16 Kegunaan Kartu Kredit pada Umumnya di Indonesia


www.kartubank.com
16 Kegunaan Kartu Kredit pada Umumnya di Indonesia

Kegunaan kartu kredit tidak hanya sebatas sebagai pengganti uang cash, walaupun kegunaan utamanya adalah untuk menggantikan uang cash pada proses pembayaran. Selain sebagai gaya hidup, kartu kredit juga memiliki fasilitas-fasilitas lain yang bisa mempermudah aktifitas keseharian pemilik kartu kredit. Berikut ini 16 kegunaan atau fasilitas kartu kredit yang biasanya ditawarkan oleh penerbit kartu kredit di Indonesia.


1. Pengganti Uang Cash Untuk Transaksi Perbelanjaan di Toko Offline

www.kartubank.com
Kegunaan Kartu kredit-pembayaran Pembelanjaan Offline

Kartu Kredit mempermudah proses pembayaran transaksi pada toko Offline. Hanya dengan deep (menempelkan kartu kredit pada mesin pembaca) Maka transaksi sudah selesai. Saat ini, kartu kredit sudah menggunakan metode deep  (proses tempel kartu) sedangkan sebelumnya masih menggunakan teknologi gesek. 



2. Mempermudah pembayaran saat transaksi Online

www.kartubank.com
Kegunaan Kartu kredit-pembayaran Pembelanjaan Online
Alasan kebanyakan orang mengajukan kartu kredit adalah supaya bisa transaksi online. Hanya dengan memasukkan Nomor kartu kredit, masa berlaku dan kode cvc (Kode rahasia dibagian belakang kartu), Kode otorisasi (Kode yang dikirim ke nomor HP setiap kali Transaksi), Maka transaksi sudah selesai. Tinggal menunggu pengiriman barang sampai di rumah. Bandingkan dengan proses pembayaran dengan menggunakan metode transfer dimana konsumen diwajibkan untuk melakukan konfirmasi pembayaran setiap kali transaksi sehabis transfer. 


3. Keringanan Pembayaran dengan Minimum Payment 10%

Nasabah Kartu kredit bisa memilih apakan akan langsung melunasi semua tagihan pada lembar tagihan atau hanya membayarkan minimal 10% dari total tagihan bulan tersebut.



4. Keringanan pembayaran dengan Cicilan

www.kartubank.com
Kegunaan kartu kredit-fasilitas cicilan

Ada banyak tenor cicilan yang tersedia dengan bunga yang cukup ringan. Bunga untuk transaksi cicilan tetap untuk kartu kredit di Indonesia hanya berkisar 1% ke bawah. 



5. Mempermudah pembayaran Tagihan Tetap


www.kartubank.com
Kegunaan Kartu kredit- Bayar otomatis tagihan telpon
Tagihan tetap seperti PLN, AIR, Televisi Berbayar, Asuransi dan yang lainnya bisa dibayarkan secara otomatis setiap bulan. Jadi Pemegang kartu kredit tidak perlu report-report menginggat tanggal jatuh tempo semua tagihannya, karena kartu kredit akan membayarkan tagihan otomatis sebelum jatuh tempo. 


6. Tarik Tunai Di ATM

Kartu Kredit juga bisa digunakan untuk penarikan tunai di ATM, Prosesnya sama seperti ketika kita melakukan penarikan tunai dengan ATM Debit. Tetapi, Penarikan tunai menggunakan kartu kredit di ATM akan dikenakan biaya administrasi dan bunga langsung berjalan.


7. LOAN atau Pinjaman Dana dari Bank

Selain bisa tarik tunai di Mesin ATM. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk pengambilan Dana atau Transfer Dana. Prosesnya dengan menghubungi Call Center Bank dan meminta dana ditransfer ke Rekening pemegang Kartu. Peminjaman dana menggunakan kartu kredit di ambil dari sisa limit yang masih tersedia dan pembayarannya dengan menggunakan metode cicilan tetap.

8. Transaksi Open 'Booking Hotel'

Kegunaan lain dari Kartu Kredit adalah untuk jaminan transaksi booking hotel. Besar transaksi yang sah adalah saat konsumen check out dan pihak hotel akan melakukan koreksi penagihan dengan cara mengurangi/mengembalikan dana ke kartu kredit. Proses ini akan dilakukan secara otomatis jadi pemegang kartu tidak perlu konfirmasi ke bank.

9. Masuk Lounge Di Airport Tanpa Bayar

www.kartubank.com
kegunaan kartu kredit-free lounge

Banyak kartu kredit di Indonesia yang menawarkan Free Airport Lounge. Beberapa kartu kredit yang tidak memiliki fasilitas free biasanya memiliki free lounge dengan tukar poin. 

10. Poin kartu kredit jadi Miles Penerbangan 

Poin yang terkumpul pada kartu kredit biasanya bisa ditukar dengan Miles penerbangan, misalnya GFF atau Garuda Miles, Krisflyer, BIG POIN dan yang lainnya.


11. Mendapat Poin ketika berbelanja

Kalau bayar pakai cash kita tidak mendapatkan apa-apa selain produk yang kita beli. Kartu kredit akan memberikan poin untuk semua transaksi perbelanjaan. Selanjutnya poin tersebut bisa dipergunakan untuk transaksi diskon, ditukar dengan poin lain seperti poin penerbangan, ditukar sebagai ganti biaya masuk acara/kegiatan tertentu seperti Jakarta Maraton atau acara lainnya.

12. Program Diskon Kartu Kredit

Bukan Rahasia umum lagi, kalau kartu kredit memiliki lebih banyak program diskon dibandingkan dengan metode pembayaran lain. 

13. Mendapat Asuransi Pejalanan

Tiket perjalanan yang dibeli dengan menggunakan kartu kredit sudah otomatis dilindunggi oleh asuransi. Kebanyakan kartu kredit di Indonesia memiliki Fasilitas ini.

14. Mendapat Asuransi Tagihan

Kebanyakan kartu kredit di Indonesia memiliki Asuransi Tagihan. Asuransi Tagihan bukan fasilitas wajib jadi pemegang kartu bisa mengikutinya atau tidak  mengikutinya. Asuransi Tagihan biasanya akan dikenakan premi tidak lebih dari 1% dari total tagihan. Fungsi asuransi Tagihan adalah membayarkan semua tagihan pemilik kartu bila pemegang kartu meninggal dunia dan juga akan mendapatkan santuanan. Bukan, Hanya karena meninggal dunia, tetapi kemalangan seperti cacat tetap atau ketidakmampuan sementara karena sakit juga akan mendapatkan mamfaat. 

15. Perbelanjaan yang  terdata

Setiap bulan pemilik kartu akan dikirimkan tagihan, pada lembar tagihan tersebut akan tertulis rincian perbelanjaan selama satu bulan terakhir. Jadi Pemegang kartu memiliki data history perbelanjaannya. 


16. Mendapat Kartu Tambahan

Pemegang kartu kredit bisa mengajukan kartu tambahan yang bisa digunakan oleh anggota keluarga. Misalkan pemegang kartu yang memiliki anak yang sedang sekolah di luar negeri atau di kota lain, pemegang kartu bisa memberikan kartu tambahan kepada anaknya tersebut, Semua pemakaian pada kartu tambahan akan ditagihka kepada pemegang kartu utama.






0 Response to "16 Kegunaan Kartu Kredit pada Umumnya di Indonesia"