Panduan Lengkap Cara Menggunakan Kartu Kredit Pertama Sekali

Kita akan membahasa semua hal yang berkaitan dengan penggunaan kartu kredit. Dipastikan setelah kamu membaca tulisan ini, Kamu akan menggetahui banyak hal tentang cara menggunakan kartu kredit.

Menggunakan kartu Kredit pertama sekali

Setelah kamu menerima kartu kredit yang sudah disetujui. Kamu tidak bisa langsung transaksi. ada beberapa hal yang harus kamu lakukan terlebih dahulu. Kamu harus aktivasi kartu kredit dan buat pin kartu kredit. Selain itu, supaya kamu bisa transaksi online, kamu harus memastikan kalau nomor handphone kamu yang terdaftar di bank sudah benar dan tidak ada kesalahan. Kalau ada kesalahan penulisan 1 digit nomor pun maka dipastikan transaksi online kamu akan ditolak.

Berikut ini adalah hal yang harus dilakukan oleh pemegang kartu kredit sebelum transaksi:
  • Aktivasi Kartu Kredit - Kamu harus aktivasi kartu kredit sebelum menggunakannya. Karena kartu kredit itu berbeda dengan atm. Ada beberapa bank yang memang tidak menggharuskan aktivasi, tetapi kebanyakan bank mengharuskan aktivasi sebelum bisa digunakan. Saran saya, proses aktivasi kartu kredit sebaiknya dilakukan melalui call center. Hal ini bertujuan supaya status aktivasi kartu kamu lebih jelas dan kamu sekalian bisa bertanya banyak hal menggenai penggunaan kartu kredit kepada call center. Termasuk promo yang sedang berlangsung. Baca Aktivasi Kartu Kredit
  • Buat Pin Kartu Kredit - Untuk transaksi online kamu tidak memerlukan PIN. Menggunakan kartu kredit untuk transaksi online menggunakan Kode OTP sebagai pengganti pin. Nanti akan kita bahas lebih lanjut pada poin transaksi online dengan kartu kredit. Kamu memerlukan PIN kartu kredit untuk transaksi offline atau langsung di Toko dan juga untuk transaksi Tarik Tunai. Untuk proses pembuatan pin kamu boleh tanyakan kepada call center bagaimana caranya sambil kamu aktivasi kartu kredit. Biasanya proses pembuatan pin kartu kredit adalah dengan menggirimkan sms dengan format sesuai ketentuan bank masing-masing. Baca Pin Kartu Kredit
  • Pastikan Nomor handphone Valid - Kamu harus memastikan nomor handphone kamu sudah terdaftar dengan benar. Karena untuk transaksi online Kode OTPnya akan dikirimkan ke Handphone kamu. Sebenarnya kalau kamu aktivasi kartu kredit melalui call center, kamu akan diverifikasi dengan menanyakan nomor handphone, bila verifikasi lolos berarti nomor handphone kamu sudah valid. Baca Mengubah Nomor Handphone

Ini adalah pengetahuan basik tentang kartu kredit. Hal ini perlu kamu ketahui sebelum menggunakan kartu kredit dari bank manapun. Berikut ini adalah hal-hal yang wajib diketahui oleh pemegang kartu kredit:
  • Ketahui Batas Limit kartu Kredit anda - Supaya kamu lebih leluasa untuk bertransaksi maka kamu harus memastikan berapa total limit kartu kredit yang kamu miliki. Informasi ini bisa kamu dapatkan melalui selebaran yang dikirimkan bersamaan dengan kartu kredit kamu. Atau kamu juga bisa menggetahui berapa limit kartu kredit kamu melalui call center atau melalui atm.
  • Ketahui Tanggal Cetak - Menggetahui tanggal cetak tagihan kartu kredit kamu adalah hal yang sanggat penting. Hal ini bertujuan supaya kamu bisa maintanance financial kamu. Misalkan bila kamu mau transaksi tetapi ingin supaya transaksi tersebut ditagihkan di Bulan depan, maka kamu harus transaksi satu hari setelah tanggal cetak. Atau bila kamu ingin transaksi dan mau diproses menjadi cicilan tetap dengan bunga ringan maka kamu harus transaksi paling tidak 7 Hari sebelum tanggal cetak. Kamu bisa mengetahui tanggal cetak tagihan kartu kredit kamu melalui call center atau melalui atm.
  • Ketahui Jatuh Tempo pembayaran - Hal berikutnya yang juga sangat penting adalah mengetahui tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan kartu kredit kamu. Hal ini sanggat perlu kamu ketahui supaya kamu tidak melakukan kesalahan pembayaran, seperti telat melakukan pembayaran kartu kredit yang pada akhirnya akan menimbulkan munculnya denda keterlambatan dan bunga. Ini akan kita bahas lebih dalam di poin berikutnya.

