Berbagai Cara Proses Transaksi Kartu Kredit jadi Cicilan

Hampir semua kartu kredit punya fasilitas cicilan tetap. Atau transaksi dengan batasan minimal Rp.500.000 (biasanya) bisa diubah menjadi cicilan 3 hingga 12 bulan. Bagaimana cara proses dan apa saja syarat dan ketentuan cicilan tetap kartu kredi?


Keuntungan Cicilan tetap Kartu Kredit

Apa keuntungan yang anda peroleh ketika anda meminta cicilan tetap?

Pastinya dengan cicilan tetap anda akan dikenakan bunga yang lebih rendah daripada bunga minimal pembayaran yang besarnya 2.25%.

Untuk bunga cicilan tetap transaksi kartu kredit biasanya hanya sekirar 0.5% sampai 0.9% tergantung dari bank anda.

Kekurangan Cicilan tetap Kartu Kredit


Apa kekurangan dari Transaksi kartu kredit yang diubah menjadi cicilan tetap?

Kekurangnya adalah limit anda akan dibekukan dan akan bertambah sebesar cicilan perbulan yang dibayarkan saja.

Misalkan limit anda 10 juta dan anda gunakan 6 juta yang kemudian dicicil tetap selama enam bulan. Maka, sisa limit anda tinggal 4 juta,  bulan depan anda akan membayar cicilan pertama, limit anda akan kembali bertambah sebesar cicilan yang sudah anda bayar.

Jadi bila suatu waktu, anda memiliki uang dan ingin membayarkan keseluruhan utang kredit anda, itu tidak bisa terproses.

Kecuali, anda menghubungi bank anda dan meminta pemberhentian cicilan yang pastinya akan dikenakan biaya finalty. Untuk besar biaya Finalty tergantung dari peraturan bank anda.

Syarat dan Ketentuan Cicilan tetap Kartu Kredit

Hal yang harus selalu anda perhatikan adalah syarat DAN ketentuan cicilan tetap pada bank anda.
Syarat ketentuan transaksi kartu kredit menjadi cicilan tetap biasannya berbeda-beda tergantung bank anda masing-masing.

Yang berbeda pada umumnya adalah batas waktu antara konfirmasi cicilan dan tanggal cetak anda. Ada beberapa yang bank yang sangat ketat, dimana konfirmasi transaksi jadi cicilan harus dilaporkan tujuh hari sebelum tanggal cetak.

Ada yang tiga hari kerja sebelum tanggal cetak. Atau bahkan ada juga yang mau proses walaupun sudah tercetak dengan informasi bersifat pengajuan.

Nah, jadi anda harus pastikan dulu mengenai batas waktu pengajuan transaksi menjadi cicilan di bank anda.

Sebaiknya jangan transaksi cicilan terlalu dekat dengan tanggal cetak. Usahakan untuk ada batas waktu sekitar 8 hari.

Beberapa cara untuk proses transaksi Kartu Kredit menjadi cicilan.

  1. Transaksi program promo toko/Merchan dengan bank. Biasanya program ini adalah cicilan 0%. Prosesnya lebih gampang, transaksi sudah berubah otomatis  jadi cicilan di mesin EDC atau di website tempat anda transaksi, jadi tidak perlu report hubungi call center lagi.
  2. Proses transaksi menjadi  cicilan via sms. Saat ini semua bank mencoba berlomba memberikan fasilitas yang memudahkan nasabah dalam proses transaksi perbankan. Jadi! ada beberapa bank yang akan menawarkan cicilan via sms dan prosesnya anda bisa mengikuti panduan yang pasti di infokan pada ams tersebut.
  3. Proses melalui call center. Hubungi call center bank anda dan minta transakai anda dijadikan cicilan tetap.
  4. Perhatikan! Transaksi anda akan berubah menjadi cicilan bila kondisi kartu anda baik-baik saja, atau dengan kata lain; kartu tidak dalam kondisi menunggak, tidak overlimit, atau tidak terblokir setelah transakai.

Usakan untuk mencari info produk yang bisa cicilan 0% dulu. sebelum memutuskan beli produk yang tidak ada promonya.
cara mengubah transaksi menjadi cicilan
Cara mengubah transaksi menjadi cicilan tetap pada kartu kredit

0 Response to "Berbagai Cara Proses Transaksi Kartu Kredit jadi Cicilan"