Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mendapatkan Mesin EDC Gratis Dari Bank

Bila kamu memiliki toko dengan pelanggan yang cukup banyak setiap hari, mungkin sudah waktunya untuk mendapatkan mesin EDC. Caranya tidak sulit, cukup mendatangi bank dengan membawa beberapa persyaratan seperti yang akan dibahas lebih lengkap di bawah. Selain untuk mempermudah proses pembayaran menggunakan mesin EDC bisa mempermudah merchant untuk mengakses atau mendata History transaksi.

Mesin EDC

Cara mendapatkan Mesin EDC

Edc adalah singkatan dari Electronic Data Capture. Mesin EDC adalah mesin pembaca kartu pembayaran yang terhubung dengan jaringan penerbit kartu (card isssuer) untuk pemotongan dana dari akun pemegang kartu dan akan sah setelah proses settlement (penyelesaian).

Manfaat mesin EDC selain untuk mempermudah proses pembayaran juga untuk pendataan transaksi atau history transaksi pada sebuah merchant.

Cara Kerja

cara kerja mesin EDC cukup sederhana. Merchant akan menggesek (deep) Kartu. Jaringan mesin EDC (Acquirer) akan mengirimkan laporan Visa/MasterCard/Jaringan lainnya atau disebut dengan EDC NETWORK (Principal), lalu Network akan mengirimkan informasi ke penerbit kartu (Card isssuer) untuk memeriksa kelayakan data pemegang kartu termasuk kecukupan dana dan lainnya. Bila tidak ada masalah Card issuer akan melaporkan kembali ke Network dan transaksi akan terproses di PROCESSOR mesin EDC. Processor akan mengirimkan dana ke rekening Merchant. Sementara penerbit kartu akan mengirimkan tagihan atau mencatat laporan transaksi di data pemegang kartu.

BACA ALUR TRANSAKSI DI SINI!

Jenis Mesin EDC

Ada tiga jenis mesin EDC yang biasa dipakai di Indonesia, yaitu:

  • GPRS MOBILE merupakan mesin EDC yang terhubung ke jaringan dengan menggunakan sinyal GPRS ponsel. Jenis mesin EDC ini bisa dibawa kemana-mana.
  • EDC FIXED LINE merupakan mesin yang harus terhubung dengan telkom untuk tersambung ke jaringan.
  • GPRS POWER merupakan mesin edc yang tersambung melalui PLN 



Cara Mendapatkan EDC

Lebih disarankan untuk mendapatkan mesin EDC langsung dari bank atau Acquirer di Indonesia. Selain lebih aman, prosesnya juga akan lebih mudah.

Sesuai pengumuman bank indonesia, berikut ini adalah daftar 14 bank penyedia mesin edc yang telah mendapatkan izin di Indonesia:

  1. Citibank
  2. Pan Indonesia Bank
  3. Bukopin
  4. BCA
  5. CIMB Niaga
  6. MNC BAnk
  7. BII
  8. Mandiri
  9. Bank Mega
  10. BNI
  11. Permata
  12. BRI
  13. Sinarmas
  14. BTN


Harga Mesin EDC

pada umunya bank memberikan mesin EDC secara gratis (sewa) dengen ketentuan merchant membayar biaya administrasi pemeliharaan bulanan dan potongan merchant dicount rate.

Harga mesin EDC yang dijudal di pasaran bervariasi mulai dari 300 ribu hingga 3 jutaan. Mesin EDC yang biasanya beredar di indonesia yang bisa dibeli adalah ingenico.

Cara sewa

kamu tidak harus membeli mesin EDC. Kamu bisa sewa dengan harga sekitar Rp.100.000 untuk jenis fix line atau Rp.200.000 untuk jenis GPRS. Sebenarnya biaya tersebut bukanlah biaya sewa tetapi lebih sering disebut sebagai biaya administrasi bulanan pemeliharaan terminal. Selain biaya diatas merchant juga akan dikenakan potongan biasanya sebesar 2% yang disebut dengan istilah Merchant Discount Rate. Biaya bulanan administrasi akan dipotong dari rekening atas nama terdaftar. sedangkan MDR akan dipotong langsung dari hasil transaksi.

Kunjungi salah satu mesin EDC Issuer di indonesia (penyedia) Seperti bank BRI, Bank Mandiri, Bank BCA, Bank BNI, dan Bank Lainnya dengan membawa beberapa dokumen dengan membawa dokumen berikut ini:

  • Buku Rekening dari bank penyedia
  • sertifikat kepemilikan/keterangan sewa tempat usaha
  • Foto copy KTP
  • Akte perusahaan (khusus perseroan)
  • Siup/TDP atau Surat pengurusan 
  • NPWP
  • Surat kuasa (bila diperlukan)


Tips Menggunakan Mesin EDC

Menggunakan Mesin EDC

Saat ini bank Indonesia mewajibkan PIN untuk transaksi menggunakan mesin EDC. Baca lebih lengkap mengenai cara menggunakan mesin EDC.

Berikut ini cara mengatasi masalah mesin EDC:

  • NO CARRIER ATAU LINE BUSY = JARINGAN SIBUK. solusi - ulangi transaksi atau hubungi- hub telkom
  • NO LINE - EDC tidk tersambung pada kabel/ jaringan
  • READ CARD ERR -kartu tidak terbaca
  • PRINTER ERROR - KERTAS HABIS
  • SLIP TIDAK MENCETAK - KUALITAS KERTAS SLIP JELEK ATAU TERPASANG TERBALIK
  • TRX NOT SUPPORTED, SUSPECT FRAUD, BAD ACCOUNT - KARTU DITOLAK BANK ISSUER
  • MUST SETTLE FIRST - PROSES SETTLEMENT SEBELUMNYA GANTUNG - solusi selesaikan proses sebelunnya atau ulangi sampai berhasil
  • TAMPER - MESIN EDC RUSAK


Untuk mendapatkan mesin EDC silahkan kunjungi salah satu bank penyedia sesuai daftar diatas atau hubungi terlebih dahulu call center bank anda.
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)

Iklan