Cara Melihat rincian Transaksi Kartu Kredit Mandiri sebelum tanggal cetak

Ada banyak pertanyaan yang saya terima mengenai cara melihat rincian transaksi kartu kredit bank mandiri sebelum tanggal cetak.

Kemudian untuk mendapatkan jawaban yang paling tepat untuk pertanyaan itu, saya mencoba  membuka menu internet banking mandiri saya dan berusaha untuk mendapatkan informasi dengan praktek langsung.

Tetapi setelah mencoba praktek sendiri. Saya berkesimpulan bawah proses yang paling mudah untuk mengetahui rincian transaksi kartu kredit bank mandiri sebelum tanggal cetak adalah via call center 14000.


UPDATE 2018 : Sekarang Rincian transaksi kartu kredit sudah bisa dilihat di Mandiri Online. Baca Cara Daftar dan Aktivasi Mandiri Online di sini.

Kartu kredit bank Mandiri menyediakan fitur Billing Statement dan diharapkan billing statement itu bisa menjadi alat untuk mengetahui rincian setiap transaksi yang telah nasabah lakukan.

Tetapi, sayangnya Billing statement hanya diprint satu kali sebulan terngantung dari tanggal cetak tagihan. Padahal keperluan untuk rincian transaksi terkadang muncul sebelum tanggal cetak.

Cara Melihat Transaksi Kartu Kredit Mandiri
Cara Melihat Transaksi Kartu Kredit Mandiri


Untuk melihat transaksi kartu kredit mandiri atau untuk mengetahui apa-apa saja rincian transaksi yang telah dilakukan, informasinya bisa diperoleh melalui call center.

 Anda bisa menghubungi call center bank Mandiri dan meminta mereka untuk membaca rincian transaksi yang belum tercetak. 

Untuk permintaan pengiriman rincian transaksi yang belum cetak biasanya akan ditolak . walaupun mungkin akan ada pertimbangan untuk kasus-kasus tertentu





Untuk Transaksi Online, sebenarnya rincianya atau bukti transaksinya dalam bentuk konfirmasi bisa diperoleh lewat email. Karena pada umumnya setiap transaksi online akan mendapatkan konfirmasi transaksi ke alamat email pemegang kartu. Sayangnya ini hanya untuk transaksi online saja, tetapi tidak berlaku untuk transaksi Mesin EDC.



29 Responses to "Cara Melihat rincian Transaksi Kartu Kredit Mandiri sebelum tanggal cetak"

Par Lan said...

Mudahnya pakai aplikasi kok pelit

Eko Susanto said...

Ya benar pelit...ga bisa chek detail transaksi online...knapa????
Kalau call center 14000 hub melalui HP mahal....

Roy Passenger said...

Terimakasih Telah Berkomentar, Untuk saat ini bank Mandiri masih terus mencoba mengembangkan fasilitas untuk mempermudah nasabah mengakses data financialnya. Semoga secepatnya Bank Mandiri bisa memberikan kemudahan terkait rincian transaksi sebelumm tanggal cetak.

DANIEL PUTRA said...

Salam Review/Testi KKredit Mandiri.
Saya masuk artikel agan krn lg cari informasi sesuai Judul di Atas.

Baru-baru ini saya melakukan Transaksi Online System Kredit Cicilan 0% Selama 6 Bln (Harga 3jt).
Sukses Transaksi pada Tgl 23 Januari 2017 dan hingga saat ini saya tak kunjung dapat Rincian Jatuh Tempo Angsuran Cicilannya, jadi galau sekarang.
Sudah berbagai cara ngecek tagihan Kartu Kredit Mandiri, baik via ATM & Sms Banking. Balasannya cuman "TAGIHAN BULAN INI 0.0 IDR"
Hingga sampai sekarang TGL 12 Februari 2017 tidak dapat kabar. Pingin langsung bayar cicilan PERTAMA tp gk tau berapa yg harus saya bayar.
Uugh... Maklum baru pertama kali ini transaksi pakai kartu kredit dan itupun milik kakak saya yg mulai dibuatkan pihak bank ampei udah 2 thn gak pernah terpakai. Kan sayang banget dianggurin krn Banyak PROMO 0% cicilan.
Sekarang sy Kapok nih.. takut Nama Kakakq jelek di Bank. kalau terjadi apa2 terlambat atau apa kek.
Kita niat bayar angsuran tp pihak Bank sangat belit2, apa ini yg dinamakan JEBAKAN kartu kredit biar Nasabah kena DENDA. Huff menyebalkan jadinya...

