10 Pertanyaan mengenai Tarik Tunai Kartu Kredit Di ATM

Cara Tarik Tunai Kartu Kredit di atm

1. Apakah Tarik Tunai dengan Kartu Kredit Bisa Dicicil ?

Transaksi tarik tunai dengan kartu kredit di Mesin ATM tidak bisa dicicil. Total dana yang ditarik akan langsung tertagih penuh dilembar tagihan terdekat. Tagihan tersebut akan bergabung dengan transaksi retail lainnya yang artinya transaksi tarik tunai kartu kredit di mesin ATM bisa dibayar dengan metode pembayaran minimum atau minimal 10% dari total tagihan yang tercetak.

2. Berapa Bunga tarik tunai kartu kredit di atm?
Bunga tarik tunai memiliki persentasi yang sama dengan bunga transaksi retail yaitu berkisar 2.25% sesuai dengan peraturan terbaru dari Bank Indonesia. Tetapi, perlu di ingat kalau perhitungan bunga transaksi tarik tunai dan transaksi retail itu dipisah. Jadi jangan heran bila anda melihat ada dua bunga dalam satu lembar tagihan anda.


3. Berapa Biaya administrasi Tarik Tunai Dengan kartu kredit?

Biaya administrasi transaksi tarik tunai berbeda-beda tiap bank, sesuai dengan bank yang menerbitkan kartu kredit anda, Perhatikan biaya tarik tunai dari empat penerbit kartu kredit terbesar di Indonesia.
Biaya Tarik Tunai kartu kredit BCA adalah 4% atau minimal Rp.40000
Biaya Tarik Tunai kartu kredit Mandiri adalah 6% atau minimal Rp.100000
Biaya Tarik Tunai kartu kredit BNI adalah 6% atau minimal Rp.50000 (silver&gold) Rp.100000(Platinum dan Titanium)
Biaya Tarik Tunai kartu kredit bank mega 6% atau minimal Rp.50000


4. Apakah Tarik tunai dari kartu kredit aman?
Tarik tunai menggunakan kartu kredit di mesin ATM sama saja dengan tarik tunai dengan menggunakan ATM debit. Jadi, Keamanannya tidak selalu bisa dipastikan tergantung lokasi dan niat pelaku kejahatan. 


5. Bagaimana Cara Melakukan tarik tunai dengan kartu kredit di atm?
Caranya tarik tunai dengan kartu kredit di atm sama saja dengan tarik tunai dengan kartu debit. Berikut langkah-langkahnya:
  • Masukkan Kartu kredit anda ke mesin ATM 
  • Pilih Bahasa 
  • Masukkan PIN Kartu Kredit Anda 
  • Pilih Tarik Tunai dan masukkan nominal dana yang mau anda tarik, 


6. Berapa minimal dana Kartu kredit yang bisa di Tarik di ATM?
Minimal dana yang bisa ditarik adalah Rp.50.000




7. Berapa maksimal dana kartu kredit untuk tarik tunai di atm?
Ketentuan ini pada umumnya sama disetiap bank penerbit kartu kredit yaitu berkisar 60% dari total limit kartu kredit. Misalkan total limit kartu kredit anda adalah 10 Juta maka maksimal dana yang bisa ditarik adalah 6 Juta Rupiah. Tetapi bila anda sudah menggunakan limit untuk transaksi retail, misalkan beli handphone harga Rp.8 Juta maka otomatis penentu maksimal dana yang bisa ditarik adalah dari sisa limit, yaitu Rp.2 Juta.


8. Opsi selain tarik tunai di ATM dengan kartu kredit?

Anda bisa menghubungi call center bank anda untuk meminta proses transfer dana. Dana dari kartu kredit akan ditransfer ke rekening debit anda. Transaksi ini bisa dicicil dan bunganya biasanya jauh lebih ringan daripada bunga transaksi tarik tunai langsung di mesin ATM.


Sebaiknya hindari gestun atau Gesek Tunai di mesin EDC karena hal tersebut bisa memperburuk data history perbankan anda yang otomatis bisa mempersulit anda di masa yang akan datang.


9. Apakah Tarik tunai dengan kartu kredit berpengaruh pada penilaian BI Checking?
Tidak. Selama anda melakukan pembayaran tepat waktu, transaksi tarik tunai di atm tidak berakibat buruk terhadap data BI Checking anda.


10. Apakah Cash Advance sama dengan tarik Tunai pada kartu kredit?

Benar Cash Advance adalah istilah bahasa asing untuk Tarik Tunai.

Punya pertanyaan lain seputar tarik tunai dengan kartu kredit di Mesin ATM, jangan lupa menuliskannya di Kolom Komentar.