Cara Membuat Kartu Kredit Untuk Wiraswasta

Membuat kartu kredit untuk wiraswasta tidak jauh berbeda dengan syarat membuat kartu kredit untuk profesional atau karyawan. Yang berbeda hanya masalah berkas dokumen-nya saja. Bila karyawan menggunakan slip gaji, profesional mengunakan surat ijin praktek maka wiraswasta biasanya menggunakan Foto copy SIUP dan Foto Copy rekening Tabungan 3 bulan terakhir.

Berikut ini adalah dokumen yang diperlukan oleh wiraswasta untuk mengajukan kartu kredit di bank manapun:
  • KTP
  • Foto Copy SPPT PPh 21 atau Foto copy rekening tabungan 3 bulan terakhir atau dokumen lainnya yang bisa menunjukkan data penghasilan. (salah satu)
  • Foto Copy SIUP/TDP
  • Foto Copy NPWP bila limit kartu kredit yang diajukan di atas 50 juta

Syarat untuk membuat kartu kredit secara umum adalah berusia minimal 21 tahun dan punya penghasilan minimal 3 juta untuk kartu pemula, 5 juta untuk gold dan 10 juta untuk platinum. Kemudian, untuk kartu kredit signature tergantung dari bank penerbitnya, misalkan syarat pengajuan signature di bank mandiri harus memiliki penghasilan minimal 20 juta sementara di bank mega hanya 10 juta.

Cara Mengajukan kartu Kredit untuk Wiraswasta

Kamu bisa mengajukan Kartu kredit melalui kantor cabang dengan membawa dokumen yang diperlukan. Atau ajukan online, masuk ke website bank pilihanmu. Kemudian klik produk dan masuk ke menu kartu kredit. Setiap penerbit kartu kredit umumnya memiliki e-form online untuk pengajuan kartu kredit.

Atau lebih mudahnya, ajukan melalui partner bank tersebut. Ada banyak sekali patner bank tempat kamu bisa mengajukan kartu kredit online, misalnya tokopedia, cermati, cek aja, pilih kartu dan lain-lain. Mengajukan melalui partner tersebut biasanya akan lebih mudah, karena mereka juga bisa membantu untuk mendapatkan jenis kartu kredit yang sesuai untukmu.

Bila kamu mengajukan kartu kredit online, kamu tinggal mengisi formulir aplikasi-nya. Penerbit kartu kredit akan menghubungi mu via email dan meminta mu untuk mengirimkan beberapa berkas dokumen. Kirimkan dokumen yang mereka minta. Bila dokumen-mu sudah lengkap, bank akan menghubungi mu melalui telephone untuk verifikasi kebenaran data. Setelah itu, bank akan memberitahu status pengajuan kartu kredit mu maksimal l4 hari kerja setelah pengajuan. Kemudian, bank akan mengirimkannya. Pengiriman kartu kredit ke Jakarta memerlukan 2 hingga 7 hari kerja. Sementara pengiriman ke luar jakarta memerlukan 7 hingga 14 hari kerja.


Memilih Kartu Kredit Yang Sesuai


Kartu Kredit untuk wiraswasta yang menguntungkan dan bagaimana cara mendapatkannya. Memilih kartu kredit itu, gampang-gampang susah. Gampang karena banyak sekali pilihannya. Susah karena tidak tahu kartu kredit mana yang cocok.

Memilih kartu kredit yang menguntungkan untuk wiraswasta bukanlah hal yang mudah. Salah pilih, bukannya untung tapi rugi. Biasanya para pengusaha besar mengandalkan penasehat keuangan untuk memilih jenis kartu kredit yang paling tepat. Tapi, saya rasa, wiraswasta dengan usaha kategori mikro kebanyakan masih belum memiliki penasehat keuangan.

Hal pertama yang harus dipastikan adalah apa jenis usaha yang kamu jalankan. Dan apakah usaha tersebut membutuhkan kartu kredit untuk mempermudah transaksi pembayaran.

