Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Syarat dan Cara Ganti Kartu Atm BTN Yang Rusak

Ganti kartu atm BTN yang rusak atau expired bisa dilakukan di semua kantor cabang bank BTN, tidak harus di kantor cabang pembuka rekening.

Biasanya, kartu atm BTN rusak di bagian magnetic stripe atau chip, bagian hitam pada belakang kartu terkelupas. Mesin atm tidak bisa membaca kartu dan mengeluarkan kartu secara otomatis.

Saya pernah mengalami kejadian yang sama, bagian hitam di belakang kartu atm visa btn saya terkelupas. Saya coba transaksi di atm mandiri, atm bca gagal, kemudian saya coba transaksi di atm BTN dan berhasil. Tetapi, besok harinya saya coba kembali di atm BTN sudah tidak bisa dan harus diganti.

Bila kartu atmmu tidak bisa terbaca di mesin atm bank lain, coba saja dulu transaksi di atm BTN, siapa tahu bisa, seperti yang pernah saya alami.


Syarat Ganti Kartu ATM BTN

Berlaku untuk kartu visa atau GPN, syaratnya sama saja. Berikut ini yang perlu kami persiapkan sebelum ke kantor cabang:

  1. Buku Tabungan
  2. Kartu atm yang rusak (yang mau diganti bila expired)
  3. Kartu tanda penduduk (KTP)
  4. Biaya pergantian kartu Rp,15.000

Bila kartu atm hilang, kamu harus membawa surat keterangan kehilangan dari kepolisian. Bila buku tabungan hilang, kamu juga memerlukan surat keterangan kehilangan dari kepolisian dengan catatan proses pergantian harus dilakukan di kantor cabang pembuka rekening. Bila kamu berada jauh dari lokasi pembuka cabang, silahkan konfirmasi terlebih dahulu melalui call center atau langsung kunjungi kantor cabang terdekat untuk bertanya (bank punya istilah case by case).


Syarat dan Cara Ganti Kartu Atm BTN Yang Rusak


Cara ganti Atm BTN

Bila buku tabungan, kartu atm, ktp dan uang 15000 sudah lengkap, kunjungi kantor cabang bank BTN terdekat dengan membawa dokumen tersebut. 

Kamu bisa meminta bantuan security bila tidak tahu prosedur di bank bagaimana. Atau silahkan langsung mengambil nomor antri-an costumer service bila di bank sedang antri. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan, kamu pasti akan dibantu oleh security, karena security bank di Indonesia sangat ramah. 

Kamu masuk ke cabang dan bilang ke security, "Pak kartu saya rusak, saya mau ganti!" Dipastikan beliau akan langsung mengarahkan kamu.

Kamu akan bertemu langsung dengan CS. Beliau akan menanyakan beberapa data untuk verifikasi dan termasuk pengisian formulir permintaan pergantian kartu.

Waktu yang dibutuhkan relatives singkat, tergantung antri atau tidak, kalau tidak lima belas menit bisa selesai dan kamu sudah langsung bisa membawa pulang kartu atm yang baru. 

Di kantor cabang kamu akan disuruh untuk membuat pin, biasanya dibantu oleh teller, tergantung prosedur di kantor cabang yang kamu kunjungi.

Kartu atm biasanya akan langsung bisa digunakan. Tetapi bila tidak langsung bisa jangan panik, tunggulah satu atau dua jam dan coba kembali.


Visa or GPN?

Bank BTN biasanya memberikan dua kartu atm sekaligus. Jadi bila kartu ATM visa kamu rusak, kamu masih bisa menggunakan kartu GPN untuk tarik tunai. Tetapi kamu sudah tidak bisa belanja online dengan debit, karena yang bisa belanja online hanya btn visa saja, sementara GPNnya tidak bisa. Baca cara belanja online dengan kartu atm Visa BTN.

Ganti atm BTN Visa atau GPN sama saja prosesnya. Silahkan ikuti panduang di atas. 

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)