7 Langkah Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar

Menutup kartu kredit tidak boleh disepelekan. Ada beberapa langkah yang harus pemegang kartu lakukan supaya tidak ditemukan masalah di kemudian hari.

Prosedur penutupan kartu kredit sama saja di semua bank, baik itu bank mandiri, bca, bni, mega, bri dan bank-bank lainnya.

Ikuti panduan penutupan kartu kredit yang benar di bawah ini!

Cara Menutup kartu kredit yang benar
Cara menutup kartu kredit adalah dengan menghubungi call center


1. Hubungi Call Center Bank Penerbit Kartu Kredit Anda

Ingat segala sesuatu yang berhubungan dengan kartu kredit, baik itu berupa informasi. Atau proses Transaksi jadi cicilan, proses maintenance data sampai proses penutupan kartu.

Anda bisa melakukan semua itu hanya dengan menghubungi call center kartu kredit anda.

2. Ketahui Jumlah Total Tagihan

Ketika anda berbicara dengan call center maka pastikan untuk menanyakan berapa total tagihan yang harus anda bayar untuk penutupan kartu.

Harus ada kalimat 'UNTUK PENUTUPAN KARTU', karena bila anda hanya bertanya total tagihan saja, maka tagihan menggantung, dana cicilan dan yang lainnya bisa ketinggalan dan penutupan kartu kredit anda otomatis tidak bisa dilakukan.


Kartu Kredit baru bisa ditutup setelah tagihan lunas

3. Bayar Total Tagihan kartu kredit anda

Lakukan pembayaran secepat mungkin setelah anda menghubungi call center untuk mengetahui total tagihan yang harus dibayarkan.

Tetapi, apabila call center menyuruh anda menunggu sampai cycle berikutnya, maka anda harus menunggu.

Hal seperti itu terjadi bila pembayaran anda sudah terlambat sehingga harus menunggu bunga ditagihan berikutnya. Atau menunggu proses penagihan transaksi yang menggantung dan percepatan cicilan tetap.

4. Hubungi call center di Jam Kerja

Menutup kartu kredit dengan menghubungi call center di jam kerja

Setelah anda melakukan pembayaran maka sebaiknya anda menghubungi call center kartu kredit bank anda untuk melakukan penutupan kartu pada jam kerja.

Hal ini bertujuan supaya anda bisa disambungkan langsung kebagian penutupan kartu.

Call center kartu kredit memiliki layanan khusus untuk penutupan kartu dan anda hanya bisa tersambung ke sana melalui transferan call center  di jam kerja.

5. Pertimbangkan matang-matang tawaran bagian penutupan kartu

Dipastikan bila history penggunaan kartu kredit anda cukup baik, pihak penutupan kartu kredit akan menawarkan beberapa program supaya anda tidak menutup kartu.

Pertimbangkan baik-baik penawaran tersebut, apakah cukup menguntungkan atau anda memang sudah benar-benar berniat untuk menutup kartu kredit.

6. Tanyakan mengenai surat penutupan kartu

Bila anda tetap ingin menutup kartu, maka pastikan untuk menanyakan kapan dan kemana surat penutupan kartu kredit anda akan dikirimkan.

Bila anda memerlukan surat tersebut dalam waktu secepat mungkin maka ajukan pengiriman soft copy terlebih dahulu ke alamat email anda.

7. Konfirmasi ulang status kartu kredit setelah tiga hari kerja

Konfirmasi ulang untuk memastikan kartu kredit sudah ditutup

Pastikan anda melakukan hal ini.

Anda harus menghubungi call center kembali setelah tiga hari dan tanyakan status kartu kredit anda. Hal inilah yang paling penting, supaya dikemudian hari anda tidak kaget apabila kartu kredit anda masih aktif.


FAQ Penutupan Kartu Kredit

Bagaimana bila anda tidak bisa tersambung ke layanan penutupan kartu saat anda menutup kartu kredit? 
Jawab:
Anda akan dihubungi oleh bagian penutupan kartu kredit dalam tiga hari kerja, pastikan nomor handphone yang terdaftar di bank dalam keadaan aktif. Apabila tidak ada yang menghubungi pastikan untuk menanyakan ulang status kartu anda setelah tiga hari.

Bagaimana kalau ada tagihan di kartu kredit yang tidak saya gunakan dan saya ingin menutup kartu?
Jawab:
Pastikan untuk mengajukan proses penyanggahan transaksi terlebih dahulu. Penutupan kartu baru bisa dilakukan setelah proses penyanggahan selesai. Waktu penyanggahan transaksi bisa memakan waktu sampai 6 bulan.

Bagaimana bila kartu kredit utama ditutup, apakah kartu tambahan akan tertutup juga?
Jawab:
Iya penutupan kartu kredit utama akan secara otomatis menutup kartu tambahan tetapi tidak berlaku sebaliknya. Penutupan kartu kredit tambahan tidak akan menutup kartu utama.

Bagaimana menutup kartu kredit yang masih ada cicilan tetap?
Jawab:
Anda harus meminta percepatan pelunasan cicilan kepada call center dan dalam hal ini, anda harus bersedia dikenakan finalty percepatan cicilan.

Kenapa kartu kredit yang sudah ditutup masih aktif?
Jawab:
Hal ini bisa terjadi, ketika anda menghubungi call center dan tidak bisa tersambung ke layanan penutupan kartu. Kemudian, pada saat layanan penutupan kartu menghubungi anda untuk follow up laporan, ternyata tidak bisa tersambung. Karena itulah anda harus konfirmasi ulang setelah tiga hari membuat laporan melalui call center.

1 Komentar "7 Langkah Cara Menutup Kartu Kredit yang Benar"

Anonymous said...

lengkap ni infonya agan yang satu ini....terimakasih