Kartu Kredit Untuk Menjalankan Usaha


Bila selama ini kamu berbelanja keperluan usaha dengan uang cash, maka sangat disayangkan apabila kamu tidak menggunakan kartu kredit. Tahukah kamu bawah berbelanja dengan menggunakan kartu kredit bisa lebih menguntungkan. Ada beberapa keuntungan yang akan kamu dapatkan bila berbelanja dengan kartu kredit.


Berikut ini adalah keuntungan kartu kredit untuk wiraswasta:
  • Point Reward
  • Asuransi perlindungan Produk yang dibeli
  • Kesempatan mendapatkan harga yang lebih murah karena promo kartu kredit
  • Riwayat transaksi terdata sepanjang tahun
  • Pengarsipan Rincian transaksi lebih mudah
  • Fasilitas airport Lounge
  • Gratis Asuransi perjalanan
  • Dan masih banyak lagi

Kartu Kredit Untuk Wiraswasta Yang berhubungan dengan Travelling

Kartu kredit Travel terbaik menurut saya adalah kartu kredit Visa Signature. Kamu bisa memilih visa signature dari bank manapun. Selain karena limit kartu-nya yang tinggi, Kartu kredit Visa signature umumnya menyediakan berbagai benefit menarik untuk keperluan travelling seperti gratis akses airport lounge , asuransi pembelian produk terhadap resiko kerusakan dan kehilangan, asuransi perjalanan dan biasanya mendapatkan benefit khusus untuk reward point. Berikut ini adalah jenis kartu kredit Visa signature yang bisa dipertimbangkan.

Berikut ini adalah lima kartu kredit travel terbaik:
  • Kartu kredit Mandiri Visa Signature
  • Kartu kredit Visa Travel Bank Mega
  • Kartu Kredit Black Visa Signature Bank BCA
  • Kartu Kredit BNI Garuda Signature
  • Kartu Kredit HSBC Visa Signature.
Kelima jenis kartu kredit Signature di atas adalah kartu kredit yang terbaik untuk keperluan travelling. Mandiri visa signature misalkan, memberikan perlindungan asuransi perjalanan yang sangat lengkap, airport lounge, dan triple reward point.

Kartu kredit Visa Signature mandiri menagihkan Rp900.000 iuran tahunan. Untuk mendapatkan kartu kredit mandiri visa signature kamu harus memiliki penghasilan minimal 20 Juta per bulan. Bila penghasilan mu tidak mencapai nominal tersebut, kamu bisa mempertimbangkan kartu kredit travel lainnya di bank Mandiri yaitu kartu kredit mandiri skyz card. Mandiri Skyz card memiliki benefit yang mirip dengan visa signature dan hanya memerlukan data penghasilan 3 juta per bulan untuk mengajukan skyz card


Kartu Kredit Di Store tertentu


Bila kamu terbiasa berbelanja kebutuhan usaha di supermarket. Atau kamu bisa berbelanja di tempat lain yang harusnya bisa didapatkan di supermarket. Maka, kamu bisa mempertimbangkan kartu kredit co-branding. Kartu kredit co-branding adalah kartu kredit yang diterbitkan berdasarkan kerja sama antara bank dan brand tertentu. Cari brand supermarket yang kamu butuhkan, berikut ini adalah contoh kartu kredit co-branding:
Walaupun namanya kartu kredit co-branding, bukan berarti kartu kredit tersebut hanya bisa digunakan pada store tertentu tetapi tetap bisa digunakan dimanapun sesuai dengan logo kartunya visa, mastercard atau private label.

Gunakan kartu kredit yang memiliki fitur reward point. Bila transaksi perbelanjaan kebutuhan usahamu tidak termasuk dalam kategori di atas, carilah kartu kredit dengan program reward terbaik. Point reward yang kamu kumpulkan bisa digunakan untuk berbelanja kembali, ditukarkan menjadi airlines miles atau untuk merchandising-merchandising tertentu sesuai ketentuan pada bank penerbit kartu kredit.