Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Buka Blokir Kartu ATM BRI yang Disable

Kartu atm disable artinya kartu tidak bisa digunakan, tidak berfungsi sebagai mana mestinya. Disable berasal dari kata dalam bahasa inggris. Menurut kamus oxford disable itu berarti membuat sesuatu menjadi tidak berfungsi atau tidak bisa digunakan.

Kenapa kartu atm menjadi berstatus disable/ tidak berfungsi? Tentu saja karena diblokir oleh pemegang kartu atau diblokir oleh bank karena permintaan pemegang kartu atau diblokir sepihak oleh Bank.

Kenapa pemegang kartu debit mengubah statusnya menjadi disable? Bank BRI memberikan kemudahan kepada nasabah untuk memblokir kartunya sendiri apabila hilang, tercecer, atau tertelan mesin. Hal ini dituliskan oleh bank BRI di website resmi mereka, (https://bri.co.id/bantuan). 

Sama hal-nya dengan pelaporan kartu hilang kepada call center atau petugas di bank. Bila mereka menerima pengaduan kartu hilang atau pengaduan penyalahgunaan kartu oleh pihak lain, maka kartu debit akan menjadi disable.

Kenapa bank mengubah status kartu debit menjadi disable tanpa permintaan pemegang kartu? Ada banyak alasannya, tapi yang paling sering terjadi adalah apabila bank mencurigai adanya penyalahgunaan kartu dan tidak bisa tersambung kepada nasabah (HTC) maka bank bisa memblokir kartu secara sepihak untuk mengamankan kartu debit tersebut. Kemungkinan kedua adalah apabila pemegang kartu telah melanggar atau melakukan sesuatu yang melanggar syarat dan ketentuan penggunaan kartu debit, bisa berupa tunggakan pembayaran kartu kredit selama berbulan-bulan, atau tunggakan lainnya.


Penyebab dan Aktivasi Kartu ATM BRI yang DIsable
source canva


Berikut ini beberapa cara membuat kartu BRI menjadi disable bila hilang:

  1. Disable kartu ATM BRI melalui layanan Internet banking pada sub menu layanan lainnya, klik disable/enable kartu.
  2. Disable kartu ATM BRI melalui mobile banking pada layanan nasabah piluh sub menu layanan lainnya dan klik disable/enable kartu.
  3. Menghubungi call center BRI di nomor 14017 (Online 24 jam)
  4. Mengunjungi Unit kerja BRI Terdekat.


Mengubah Status Debit BRI Menjadi Enable

Bagaimana cara mengaktifkan kembali kartu ATM BRI yang terblokir? 

Apabila nasabah secara mandiri mematikan fungsi kartu ATMnya dengan kondisi atm tersebut tidak hilang, maka nasabah bila mengaktifkan kembali melalui channel Internet banking bank BRI dan Mobile Banking BRI.

Contoh kasus:

Aku pergi ke kantor, setelah di kantor aku ambil dompet dan ternyata atmku tidak ada. Keningku berkerut, ATMku hilang atau tinggal di rumah yah? Pikirku. Supaya aman, aku buka Internet banking dan Disable kartu. Setelah pulang dari kantor, aku menemukan atm itu di atas meja, di kamarku, maka aku bisa mengaktifkan kembali Kartu ATM Debit tersebut melalui channel yang sama.


BEDA KASUS APABILA:

Kamu blokir kartu secara mandiri karena kartu atm tersebut hilang dan belum ditemukan, atau sudah ditemukan tetapi sepertinya sudah tidak aman karena yang menemukan orang lain. Atau Kartu yang diblokir sepihak oleh bank karena tunggakan atau masalah lainnya, maka proses aktifasinya kembali berbeda-beda tiap kasus.

Untuk kartu yang hilang, maka kamu harus mengurus atau membuat kartu atm yang baru di unit kerja BRI terdekat dengan membawa KTP, buku tabungan dan surat kehilangan dari kepolisian. 

Untuk kartu yang tertelan, silahkan kunjungi UNIT BRI terdekat dan minta bantuan CS. 

Untuk kartu yang diblokir sepihak oleh Bank, silahkan hubungi call center di nomor 14017 dan ikuti petunjuk nya, case by case.


Hal Lain yang Mungkin perlu kamu ketahui Mengenai Kartu ATM Disable

Apakah Rekening yang Kartu ATM nya terblokir bisa menerima Transfer atau melakukan Transfer? Kartu ATM Terblokir belum tentu Rekening terblokir. Bila hanya kartu atm saja yang terblokir maka rekening tetap bisa menerima transfer dan bisa melakukan transaksi atau inquiry lainnya, melalui kantor cabang atau ebanking. Tetapi bila rekening sudah terblokir makan sudah tidak berfungsi.

Apa itu skimming kartu? Tindakan menyalin data kartu debit atau kartu pembayaran lainnya, biasanya untuk disalahgunakan. Biasanya terjadi pada kartu Magnetic stripe (kartu lama yang belum chip) Karena datanya bisa terbaca.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)