Cara Ganti Pin ATM Mandiri - Tekan Menu Ini!

Ganti PIN ATM Mandiri kamu secara berkala untuk meningkatkan keamanan Saldo tabungan mu. Umum-nya bank Menyarankan supaya kita melakukan pergantian pin kartu ATM paling tidak 1 kali dalam 3 bulan.

Kenapa Nasabah harus rajin mengganti PIN paling tidak sekali dalam 3 bulan? Menurut bank Indonesia, ada 2 resiko tertinggi pada kartu ATM debit yaitu resiko penyalahgunaan karena kelalaian menyimpan kartu dan informasi PIN. Sedangkan resiko kedua adalah Resiko karena tindakan fraud yang dilakukan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

Artinya, kedua resiko kartu ATM debit tersebut sangat berhubungan erat dengan PIN. Istilahnya PIN adalah kunci untuk mengakses tabungan mu bila kartu ATM sudah jatuh ke tangan orang yang salah. Mengganti PIN secara berkala akan mempersulit orang lain untuk menyalahgunakan kartu ATM termasuk mempersulit tindakan kejahatan pencurian data seperti skimming.

Apa Itu PIN dan Berapa Digit PIN kartu ATM Bank Mandiri?


PIN adalah Singkatan dari Personal identification Number. Pin kartu ATM bank mandiri sebelumnya adalah menggunakan 4 Digit angka. Tetapi, Per tanggal 30 Desember 2015 bank Indonesia mengeluarkan peraturan baru Mengenai perubahan PIN menjadi 6 digit. Ketentuan tersebut dimuat dalam surat edaran Bank Indonesia No.17/52/DKSP. Waktu itu, bank Indonesia memberikan waktu implementasi 6 digit PIN kepada semua nasabah perbankan hingga 30 Juni 2017.

Penggunaan PIN 6 digit tidak hanya berlaku untuk kartu ATM bank Mandiri saja, tetapi diwajibkan untuk semua nasabah pemegang kartu ATM terbitan Bank di Indonesia. Sama hal nya dengan kartu kredit, PIN kartu kredit juga diwajibkan harus menggunakan 6 digit angka.

Penulisan PIN kartu ATM yang benar adalah penulisan angka secara acak. Hindari untuk membuat PIN dari angka berjejer seperti '123456' atau angka berulang seperti '111111'. Hindari juga untuk menggunakan tanggal lahir, tanggal menikah, sebagai PIN. Penulisan PIN yang paling tepat adalah angka acak yang bisa kamu ingat tetapi tidak bisa ditebak orang lain.

BACA CARA TARIK TUNAI DI ATM MANDIRI!

Bagaimana Cara ganti PIN ATM Mandiri?

Mengganti pin kartu ATM bank mandiri di lakukan di mesin ATM. Cara Ganti PIN ATM mandiri sebenarnya tidak sulit. Tetapi, saya sangat maklum bila ini adalah pengalaman pertama mu untuk mengganti PIN.

Berikut ini adalah Tutorial bergambar cara ganti pin kartu ATM bank mandiri
  1. Masukkan kartu ATM
    Pastikan untuk memasukkan kartu ATM dengan posisi yang benar.
    Posisi memasukkan kartu atm mandiri yang benar

  2. Pilih Bahasa dan Masukkan PIN
    Setelah memilih bahasa, silahkan memasukkan PIN kartu ATM mandiri. PIN yang dimasukkan adalah PIN yang lama dulu (current PIN)
  3. Pilih Transaksi Lainnya
    Menu pertama yang akan muncul di layar ATM adalah seperti gambar di bawah ini, silahkan Pilih transaksi lainnya!
  4. Pilih Ubah PIN
    Tampilan menu pada layar mesin ATM yang kedua adalah seperti gambar di bawah ini, pilih Ubah PIN!
  5. Masukkan PIN lama
    Masukkan 6 Digit PIN lama kartu ATM yang mau kamu ganti.
  6. Masukkan 6 Digit PIN Baru Yang kamu karang sendiri
    Sekarang karang 6 digit angka yang akan kamu gunakan sebagai PIN baru.
  7. Masukkan PIN baru sekali lagi
    Masukkan Kembali 6 digit pin atm mandiri yang baru kamu buat!
  8. Pergantian PIN Selesai
    Sesaat setelah kamu memasukkan PIN baru sebanyak 2 kali, layar ATM akan menunjukkan proses. Kemudian muncul notifikasi pergantian PIN telah berhasil. Mesin ATM akan mengeluarkan struk yang artinya PIN baru sudah bisa digunakan.

Dimana Saja PIN ATM Mandiri Bisa Digunakan?

PIN ATM Mandiri bisa digunakan di mesin ATM untuk melakukan penarikan tunai, transfer dan transaksi lainnya. Selain digunakan di mesin ATM, PIN kartu ATM bank mandiri juga diperlukan saat ber transaksi debit di mesin EDC.

Dulu, beberapa merchant masih mengijinkan penggunaan tanda tangan untuk ber transaksi di merchant. Saat ini, beberapa merchant juga masih ada yang bertanya apakah menggunakan PIN atau tanda tangan. Inti-nya Wajib Pin untuk transaksi di mesin EDC belum 100% diadaptasi oleh toko atau merchant.

Demikian cara ganti PIN ATM Mandiri. Silahkan tinggalkan komentar mu di bawah ini. Dan bagikan artikel ini kepada teman-teman social media mu!

BACA JUGA CARA GANTI KARTU ATM MANDIRI YANG RUSAK!