Roy Passenger said...

Salam Mas,
Kalau Mas Daniel pakai kartu kredit kakak, maka kakak Mas Daniel harus hubungi call center untuk memastikan status transaksi, apakah sudah terproses cicilannya atau belum?

Cicilan pertama akan di tagihkan setelah tanggal cetak, misalkan tanggal cetak kartu kreditnya adalah setiap tanggal 20, Maka nanti cicilan pertamanya akan ditagihkan tgl 21 dan jatuh tempo pembayarannya 20 hari dari tanggal 20 tersebut sekitar tgl 9/10 dibulan berikutnya. Karena itu Mas Daniel bisa memastikan tanggal cetak kartu kreditnya dulu.

Kalau tanggal cetaknya sudah lewat, misalkan tgl 24 januari -12 februari sekarang, coba dipastikan pengiriman tangihan kartunya kemana, apakah ke rumah, kantor atau ke email, mungkin kakak tahu.

Kalau tgl cetaknya sekitar tgl 13-22 berarti memang belum cetak dan blm harus dibayarkan.

Kalau boleh saya sarankan kakaknya mas hubungi call center 14000 atau 021 5299 7777

Ahmad Suciono said...

sya pengguna KK Mandiri..
sya mnerima konfirmasi lewat email..
penggunaan KK dngan nominal 2.006.876..
min payment 200.690
jt 14 maret 17
transaksi diatas sdh sya byarkan sejumlah 2.006.876..

kemudian stelah pembayaran sya gnakan lgi fsilitas KK..
dengan total..1.890.000
kenapa jt sma min payment blom berubah..
dan konfirmasi tagihan lewat email jg blom ada..
pdhal ini udah hmpir sebulan yg lalu trnsaksiny..
trims.

Roy Passenger said...

Selamat siang Bapak Ahmad, Informasi mengenai tagihan yang diakses melalui atm, internet banking atau mesin otomatis hanya update sekali sebulan yaitu pada tanggal cetak tagihan Bapak. Misalkan tanggal cetak Bapak tanggal 25 dan bapak sudah bayar tagihan sebelumnya tanggal 10, maka ketika bapak melakukan pengecekan taggal 11 atau sebelum tanggal 25 maka mesin masih menginformasikan tagihan yang sama, nanti baru berubah tanggal 26 karena percetakan tagihan adalah tanggal 25 malam.

my-ndulang said...

bos saya pengguna 6 kartu kredit aktif, kalau tidak mampu bayar fullpayment jangan dibayar minimum payment di karenakan tidak akan menyusut tagihan anda, sebaiknya cari rollingan kartu kredit, nilainya juga tidak sebesar denda minimum payment

Sudiy s said...

Dari pertama punya kartu kredit sampai tagihan membengkak, belum pernah saya menerima surat detail penggunaan dari bank mandiri.

Roy Passenger said...

Silahkan hubungi call center bank mandiri untuk memastikan tagihan dikirim kemana. Pertimbangkan menggunakan layanan ebilling (pengiriman tagihan ke email) karena lebih cepat dan kebetulan gratis

rosaria indah said...

misal tagihan 3.005.000,- yg saya byr lunas 3jt sblm jtuh tempo kmdian lewat 2hr dari jth tmpo sya byr yg 5000,-
apakah ttp muncul interest charge di tagihan bln berikutnya.?

Roy Passenger said...

Malam Ibu Rosaria
Bila sebagian pembayaran dilakukan setelah jatuh tempo, walaupun pada akhirnya menutupi semua tagihan pada tanggal cetak tersebut, maka sistem akan melakukan perhitungan bunga Ibu.

sheza syahansa said...