Menggunakan Kartu Kredit Belanja Online

Metode pembayaran kartu kredit saat berbelanja online menggunakan istilah yang berbeda-beda. Tergantung toko tempat kamu berbelanja. Berikut ini adalah istilah-istilah metode pembayaran dengan menggunakan kartu kredit pada transaksi online:
  • Visa/MasterCard
  • Kartu Kredit/Kartu Debit
  • Cicilan 0%
Jadi silahkan dicheck salah satu dari metode pembayaran di atas yang dituliskan pada merchant/toko tempat kamu berbelanja. Pilih cicilan 0% bila kamu ingin membayarkan dengan cicilan 0% (biasanya program ini memiliki syarat minimal transaksi).

Data-data yang akan kamu masukkan saat bertransaksi online adalah 16 Digit nomor kartu kredit, masa berlaku, CVC/CVC (tiga angka di belakang kartu), 3D secure (6 digit kode otorisasi yang akan dikirimkan ke handphone kamu).


Cara Menggunakan Kartu kredit di Toko Fisik 

Menggunakan kartu kredit untuk transaksi Offline sama saja seperti transaksi menggunakan kartu debit. Saat ini kamu masih bisa transaksi offline tanpa PIN dengan memberikan tanda tanggan, tetapi hanya di sebagian toko saja. Kebanyakan toko sudah meminta Pin. Jadi supaya kamu lebih nyaman, sebaiknya kamu harus memiliki pin dulu.
  • Setelah kamu memilih produk yang mau di beli.
  • Lakukan pembayaran di Kasir
  • Biarkan kasir menghitung transaksi kamu terlebih dahulu
  • berikan kartu kredit kamu kepada kasir
  • Kasir akan memberikan mesin EDC kepada kamu.
  • Masukkan 6 digit PIN dan tekan warna Hijau untuk langsung proses.
  • Transaksi Offline dengan kartu kredit sudah selesai. 
  • Kalau kamu mau cicil dengan bunga ringan silahkan hubungi call center.

Tarik tunai di ATM pakai kartu Kredit - Untuk Melakukan Transaksi tarik tunai dengan menggunakan kartu Kredit di Mesin ATM. Kamu wajib memiliki PIN kartu Kredit. Baca: Tarik Tunai Kartu Kredit

Berikut ini adalah langkah-langkah tarik tunai dengan menggunakan kartu kredit di mesin atm:
  • Masukkan Kartu Kredit kamu ke Mesin ATM. 
  • Pilih Bahasa atau Masukkan 6 Digit Pin Kartu Kredit kamu
  • Di menu Utama biasanya akan langsung Muncul Opsi Nominal Penarikan Tunai
  • Atau pilih Nominal Lain
  • Masukkan Nominal Transaksi Yang mau kamu tarik
  • Transaksi sudah selesai.

Menggunakan Kartu Kredit di Luar Negeri -  Sebelum kamu membawa kartu kredit ke luar negeri, sebaiknya kamu melakukan pelaporan dulu. Silahkan hubungi call center bank Penerbit kartu kredit kamu dan infokan tanggal keberangkatan dan negara tujuan serta tanggal pulang. Hal ini bertujuan supaya transaksi kamu tidak di blokir saat bank menemukan ada transaksi mendadak di luar negeri.

