Kelebihan dan Kekurangan Mengunakan Kartu Kredit

Di era sekarang ini, sepertinya sudah sangat sulit untuk lepas dari yang namanya gaya hidup. Memiliki kartu kreditpun sudah merupakan gaya hidup bagi sebagian orang. Pengunaan kartu kredit tidak hanya sebatas untuk berbelanja lagi, tetapi sebagian orang mengunakannya sebagai penunjuk status social. Tidak  mengherankan bila banyak orang mengajukan kartu kredit golongan tinggi atau kartu platinum ke atas walaupun hanya mengunakannya untuk fasilitas airport Lounge.


Gaya berbelanja yang sudah semakin beragam membuat pertumbuhan pengguna kartu kredit berkembang cukup besar di Negara-Negara maju dan Negara berkembang, Termasuk Indonesia. Karena itulah bank-bank di Indonesia berlomba-lomba untuk mempromosikan keunggulan dari kartu  kredit produk mereka.

Berbica mengenai kelebihan dan kekurangan mengunakan  kartu kredit mungkin akan berbeda-beda untuk tiap orang, tergantung dari status social, pekerjaan dan bahkan lokasi tempat tinggal. Bayangkan bila orang yang tinggal di desa yang bahkan  lokasinnya belum terjangkau oleh sinyal, maka kelebihan kartu kredit apapun yang akan dia baca, pasti tidak akan masuk akal baginya. Sama seperti anak sekolahan, bagi sebagian anak sekolahan mengunakan kartu kredit sudah bukan hal luar biasa lagi tetapi untuk sebagian lagi akan berpikir seratus kali terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk mengunakan kartu kredit.


KELEBIHAN



Memudahkan Proses Transaksi

Memudahkan proses transaksi bukan hanya untuk transaksi online saja, tetapi juga transaksi di mesin EDC langsung. Transaksi dengan Uang Cash pada perbelanjaan di toko-toko sedikit merepotkan apalagi bila harus mengunakan uang yang tidak pas atau ada kembalian. Transaksi dengan uang Cash kadang akan membuat kita kehilangan seratus atau dua ratus rupiah sementara transaksi dengan kartu kredit, Bahkan satu sen-pun akan tetap terhitung.


Kemudahan yang paling terasa adalah saat kita transaksi Online, Misalkan transaksi di Lazada. Tanpa kartu kredit, kita harus ke atm terlebih dahulu untuk transfer, setelah itu harus mengisi konfirmasi pembayaran. Padahal bila transaksi dengan kartu kredit, hanya klik satu kali saja proses transaksi sudah selesai, Tinggal menunggu produk yang dipesan.
Bahkan transaksi online masih banyak yang hanya menerima pembayaran dengan kartu kredit. Jadi sebenarnya kelebihan pertama mengunakan kartu kredit adalah kemudahan proses transaksi perbelanjaan atau pembayaran.




Fitur Cicilan

Kebanyakan orang pada akhirnya memutuskan untuk mengunakan kartu kredit adalah karena fitur cicilan dengan bunga ringan bahkan sangat banyak promo yang memberikan bunga nol persen.
Tetapi, Fitur ini juga merupakan momok kekurangan dari kartu kredit itu sendiri. Nanti akan dibahas kenapa fitur cicilan juga bisa menjadi kekurangan.


Fitur Dana Cash atau Pinjaman dana dengan proses mudah

Fitur Dana cash atau pinjaman pastinya adalah kelebihan dari kartu kredit yang tidak bisa disepelekan. Ada saat-saat tertentu dimana kondisi finansial kita sedikit terguncang. Tanpa kartu kredit kita harus meminjam dana ke teman atau saudara, masih mending kalau diberikan. Atau terkadang karena malu, peminjaman dana-pun terpaksa dilakukan kepada rentenir dengan bunga yang sangat tinggi. Dengan kartu kredit, kapanpun anda bisa meminjam dana dengan Tarik tunai langsung di atm atau menghubungi call center untuk proses transfer dana ke kartu debit anda. Saran, Bila keperluan danannya tidak terlalu mendadak, selalu lebih baik untuk transfer dana daripada Tarik tunai di mesin atm. cek alasannya di artikel ini.


Diskon dan Promo-promo menarik

Pernahkan merasa kesal, karena sebuah program diskon yang hanya diperuntungkan untuk penguna kartu kredit. Hal ini paling sering terjadi pada transaksi jual beli tiket.


Tidak perlu membawa uang cash dengan jumlah yang banyak kemana-mana

Resiko terbesar dari uang cash yang dibawa terlalu banyak adalah kehilangan. Kartu kredit juga memang sangat rentan untuk hilang, tetapi bila kartu kredit hilang kita bisa langsung memblokirnya dan uang kita akan aman. Bayangkan bila yang hilang adalah tas berisi uang milyaran rupiah, maka semua isinya kemungkinan besar akan raup.


Memudahkan Transaksi Usaha

Bila anda adalah seorang pengusaha, baik itu pengusaha kelas kakap atau pengusaha rumahan maka pengunaan kartu kredit akan sangat membantu anda dalam proses transaksi. Termasuk penerimaan dana tambahan untuk modal usaha.


Gaya Hidup atau Gaya-Gayaan

Walaupun terkesan negative. Yah tapi bagi sebagian orang mengunakan kartu kredit merupakan penentu tingkatan sosialnya. Jadi itu sah-sah saja bukan.




KEKURANGAN

Lebih Boros

Sebenarnya tengantung pribadi masing-masing. Walaupun pada kenyataannya hampir semua orang yang mengunakan fasilitas kartu kredit akan sedikit lebih boros. karena itulah, kita harus bijak untuk mempergunakan kartu kredit, Baca artikel mengenai Panduan bijak mengunakan kartu kredit.


Rentan Fraud

Fraud adalah penyalahgunaan kartu oleh pihak lain. Biasannya sering terjadi pada munculnya transaksi online yang tidak pemegang kartu lakukan. Walaupun saat ini bank-bank sudah meningkatkan keamanan kartu kredit produk mereka tetapi tetap saja fraud bisa terjadi. Sebenarnya bank-bank akan membantu anda untuk mengembalikan atau mengoreksi tagihan anda bila anda melaporkan adanya kejangalan pada rincian transaksi anda. Baca artikel mengenai penyanggahan transaksi.


Rentan Salah Pengertian Cicilan

Sebelumnya, saya menjelaskan bawah fitur cicilan adalah kelebihan dari kartu kredit. Tapi tahukah anda bawah banyak sekali pemilik kartu kredit yang berpikir kalau transaksi dengan kartu kredit sudah pasti pembayarannya dengan cicilan. Itu sangat SALAH. Perlu anda ketahui bawah transaksi dengan kartu kredit untuk menghindari bunga yang besar anda harus membayarkan tagihan secara penuh setelah tercetak. Atau bila anda mau proses transaksi dengan cicilan maka berbelanjalah ditokoo yang ada  program cicilan 0%nya. Kalaupun tidak ada program cicilan, Transaksi tetap bisa diproses menjadi cicilan tetap tetapi anda harus menghubungi bank via call center untuk proses permintaan tersebut. Yang sering terjadi adalah nasabah berpikir kalau tagihan minimum yang tertagih pada lembar tagihannya adalah cicilan tetapnya. Padahal itu hanyalah perhitungan 10% dari total tagihan dengan ketentuan bunga yang berlaku sekarang 2.95%. Untuk mengetahui bagaimana proses mengubah transaksi menjadi cicilan baca artikel berikut.



0 Response to "Kelebihan dan Kekurangan Mengunakan Kartu Kredit"