Maksud nya mempersulit nasabah mengecek tagihan sebelum tanggal cetak apa?. Kalau transaksi via kartu debet bisa di cek.. apa bedanya dengan kartu kredit. Gk sulit kan?

Roy Passenger said...

Mungkin untuk alasan keamanan Ibu, Karena data kartu kredit sangat sensitive. atau masih ada kendala untuk pengabungan applikasi, karena menarik data dari system kartu kredit ke system applikasi debit harus sangat dipertimbangkan demi keamanan kartu.

e_ right said...

mas...
selain ke bank, via apa kita bisa check tanggal cetak dan tanggal tagihan kita?

Roy Passenger said...

Pada lembar tagihan yang dikirimkan ada infonya Mas, Atau bs juga diketahui dengan menghubunggi call center kartu kredit, atau melalui mesin penjawab otomatis.
bisa juga di cek melalui atm, menu bayar/beli-kartu kredit-masukkan no cc -nanti akan muncul info tanggal cetak dan jatuh temponya----tekan cancel kalau hanya mau cek saja.

isty said...

saya pengguna kk udah 1thn.dan selama ini billing taagihan d kirim tepat watu k tmpt kerja sya.
namun udah 3 bln ini surat billing tdk datang.saya bayar kk harus cek tagihan dulu k atm.dan 2 bln kemarin tagihan aman dan memang pas dg perhitungan pemakaian saya.
tp tagihan bln ini saya cek tagihan lewat atm ternyata tagihan saya mencapai 3,7jt.sedang pemakaian saya hitung2 tdk lebih dari 1jt.
yg saya tanyakan apakah memang surat billing yg d krm k nasabah udah d tiadakan??
karna saya jd berpikir negatif sma kurir kk

Roy Passenger said...

Siang Ibu Isty Percetakan Tagihan Masih ada dan masih tetap dikirimkan seperti biasa.
saya sarankan ibu ganti pengiriman dari pos menjadi via email, kebetulan peraturan terbaru pengiriman hardcopy dikenakan biaya Rp.12500/tagihan, sedangkan via email gratis dan lebih cepat masukkanya. Hubungi 14000 untuk proses ya Bu!

Nominal yang tagihan di atm tidak akan berubah walaupun sudah dibayar, tagihan itu akan berubah setelah tanggal cetak berikutnya bu

Unknown said...

Saya pake cc buat belanja online d shopee tp pas sudah berhasil trx dari pihak toko tidak merasa saya belanja di toko mreka
Saya tnyakan ke pihak shopee mereka mnta bukti klo limit cc udh terpotong.. gimana ya itu selain nunggu kiriman surat billing..
Kalo hub ke 14000 mahal sekali

Roy Passenger said...

Sore maaf baru balas Pak/Bu
Untuk kasus ini Bapak/Ibu harus telp call center bank. Pastikan status transaksinya apakah sudah mengurangi limit atau belum. Kalau kata call center transaksinya berhasil, minta nomor kode approval transaksi. kode tersebut bisa Bapak/ibu kirimkan sebaga i bukti ke shopee.

dewi arpika said...

Saya mau nanya
Kan saya baru pakai kk mandiri jadi saya belanja online kemaren dan saya bayar lewat kk mandiri..yg mau saya tanyakan apakah pembayarannya otomatis melalui ATM mandiri apakah tidak
Dan apakah akan datang surat tagihan atau tidak??
Terima kasih

Roy Passenger said...

Siang Ibu dewi.. Kalau ibu pernah daftar direct debit(pembayaran otomatis di kantor cabang) maka bayarnya otomatis. Tapi kalau tidak pernah daftar maka harus bayar manual. Ya ibu akan menerima tagihan setiap bulan.

Unknown said...

Salam mas, saya mau tanya cara cek sisa limit kartu kredit gimana ya ? Soalnya newbie gan, makasih

Roy Passenger said...

