12 Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Kamu Buat Kartu Kredit Online atau di Cabang

Sebaiknya kamu mengetahui 12 Hal Berikut sebelum mengajukan kartu kredit, Apa saja? Berikut ulasannya!

Hal-Hal Yang Harus Diketahui Sebelum Kamu Buat Kartu Kredit

1. Bank Apa?

Saat ini ada sekitar 23 Penerbit Kartu Kredit di Indonesia. Kamu bisa melihat List-nya di Sini. Secara umum untuk biaya-biaya kartu kredit di Indonesia itu hampir sama karena kebetulan di atur oleh Undang-Undang tentang Alat Pembayaran Kredit dan diamati oleh Bank Indonesia. Jadi Masalah Biaya-biaya kartu kredit mungkin bukan prioritas utama untuk menentukan bank apa yang akan kamu pilih sebagai penerbit kartu kreditmu. Sebaiknya pilih bank yang punya banyak mesin EDC di Indonesia. 

Akan lebih baik untuk mengajukan kartu kredit pertamamu di bank dimana kamu sudah memiliki rekening tabungan di sana. Hal itu akan mempermudah untuk proses pembayaran di kemudian hari. Apalagi bila kamu adalah nasabah Prioritas maka tentu saja proses pembuatan kartu kreditmu akan lebih cepat.

Kemudian kamu juga harus memperhatikan syarat ketentuan pembuatan kartu kredit di bank tersebut, ada beberapa bank yang mewajibkan kamu sudah harus memiliki kartu kredit di bank lain, jadi sesuaikan dengan kondisi kamu. Ada beberapa bank yang tidak mewajibkan kartu kredit di bank lain seperti BNI, BCA, Mandiri dan lainnya.

2. Logo Kartu Kredit Apa?

Ada dua logo kartu Kredit yaitu VISA dan MASTER. Kedua logo ini sebenarnya tidak jauh berbeda, keduanya memiliki fitur yang hampir sama dan bisa digunakan hampir di semua negara. Untuk Subcharge atau biaya tambahan transaksi di luar negeri juga sama yaitu sekitar 1%. Yang Paling penting untuk diketahui mengenai Logo kartu adalah: Bila kamu mengajukan logo Visa dan disetujui dengan jenis kartu Visa Silver, maka suatu saat kamu bisa mengajukan perubahan jenis kartu dari visa silver ke visa Gold. Sementara kebanyakan kasus (Meskipun tidak di semua bank) Kamu tidak bisa mengajukan upgrade kartu Master Silver ke Master Titanium, Proses upgrade harus dengan mengisi applikasi baru.


3. Jenis Kartu Kredit Apa?

Kartu Reguler ada 3 Jenis pada umumnya, yaitu:

  • Silver
  • Gold/Titanium
  • Platinum
Pastikan kamu mengajukan jenis kartu yang sesuai dengan kemampuan slip gajimu. Untuk Gaji 3 Jutaan maka kamu harus mengajukan kartu silver, untuk gaji 5-10 Juta silahkan coba ajukan kartu kredit Gold. Gaji Di atas 10 Juta kamu sudah bisa mencoba mengajukan kartu platinum. Bila Gaji kamu tidak memenuhi untuk mengajukan kartu kredit platinum, pihak bank akan menghubungi kamu kembali untuk menawarkan kartu kredit jenis Gold. 

Satu lagi yang sebaiknya kamu ketahui mengenai jenis kartu, semakin tinggi jenis kartumu maka semakin mahal biaya keanggotaanya tetapi semakin besar limit kartu yang bisa kamu gunakan.


4. Dokumen Apa?

Pengajuan Kartu kredit tentunya membutuhkan dokumen yang harus kamu serahkan ke bank, bisa diantar langsung ke kantor cabang atau kirim melalui email/fax. 

