan travelingmu.

Kartu kredit affinity banyak diterbitkan oleh bank BNI. Kartu kredit jenis bisa dibilang sebagai kartu kredit yang menunjukkan kalau kamu adalah bagian dari sebuah lembaga. Misalkan kartu kredit Affinity alumni kampus tertentu, dimana yang bisa memiliki jenis kartu kredit tersebut hanyalah alumni kampus.

Ada juga kartu kredit yang hanya bisa dimiliki oleh dokter gigi.

13. Kartu Kredit untuk Perusahaan

Namanya kartu kredit Corporate. Ini adalah jenis kartu kredit yang digunakan oleh perusahaan bukan individu. Atau kartu kredit yang diterbitkan atas nama perusahaan dan digunakan oleh individu-individu karyawan perusahaan tersebut.

Kartu kredit perusahaan umumnya memiliki limit yang sangat besar, hingga milyaran rupiah. Tetapi, jenis kartu ini biasanya diasingkan dari program-program kartu kredit reguler. Tidak bisa ikut program diskon, cicilan dan beberapa program lainnya.

Kartu kredit perusahaan memiliki PIC tersendiri di perusahaan tersebut. Dan kartu kredit jenis yang satu ini juga memiliki CS atau layanan tersendiri di bank.


14. Kartu Kredit sebagai Kartu Diskon

Bukan rahasia bila kebanyakan program diskon toko-toko online hanya bisa digunakan oleh pemilik kartu kredit. 
Misalnya lazada, tokopedia, blibli dan yang lainnya. Toko-toko ini punya diskon harian khusus untuk kartu kredit dari bank-bank tertentu.
Bahkan bila bank penerbit kartu kredit sedang ulang tahun, terkadang mereka memberikan diskon hingga 50%. 

Ada juga diskon jutaan rupiah untuk preorder smartphone keluaran terbaru. Dan yang paling populer adalah diskon tiga pesawat yang terkadang hanya dibayar puluhan ribu rupiah saja saat ada promo.


15. Mendata Perbelanjaan dengan kartu kredit

Setiap bulan pemilik kartu akan dikirimkan tagihan, pada lembar tagihan tersebut akan tertulis rincian perbelanjaan selama satu bulan terakhir.  Tagihan kartu kredit bisa diakses melalui email atau dikirimkan langsung ke alamat surat menyurat pemegang kartu.

Pemegang kartu kredit bisa melihat dan mendata transaksi-transaksi yang sudah dilakukan melalui lembar tagihan kartu kredit tersebut.

Jadi Pemegang kartu memiliki data history perbelanjaannya.


16. Kartu Kredit sebagai Kartu Keluarga

Pemegang kartu kredit bisa mengajukan kartu tambahan yang bisa digunakan oleh anggota keluarga. Misalkan pemegang kartu yang memiliki anak yang sedang sekolah di luar negeri atau di kota lain, pemegang kartu bisa memberikan kartu tambahan kepada anaknya tersebut, Semua pemakaian pada kartu tambahan akan ditagihka kepada pemegang kartu utama.

Itu dia 16 Kegunaan kartu kredit yang harus kamu ketahui. Sebenarnya masih banyak lagi kegunaan kartu kredit yang belum penulis sebutkan di sini. Semoga, kegunaan kartu kredit yang saya tuliskan diatas akan membuatmu lebih bijak untuk menggunakan kartu kreditmu. 

0 Komentar "16 Kegunaan Kartu Kredit Yang Harus Kamu Ketahui"