Cara Ganti Kartu ATM Mandiri Yang Rusak

Ini Pengalaman saya Ganti Kartu ATM Mandiri yang rusak. Jadi Beberapa waktu yang lalu, kartu ATM mandiri saya rusak. Saya menggunakan kartu ATM mandiri yang berwarna biru. Kulit bagian belakang ATM mandiri tersebut terkelupas sedikit demi sedikit dan akhirnya mengenai magnetic stripe-nya (garis berwarna hitam di bagian belakang kartu).

Awalnya masih bisa dipakai untuk transaksi di mesin ATM. Walaupun, terkadang harus memasukkan kartu sampai beberapa kali, baru bisa terbaca. Hingga akhirnya, kartu ATM mandiri tersebut sama sekali sudah tidak bisa digunakan. Kulit ATM yang terkelupas sudah semakin luas.


Kartu ATM Mandiri Yang Rusak


Saya bekerja di Sudirman, Jakarta. Dekat dengan Menara mandiri yang dulu dikenal dengan Bapindo Plaza. Saya mengurus pergantian kartu ATM mandiri yang rusak di sana. Di Lantai 1, ada kantor cabang bank Mandiri, Letaknya di sebelah menara citibank (kalau tidak salah sekarang sudah jadi menara mandiri juga).

Untuk mengganti Kartu ATM Mandiri Yang rusak kamu memerlukan Buku Tabungan mandiri, KTP dan Kartu ATM yang sudah rusak. Pengalaman saya tidak diminta uang pergantian. tetapi, sebaiknya siapkan saja uang paling tidak 20 ribu dari rumah.

Bertanya Pada Security- "Kartu ATM Mandiri Rusak"


Hal pertama yang saya lakukan adalah bertanya pada security yang berjaga di pintu masuk. "Selama pagi, ada yang bisa dibantu Pak?" Kara security tersebut.

"Pagi Pak, Saya mau ganti kartu ATM mandiri yang rusak Pak," Jawab saya. Kemudian, beliau mengambil sebuah formulir dan menyerahkan-nya pada saya. "Silahkan ambil nomor antrian CS di sana Pak," Katanya.


Saya mengikuti arahan beliau. Sambil menunggu antrian, saya mengisi formulir pergantian kartu ATM mandiri. Saya sudah lupa apa saja yang harus di isi waktu itu. Tapi, seingat saya tidak ada hal yang membingungkan, anak smp-pun mungkin bisa mengisi-nya tanpa harus dibantu".

Saat itu antrian kebetulan cukup panjang. Kalau tidak lupa mungkin sekitar 1 jam baru nomor antrian saya disebutkan.

BACA JUGA CARA BUAT REKENING YAYASAN DI BANK MANDIRI!

Bertemu dengan CS Mandiri - "Ganti Kartu ATM Yang Rusak"

"Selamat pagi, Saya ... ada yang bisa dibantu Pak," Kata CS-nya sambil mengulurkan tangan untuk bersalaman. CS-nya yang membantu saya waktu itu adalah laki-laki.

"Pagi Pak, saya Roy, Kartu ATM Mandiri saya rusak Pak, mau diganti," Jawabku sambil menyerahkan formulir yang sudah saya isi. Kemudian beliau duduk dan mempersilakan saya duduk juga.

"Boleh lihat buku rekening mandiri, KTP dan kartu ATM-nya Pak?" Kata CS tersebut.

Saya membuka tas dan mengeluarkan buku tabungan, kartu ATM dan ternyata KTP saya tertinggal di loker di kantor saya.

"Aduh, KTP saya tertinggal Pak, bisa kalau pakai Foto Copy-nya saja? Ini kartu ID saya," Kataku sambil menyerahkan kartu ID kantor ku. Kebetulan, saya punya foto copy KTP di dalam tas.

"Mohon ditunggu sebentar ya Pak," Kata beliau. Beliau meninggalkan meja dan bergerak ke arah belakang, mungkin untuk foto copy KTP-nya. Ternyata hasil foto copy KTP-nya tidak terlalu bagus"

"Pak, foto copy KTP-nya ini ditinggal boleh?," Dia bertanya sambil menunjukkan foto copy KTP yang sudah saya serahkan sebelumnya. "Boleh Pak!" Jawabku.


BACA CARA GANTI PIN KARTU ATM MANDIRI!

Menerima kartu ATM Mandiri yang Baru

Setelah Cs melakukan pemeriksaan Formulir yang saya isi, saya lupa apakah waktu itu beliau menanyakan hal-hal yang bertujuan untuk verifikasi. Tapi prosesnya tidak terlalu lama. Beliau akhirnya menyerahkan kartu ATM mandiri yang masih baru dan terlihat mengkilap. Saya menerima kartu ATM tersebut.

Saya juga tidak diminta untuk membayar apapun. Saya tidak tahu apakah biaya-nya memang gratis atau di debit langsung dari rekening tabungan saya.

Arahan untuk membuat PIN


Saya pikir proses pergantian kartu ATM mandiri-nya sudah selesai. Ternyata masih belum. Cs tersebut menyuruh saya untuk mengantri di bagian teller. Saya langsung menuju teller dan berdiri di tempat orang mengantri. Ada sekitar 5 orang masih menunggu giliran di depan saya. Setelah antrian selesai, saya menyerahkan kartu ATM kepada teller, "Saya disuruh untuk membuat PIN," Kataku. Proses pembuatan PIN-pun selesai.

Setelah saya menerima kartu ATM-nya dari teller. Saya langsung menuju mesin ATM yang kebetulan berada di depan, sebelah kanan dari kantor cabang bank mandiri tersebut. Saya masuk ke mesin ATM, memasukkan kartu ATM mandiri saya dan mengubah PIN-nya kembali. Setelah saya menerima kartu ATM-nya dari teller. Saya langsung menuju mesin ATM yang kebetulan berada di depan, sebelah kanan dari kantor cabang bank mandiri tersebut. Saya masuk ke mesin ATM, memasukkan kartu ATM mandiri saya dan mengubah PIN-nya kembali. Setelah saya menerima kartu ATM-nya dari teller. Saya langsung menuju mesin ATM yang kebetulan berada di depan, sebelah kanan dari kantor cabang bank mandiri tersebut. Saya masuk ke mesin ATM, memasukkan kartu ATM mandiri saya dan mengubah PIN-nya kembali.

Nah, itu dia, pengalaman saya mengganti kartu ATM mandiri yang sudah rusak di kantor cabang bank Mandiri. Apakah kamu juga punya pengalaman, silahkan berbagi lewat kolom komentar di bawah ini!