Perhatikan poin-poin berikut ini:
  • Bila Kamu seorang Karyawan maka Dokumen yang harus kamu punya adalah  Slip Gaji.
  • Bila Kamu seorang Pengusaha maka Dokumen yang harus kamu punya adalah  SIUP
  • Bila Kamu seorang Profesional maka Dokumen Yang harus kamu Punya adalah  Surat Ijin Profesi
  • Bila Kamu sudah punya kartu kredit dari bank lain maka Dokumen yang harus kamu punya adalah Lambar Tagihan kartu Kredit dari bank lain Tersebut.
  • Bila Kamu mau limit di atas 50 Juta maka kamu harus memiliki NPWP.
  • KTP tidak bisa diganti dengan SIM

5. Siapa Saudara Penjaminmu?

Saat Mengisi applikasi kamu harus menuliskan nama, nomor telepon, alamat dan hubunganmu dengan saudara tidak serumah yang akan menjadi jaminan kartu kreditmu kelak. Kenapa saya bilang jaminan, karena bila kamu telat bayar dan tidak bisa dihubunggi maka yang akan dihubungi adalah orang tersebut. Jadi berhati-hatilah memilih siapa saudara tidak serumah yang akan kamu daftarkan. 


6. Kemana Alamat Pengiriman Kartumu?

Saat kamu mengisi applikasi kartu kredit ada tiga alamat yang harus kamu tuliskan.
  • Alamat Rumah atau alamat tempat tinggal kamu sekarang
  • Alamat Kantor bisa sama dengan alamat rumah bila kamu seorang pengusaha
  • Alamat Saudara yang tidak serumah

7. Kemana Alamat Pengiriman Tagihanmu?

Ada dua pilihan yang harus kamu tentukan, yaitu apakah kamu mau dikirimi tagihan via pos yang akan dikenakan biaya percetakan tagihan sekitar 10.000/bulan atau mau dikirimin softcopy tagihan ke alamat email tanpa biaya.

Kalau boleh saya sarankan pilihlah pengiriman ke email, selain karena gratis, kamu juga membantu visi go green. 

8. Empat Kontak yang harus kamu sediakan

Pastikan paling tidak dua dari kontak tersebut bisa dihubungi oleh tim verificator supaya kartu kamu bisa disetujui. Bila tidak bisa dihubungi pengajuan kartu kredit kamu akan ditolak. Berikut ke empat kontak yang harus kamu sediakan.
  • Nomor Handphone kamu (Wajib)
  • Nomor Telephone Rumah (Bisa dikosongkan bila kamu punya nomor kantor yang aktif)
  • Nomor Telephone Kantor (Bisa sama dengan rumah bila kamu pengusaha)
  • Nomor Telephone saudara yang tidak serumah (Wajib)

9. Ketahui Biaya-Biaya Kartu Kredit 

  • Bunga Reguler kartu kredit pada umunya adalah 2.95% 
  • Pembayaran minimum 10% dari total tagihan
  • Denda Keterlambatan adalah 3% dari tagihan terakhir maksimal 150 ribu
  • Denda Overlimit sekitar 5% minimal 50 ribu sampai 100 Ribu
  • Biaya Tarik Tunai sekitar 6% minimum 50 Ribu sampai 100 Ribu
  • Iuran Kartu Silver mulai 125 Ribu/Tahun
  • Iuaran Kartu Gold mulai 240 Ribu/Tahun
  • Iuaran kartu Platinum mulai 500 Ribu-600 ribu/Tahun

10. Ketahui Kewajiban Pemegang kartu Kredit


Kewajiban pemegang kartu kredit bisa dikategorikan pada beberapa Hal-hal, misalkan hal-hal yang berhubungan dengan keamanan kartu kredit, hal-hal yang berhubungan dengan biaya-biaya dan hal-hal yang berhubungan dengan peraturan undang-undang tentang pembayaran mengunakan kartu kredit.


11. Ketahui Istilah-istilah kartu kredit

Istilah-istilah dalam kartu kredit yang sering digunakan-Dalam dunia kartu kredit terdapat banyak istilah yang masih mengunakan bahasa asing. Beberapa istilah sudah Terjemahkan dan terbiasa digunakan oleh masyarakat. Tetapi masih banyak istilah dalam kartu kredit yang masih mengunakan bahasa inggris. Dan terkadang bank masih mengunakan istilah-istilah ini ketika berkomunikasi dengan anda. Apa saja? Mari kita Ulas satu - satu!


12. Fasilitas atau Fitur kartu Kredit

Sebenarnya beda bank, beda juga fasilitas yang mereka tawarkan. Tetapi, biasanya hanya beda dinama atau jenis kartu kredit saja. Karena itu, Penulis akan mencoba menjabarkan secara umum saja: