Kewajiban Pemegang Kartu Kredit - Apa saja Yah?

Ketahui Kewajiban anda sebagai pemegang kartu kredit. Hal ini sangat perlu, karena dengan mengetahui kewajiban anda sebagai pemegang kartu kredit bisa menghindarkan anda dari masalah di kemudian hari.


Kewajiban Pemegang Kartu Kredit

Kewajiban pemegang kartu kredit bisa dikategorikan pada beberapa Hal-hal, misalkan hal-hal yang berhubungan dengan keamanan kartu kredit, hal-hal yang berhubungan dengan biaya-biaya dan hal-hal yang berhubungan dengan peraturan undang-undang tentang pembayaran mengunakan kartu kredit.

Apa Saja Yah kewajiban pemegang kartu Kredit?


Setiap pemegang kartu diharapkan untuk bisa menjaga data kartu. Data kartu kredit sangat sensitive, ketika data-data itu terjatuh ketangan orang yang salah, maka mereka bisa mempergunakan data itu untuk perbuatan jahat yang pada akhirnya bisa merugikan pemegang kartu sendiri.

 Kehilangan kartu kredit

Secepat Mungkin setelah anda merasa kehilangan kartu kredit langsung hubungi Call center bank anda untuk pemblokiran kartu sementara. Hal ini berlaku bila kartu kredit dicuri atau dirampas oleh orang lain.

Kecurigaan ada yang mengetahui data kartu kredit

Bila anda mencurigai ada yang merekam atau mempergunakan data kartu kredit anda untuk transaksi online, yang bisa anda ketahui dengan melihat rincian tagihan yang janggal. Maka secepatnya hubungi call center bank anda untuk pemblokiran kartu kredit sementara.

Keterlambatan penerimaan Tagihan 

Hubungi Bank anda bila anda tidak menerima lembar tagihan atau bila lembar tagihan datang terlambat. Sebenarnya dalam hal ini yang salah adalah pihak bank, tetapi adalah sangat baik bila anda mencoba menghubungi mereka siapa tahu ada kesalahan penulisan alamat pengiriman tagihan atau kesalahan penulisan alamat email.

Membawa kartu kredit ke luar negeri

Bila anda mau mengunji sebuah negara baik itu masih negara tetangga atau negara-negara jauh, adalah sangat baik bila anda membuat laporan ke Bank anda kalau anda akan membawa dan kemungkinan mempergunakan kartu kredit tersebut di luar negeri. Hal ini akan sanggat berguna untuk pihak bank. Bila anda tidak melapor dan system bank membaca ada transaksi janggal dikartu kredit anda, pihak bank akan mencoba menghubungi anda. Kasus yang sering terjadi adalah pemegang kartu kredit tidak bisa dihubungi sehingga pihak bank mengambil kesimpulan, untuk keamanan kartu anda akan diblokir dan transaksi anda akan gagal.

Kewajiban yang berhubungan dengan pembayaran Biaya-biaya kartu kredit

Sebelum anda memutuskan untuk mengaktifkan kartu kredit anda, sangat baik bila dibaca terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang berhungan dengan biaya-biaya.

Seperti besar iuaran kartu kredit, Suku bunga, ketentuan denda akibat keterlambatan pembayaran, ketentuan-ketentuan mengenai pemakaian melebihi limit, kewajiban untuk membayar biaya Materai pembayaran, Ketentuan-ketentuan lainnya.