Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berapa Lama pengiriman kartu kredit?

Pergantian kartu kredit bisa dikelompokkan menurut alasan permintaan pergantian-nya. Istilah untuk pergantian kartu kredit mungkin berbeda-beda. Tetapi pada umumnya, bank menyebutnya dengan istilah card replacement untuk kartu hilang, card renewal untuk kartu yang habis masa berlakunya dan card re-emboss untuk kartu kredit yang diganti karena rusak.

Lama pengiriman kartu kredit adalah 2 sampai 7 hari untuk pengiriman ke kota Jakarta dan 14 hari untuk pengiriman ke luar jakarta.

Berikut ini adalah informasi penting terkait pergantian kartu kredit karena sudah habis masa berlakunya.

Pengiriman Kartu Kredit Perpanjangan/ renewal

Perpanjangan atau renewal kartu kredit adalah pergantian fisik kartu kredit dengan masa berlaku kartu yang baru. Artinya Kartu diganti karena masa berlakunya sudah habis. Dalam hal ini yang diganti hanya fisik kartunya, Untuk data-data kartu seperti masa berlaku kartu, tiga angka dibelakang kartu, nomor kartu kredit dipastikan masih sama. Masa Berlaku kartu kredit adalah kurang lebih 5 Tahun.

Apakah kartu kredit renewal harus diaktifkan?

Sebaiknya tetap menghubungi call center untuk aktifasi, karena ketentuannya berbeda-beda. Bisa tergantung dari peraturan bank, Bisa juga tergantung dari jenis kartu kredit anda. Jadi supaya lebih aman sekalian untuk informasi ke Bank kalau anda sudah menerima kartu perpanjangan, maka Lebih baik menghubungi call center Untuk aktivasi.

Kenapa kartu kredit tidak diperpanjang?  Kartu kredit tidak diperpanjang bisa disebabkan oleh beberapa hal.
  • Permintaan dari card holder atau dari pemegang kartu. Bila anda tidak mau kartu kredit anda diperpanjang, maka sebaiknya hubungi bank anda untuk penutupan kartu kredit dua bulan sebelum masa berlakunya habis dan lakukan perlunasan tagihan. 
  • Bad payment History atau pembayaran buruk. Bank Tidak akan memperpanjang masa berlaku kartu kredit bila saat masa perpanjangan kartu ada keterlambatan pembayaran tagihan kartu kredit. 
Apakah perpanjangan kartu kredit dikenakan biaya percetakan kartu yang baru?  Tidak. Kartu perpanjangan di bank mana pun tidak akan dikenakan biaya pergantian kartu.
Berapa Lama proses pengiriman perpanjangan kartu kredit?  Proses pengiriman perpanjangan kartu kredit untuk daerah jakarta paling cepat dua hari dan paling lama 7 hari kerja.  Untuk pengiriman diluar jakarta paling cepat 7 hari kerja dan paling lama 14 hari kerja. Peraturan ini hampir sama di semua bank di Indonesia.

Apakah pengiriman Pergantian kartu kredit bisa diambil langsung di bank?

Kebanyakan bank tidak memiliki program ambil kartu langsung kecuali karena beberapa hal yang sifatnya mendesak atau karena kasus pengiriman kartu yang selalu return. Kalau mau mengambil kartu di kantor cabang bank tertentu harus ada kesepakatan terlebih dahulu dengan pengurus bank cabang. Kemudian laporan akan disampaikan oleh bank cabang ke pusat.

Apakah penerima pergantian kartu kredit bisa diwakilkan? 

Bisa dengan syarat pemilik kartu kredit membuat surat kuasa penerimaan yang ditanda tangani dan disertakan foto copy ktp. Kemudian membuat laporan ke call center.

Baca Juga
Cara menutup kartu kredit yang benar
Cara Menyanggah Trasaksi kartu kredit
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)