Pinjam Uang Dari Kartu Kredit - Kita bisa meminta sebagian dari limit kartu kredit kita untuk di Transfer ke Rekening atm Kita. Biasanya sekitar 50% dari sisa limit kartu kredit Bisa di Transfer ke Rekening kita. Untuk informasi yang lebih lengkap silahkan Baca: Cara transfer Uang dari kartu Kredit
Berikut ini adalah istilah-istilah meminjam uang dari limit kartu kredit:
  • Transfer uang dari kartu kredit
  • Transfer dana dari kartu Kredit
  • Loan on Phone 
  • Power Cash

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Supaya tidak dikenakan bunga kartu kredit -  Supaya Kamu tidak dikenakan bunga maka kamu harus membayarkan total tagihan yang tercetak pada lembar tagihan. Artinya tidak melakukan pembayaran minimum. Tetapi kalau kamu melakukan transaksi tarik tunai, maka bunga dipastikan akan muncul dari transaksi tarik tunai saja. Berikut ini adalah beberapa faktor yang mengakibatkan munculnya bunga pada kartu kredit.

Berikut ini adalah cara memakai kartu kredit supaya tidak kena bunga:
  • Tidak melakukan pembayaran
  • Pembayaran telat atau dibayarkan setelah jatuh tempo
  • Pembayaran di Bawah minimum atau melakukan pembayaran minimum 
  • Bunga yang muncul dari transaksi tarik tunai
  • Bunga yang muncul dari cicilan tetap.

Dengan mengetahui faktor-faktor penyebab munculnya bunga di atas, maka kamu sudah tahu bagaimana caranya supaya kartu kredit kamu tidak di tagihkan bunga.

Bila kamu melakukan pembayaran 2 Kali 50% + 50% dimana kedua pembayaran dilakukan sebelum jatuh tempo. Kamu tetap dianggap telah melakukan pembayaran penuh dan tidak akan ditagihkan bunga. Berlaku juga untuk persentasi lainnya, misalkan 30% + 70%.


Supaya tidak dikenakan denda keterlambatan - Ini adalah cara yang mudah. Perhatikan Faktor - faktor yang mengakibatkan di tagihkannya denda keterlambatan kartu kredit di Bawah ini:

  • Tidak melakukan pembayaran sama sekali
  • Melakukan pembayaran di bawah minimum payment
  • Melakukan pembayaran tetapi setelah jatuh tempo
Hanya ketiga faktor tersebulah yang mengakibatkan kartu kredit kita di kenakan denda keterlambatan. jadi walaupun kita sudah bayar lunas tetapi kalau pembayaran tersebut di lakukan setelah tanggal jatuh tempo maka akan ditagihkan denda keterlambatan yang besarnya 3% dari total tagihan maksimal 150 ribu. Kecuali, bila jatuh tempo jatuh di hari kerja, dan setelah hari kerja kartu kreditnya langsung kamu bayar kemungkinan tidak akan ditagihkan denda keterlambatan tetapi ada kemungkinan akan ditagihkan bunga.


Supaya Kartu Kredit Tidak Overlimit - Supaya kartu kredit kamu tidak overlimit, biasakan untuk menyisahkan paling tidak 100 ribu di kartu kredit kamu. Untuk jaga-jaga adanya pendebetan biaya-biaya yang tidak terduga. Karena sayang sekali bila kartu kredit kamu sempat Overlimit, biaya overlimit cukup mahal. Bila kamu sempat overlimit usahakan untuk segera melakukan pembayaran sebelum tanggal cetak, dengan cara seperti ini ada kemungkinan kamu tidak akan di tagihkan biaya overlimit, tetapi ini hanya berlaku di beberapa bank saja.

Komentar