Post Page Advertisement [Top]

Dulu, sangat mudah untuk membedakan kartu debit vs  kartu kredit mandiri, apalagi kartu ATM biru. Selain beda warna, tampilan CHIP pada bagian depan kartu kredit mudah untuk dikenali.

Namun, Setelah kartu debit Mandiri yang Magnetic Stripe diganti menjadi CHIP, kedua jenis kartu pembayaran ini terlihat semakin mirip, warna mirip dan tampilan CHIP ada pada bagian depan kedua kartu ini.

Saya tidak akan fokus pada perbedaan warna dan gambar design, karena hal tersebut bisa saja berubah pada design kartu yang terbaru. 

Jadi, untuk membantu kamu mengenali perbedaan antara kartu ATM debit Mandiri dan kartu kredit mandiri walaupun ada design kartu yang baru, berikut ini saya tuliskan beberapa perbedaannya

1. Tulisan Debit


kartu Kredit Mandiri Visa Platinum

Kartu Debit mandiri visa platinum




Pada Bagian depan kartu ATM debit Mandiri dipastikan akan terdapat tulisan debit . Tulisan tersebut terletak pada bagian kanan atas kartu, tepat di bawah tulisan mandiri.

Ada juga beberapa design kartu atm Mandiri yang bertuliskan Mandiri debit Silver, Mandiri debit Gold atau mandiri debit Platinum. Yang pasti, kartu ATM debit akan ada tulisan debit nya.

Sedangkan pada bagian depan kartu kredit tidak ada keterangan penjelasan, maksud saya tidak ada tulisan kartu kredit di sana.

Gambar kartu ATM debit Mandiri Visa Platinum di atas adalah design kartu CHIP yang pertama. Bila kamu melihat design yang selanjutnya sudah berbeda lagi. Pada Design kartu ATM yang terbaru, gambar logo mandiri yang bergelombang sudah berwarna emas, sama seperti warna logo pada kartu kredit.

2. Huruf Emboss dan Deboss

Nomor kartu ATM pada design lama yang bukan Chip bukan tulisan timbul. Kemudian, setelah berubah menjadi kartu atm debit CHIP, tulisan berubah menjadi tulisan deboss atau sedikit masuk ke dalam.

Sedangkan tulisan nomor, masa berlaku dan nama pemilik pada kartu kredit adalah menggunakan jenis tulisan emboss, dimana huruf atau nomor terlihat jelas seolah ditempel pada kartu.

3. Nomor BIN Kartu Debit vs Kartu Kredit Mandiri


Nomor BIN adalah 6 digit pertama nomor kartu pembayaran baik kartu debit dan kartu kredit. Jenis dan Tipe kartu yang sama pasti memiliki nomor BIN yang sama. Misalkan Semua kartu kredit Mandiri Visa Silver (reguler) pasti memiliki nomor BIN yang sama, demikian juga dengan kartu debit Visa Silver.

Berikut ini adalah perbedaan 4 Digit pertama BIN kartu Pembayaran bank Mandiri:

Tipe KartuDebitKartu Kredit
Silver40974137
Gold46174137
Platinum46174259


Jadi cara ketiga untuk membedakan fisik kartu debit vs  kartu kredit mandiri adalah dengan melihat nomor BIN yang tertulis pada bagian depan kartu pembayaran tersebut. Hati-hati ketika mencoba melihat nomor kartu konsumen, takutnya nanti disangka kalau kita sedang menghafal nomor kartu kredit nya.

4. Perbedaan Fisik Bagian Belakang Kartu debit Vs Kartu Kredit


Pada bagian belakang kartu kredit dipastikan akan terdapat 7 digit angka. 4 angka pertama yang terdapat paling kiri adalah 4 digit terakhir nomor kartu kredit tersebut. Sementara 3 Digit angka di bagian kanan adalah kode CVV  atau CVC untuk MasterCard.

Setahu saya hampir semua kartu kredit Visa menuliskan 7 digit angka di bagian belakang kartu kredit.

Sementara informasi angka yang terdapat pada bagian belakang kartu ATM umumnya terdiri dari 19 digit angka yaitu 16 Digit nomor kartu ATM dan 3 digit kode CVV.


Demikian 4 Cara membedakan fisik kartu debit vs  kartu kredit bank mandiri. Apakah kamu memiliki cara lain? Silahkan tuliskan di kolom komentar di bawah! Apabila artikel ini cukup berguna, silahkan bagikan ke teman-teman melalui social media.

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib