Bagaimana cara menutup kartu kredit

Anda pernah dengar teman anda bercerita, kalau kartu kreditnya yang sudah ditutup beberapa tahun yang lalu tiba-tiba muncul kembali di depan rumah?

Mungkin, maksudnya adalah tiba-tiba ada tagihan yang dikirim kerumah. Nah, untuk menghindari hal itu terjadi pada anda. Perhatikan baik-baik cara penutupan kartu kredit yang benar.

Langkah pertama /CALL, CALL CENTER

Untuk penutupan kartu kredit sebenarnya cukup dengan menghubungi call center saja.
Usahakan untuk menghubungi call center di-jam kerja supaya anda bisa disambungkan langsung ke layanan penutupan kartu.
Pada jam-jam padat telephone, biasanya walaupun anda menghubungi di-jam kerja, anda tidak akan bisa disambungkan dan akan disuruh menunggu konfirmasi.
note: Pastikan no telephone anda yang aktif atau yang pasti bisa dihubungi kepada call center.
setau saya, prosedur penutupan kartu kredit berbeda-beda tiap bank, ada bank yang akan menutup kartu secara otomatis jika tidak bisa tersambung kepada anda untuk konfirmasi. Tetapi ada juga yang tidak melakukan penutupan dan berharap anda menghungi kembali tiga hari setelah tidak bisa tersambung.

Pastikan tagihan anda sudah nihil.

Sebenarnya tanpa kita bertanyapun, call center pasti akan menginformasikan apakah masih ada sisa tagihan yang harus dilunasi sebelum penutupan. Bila masih ada, segera lakukan pembayaran dan hubungi call center kembali untuk membuat laporan penutupan kartu.

Konfirmasi kembali.

Tiga hari setelah anda melaporkan permintaan penutupan kartu, pastikan untuk menghubungi call center kembali untuk memastikan status penutupan kartu. Dan pastikan kemana dan kapan surat penutupan kartu akan dikirim.
Jadi pada intinya, Hal yang harua kita perhatikan atau yang paling penting adalah melakukan konfirmasi ulang.
Begitulah tips untuk melakukan penutupan kartu dengan benar.
Semoga bermamfaat, bila ada yang mau ditanyakan silahkan untuk menuliskanya pada box komentar.
cara menutup kartu kredit
cara menutup kartu kredit

4 Responses to "Bagaimana cara menutup kartu kredit"

uun Cebret said...

Thanks info nya...,👍

Roy Passenger said...

Sama-sama Pak Terimakasih telah meninggalkan Jejak.

MGMP PAI Banyumas said...

Terima kasih infonya dan sy ingin bertanya: Di kantor sy bbrp bln yang lalu ada penawaran kartu kredit yang katanya gratis. akhirnya bbrp teman ada yg ikut membuat. (Kartu Kredit BNI).
Kartu blm diaktifkan. Ternyata ada tagihan yang isinya tagihan Iuran Tahunan. Padahal blm diaktifkan.
bagaimana solusinya. sbg catatan sy dan teman2 ingin menutup/ mengakhiri Kartu Kredit ini.
Terima kasih

Roy Passenger said...

Selamat siang, Terimakasih Kembali telah berkunjung. Memang banyak marketing yang menawarkan sesuatu dengan hadiah tetapi tidak menginformasikan syarat ketentuan mendapatkan hadiah tersebut. Kartu kredit bni memiliki fitur gratis iuran kartu di tahun pertama atau sampai tahun ke 3 dengan syarat kartu harus diaktifkan dan melakukan minimal 1 kali transaksi. Bila kartu tidak diaktifkan sampai pada saat penagihan iuran kartu maka iuran kartu akan tertagih.

Bila masih mau mengunakan cc bninya silahkan hubungi call center BNI dan informasikan keluhan mengenai keberatan iuran cc yang awalnya dijanjikan gratis, mintalah dihapuskan dengan alasan marketing tidak menginformasikan syarat ketentuan supaya gratis.

Tetapi bila mau menutup, hubungi call center untuk penutupan di jam kerja, minta disambungkan langsung ke bagian penutupan kartu. pastikan untuk konfirmasi kembali 3 hari setelah penutupan untuk memastikan status kartu.