Salam, sisa limit bisa dicek langsung melalui call center 14000.
atau lihat di lembar tagihan terakhir yang dikirim.
bisa juga di cek melalui mesin IVR- call 14000- masukkan nomor kartu- masukkan tanggal lahir, tekan 1 dan tekan 1 sekali lagi.

zahrathira said...

halo mas,
mohon pencerahannya. Saya ada transaksi dgn cc mandiri dan mengajukan cicilan pada saat pembelian. Namun saat itu karena mesin pembayaran di store hanya support untuk cc bank lain, maka saya dikenakan pembayaran secara full dahulu dengan cc mandiri saya, dan pengajuan cicilan akan diajukan oleh pihak store ke pihak bank mandiri.
Namun, terjadi sistem eror dari pihak store, sehingga proses pengajuan cicilan terlambat masuk ke pihak bank, dan sudah terlanjur ada cetak tagihan secara full kepada saya.
Setelah lewat tanggal cetak, pengajuan cicilan baru berhasil diterima oleh pihak bank mas.
Saya sudah hubungi pihak call center mandiri dan disarankan untuk bayar full terlebih dahulu untuk tagihan yang sudah dicetak terseut. Namun saya tidak bisa kalau bayar full dan ingin membayar minimum payment saja dengan resiko bunga.
Yang saya belum mengerti, jika saya membayar minimum payment untuk bulan ini, apakah di bulan depan saya akan harus membayar sisa nya + cicilan saya tersebut, atau hanya cicilannya saja? mengingat kedua nya sebenarnya merupakan transaksi dari store yang sebelumnya.
mohon dibantu ya mas, karena saya sudah berulang kali call ke call center namun belum merasa clear dengan penjelasan mereka.
terima kasih sebelumnya.

Roy Passenger said...

Halo Ibu Zahrathira
Untuk kasus seperti ini , Mohon dipastikan lagi kepada call center
-apakah disistem cicilan sudah berhasil diproses dan ditagihkan bulan depan?
-apakah sudah ada koreksi atau void dari toko-(void adalah pembatalan transaksi yang salah dari toko)
- bila sudah ada maka bulan depan ibu hanya bayar cicilan pertama saja.
- bila belum minta supaya call center buat laporan koreksi cicilan (Power Buy) atau tanyakan call center apakah ibu harus menghubungi toko untuk meminta void?

Ini cicilan 0% dari toko ya Bu. Kalau cicilan 0% atau power buy, ibu bisa meminta call center follow up dan buat laporan koreksi cicilan.

Bulan depan ibu hanya bayar cicilan pertama
Ibu juga berhak meminta penghapusan sebagian bunga yang muncul dari kesalahan proses tersebut dibulan depan.

Unknown said...

Terima kasih mas atas jawabannya..
Untuk sistem cicilan sudah berhasil terproses dan masuk di tagihan berjalan bulan depan.
Tapi saya tidak tau apakah sudah ada void dari toko. Jika tidak ada, apakah dapat dilakukan dengan membuat laporan melalui call center saja? Karena saya sudah call kebih dari 2x dan saya merasa cs nya kurang memahami permasalahan saya dan tidak ada yg menyarankan saran seperti mas.
Dan untuk pembayaran yg tertagih bulan ini, akhirnya saya melakukan pembayaran minimum (karena saya juga mempunyai transaksi lain selain di toko yg bermasalah tadi). Apakah tidak apa2 ya mas? Berati yg harus saya lakukan adalah minta koreksi cicilan?.
Apa bisa dilakukan melalui cs bank mas selain call center?
Terima kasih

Roy Passenger said...

Halo Ibu
Kalau di sistem cicilannya sudah terproses berarti sudah tidak ada masalah lagi ibu. Biasanya cicilan terproses kalau sudah di void dari toko, tapi kalau mau dipastikan lagi, apakah sudah divoid boleh hubungi call center.

Cs di cabang tdk bisa ibu, kecuali cs di RCC (kantor khsusu Kartu kredit) bisa ditanyakan alamatnya ke call center.

Unknown said...

Terima kasih byk mas atas respon dan informasinya.
Saya langsung menghubungi kembali call center setelah respon pertama mas. Dan sudah clear semuanya.
Terina kasih ya