Post Page Advertisement [Top]

Tertarik untuk mengajukan kartu kredit? tetapi tidak tahu bagaimana caranya. Tenang! Kali ini saya akan menjelaskan dengan detail, langkah-langkah pengajuan kartu kredit mulai dari persyaratan, pengisian formulir, verifikasi dan pengiriman kartu kredit nya.



Syarat Mengajukan Kartu Kredit 

Langkah pengajuan kartu kredit yang pertama pastinya adalah mengetahui apa saja syaratnya. Syarat untuk mengajukan kartu kredit di beberapa bank tidak jauh berbeda. Hal ini terjadi karena penerbitan kartu kredit di Indonesia sudah diatur dan di Awasi oleh bank Indonesia, OJK dan AKKI.

Berikut ini adalah syarat membuat kartu kredit:

  • Berusia minimal 21 Tahun
  • Berpenghasilan tetap minimal 3 juta per bulan- Bila penghasilan dibawah 10 juta belum memiliki 2 bank Penerbit kartu kredit
  • Memiliki Saudara tidak serumah yang bersedia menjadi emergency contact dan bersedia menuliskan informasi berupa status hubungan kekeluargaan, alamat rumah dan nomor handphone saudara tidak serumah tersebut.
  • Memiliki berkas-berkas pengajuan seperti KTP dan Bukti keterangan penghasilan. Bukti keterangan penghasilan berupa slip gaji untuk karyawan, SIUP + Foto Copy Rekening koran 3 bulan terakhir untuk Wiraswasta dan Surat Ijin Praktek + + Foto Copy Rekening koran 3 bulan terakhir untuk Profesional. Memiliki NPWP untuk pengajuan limit 50 juta ke atas.
  • Memiliki Nomor Handphone
  • Memiliki Alamat email

Silahkan pilih bank Penerbit kartu kredit yang kamu inginkan. Akan jauh lebih baik bila kamu mengajukan kartu kredit di mana kamu memiliki rekening tabungan.

Kemudian, tentukan jenis kartu kredit yang ingin kamu ajukan. Sesuaikan syarat penghasilan dengan jenis kartu kredit. Misalkan, bila penghasilan mu adalah sekitar 3 juta per bulan, silahkan ajukan silver atau gold.

Pengisian Formulir

Langkah kedua mengajukan kartu kredit adalah mengisi aplikasi atau formulir pengajuan kartu kredit. Pengisian aplikasi ada dua jenis yaitu formulir aplikasi fisik dan Online.

Pengisian formulir fisik umumnya dilakukan di salah satu kantor cabang bank penerbit kartu kredit. Siapkan semua berkas pendukung aplikasi dan bawa ke kantor cabang.

Sedangkan pengisian formulir Online dilakukan pada website bank penerbit kartu kredit atau melalui website partner. Siapkan soft copy (foto) berkas dokumen untuk di upload.


Data apa saja yang di isi pada formulir pengajuan kartu kredit?

Berikut ini adalah informasi yang biasanya di isi pada formulir pengajuan kartu kredit:

  1. Jenis Kartu Kredit yang mau diajukan
  2. Untuk Gaji 3 Juta Silahkan pilih Silver atau Gold
  3. Untuk Gaji 5 Juta Silahkan pilih Gold atau Titanium
  4. Untuk Gaji10 juta Silahkan pilih Platinum
  5. Untuk Gaji 20 Juta Silahkan Pilih Signature
  6. Nomor KTP
  7. Nama lengkap
  8. Nama di Kartu
  9. Tuliskan nama yang kamu kehendaki di kartu, nama tetap harus berdasarkan nama yang ada di ID, Misalkan Roy Passenger bisa memilih menuliskan Roy R atau Roy saja.
  10. Tanggal Lahir (Dan Identitas diri lainnya)
  11. Nama Ibu Kandung
  12. Nomor handphone
  13. Alamat email
  14. Alamat Rumah domisili
  15. Nomor telephone rumah
  16. Nomor telephone rumah tidak wajib.
  17. Alamat Kantor
  18. Nomor telephone kantor
  19. Data emergency Contact berupa alamat rumah dan nomor telephone.
  20. Data Kartu Tambahan
  21. Data Bill Payment


Alamat Rumah domisili dan Alamat Kantor bisa di isi dengan data yang sama apabila bekerja dari rumah.

Data Kartu Tambahan hanya di isi apabila kamu mau mengajukan kartu tambahan untuk istri, orang tua atau anak dengan usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.

Data Bill Payment di isi apabila kamu ingin supaya tagihan Listrik, air atau jenis angsuran bulanan lainnya dibayarkan dengan kartu kredit tersebut.


Contoh Pengisian Formulir Fisik kartu Kredit Bank Mandiri


Berikut ini adalah contoh gambar formulir pengajuan kartu kredit bank mandiri dan cara mengisi-nya.

form aplikasi kartu kredit bank mandiri



Untuk Pengisian data pribadi sepertinya tidak akan kesulitan karena semuanya cukup jelas. Termasuk untuk pengisian alamat rumah atau alamat tempat tinggal sekarang (tidak harus sesuai dengan alamat ktp)


formuler aplikasi kartu kredit bank mandiri


Untuk wiraswasta yang tidak memiliki DIVISI, Departemen, Jabatan, Silahkan dikosongkan. Tanda bintang untuk keterangan wajib di sisi adalah untuk pegawai atau karyawan.

Kosongkan juga status kepegawaian khusus untuk wirasawasta.

Berikan tanda checklist ke rumah bila kamu ingin menggunakan alamat rumah sebagai alamat surat menyurat atau sebaliknya.

Pilih ebilling bila kamu ingin tagihan dikirim ke email. Pengiriman tagihan ke alamat surat menyurat akan dikenakan biaya.

Formulir kartu kredit bank mandiri yang lebih lengkap bisa kamu download di sini!

Formulir fisik dan formulir Online tidak terlalu jauh berbeda. Bedanya,, bila kamu mengisi formulir online, biasanya kamu akan diminta untuk upload berkas-berkas pengajuan seperti ktp dan surat keterangan penghasilan.



Verifikasi Data saat mengajukan kartu kredit


Langkah selanjutnya untuk mengajukan kartu kredit adalah Verifikasi. Verifikasi biasanya akan dilakukan setelah formulir diterima di kantor pusat. Atau sekitar 2 hingga 5 hari setelah kamu mengisi formulir di cabang atau via website bank penerbit.

Pengajuan kartu Kredit tidak memerlukan survey. Tetapi, bank akan menghubungi semua informasi kontak yang kamu tuliskan di formulir. Misalkan, nomor handphone, nomor telephone rumah, kantor dan nomor saudara yang tidak serumah.

Usahakan supaya pihak bank paling tidak bisa tersambung dengan kamu melalui handphone dan tersambung dengan nomor saudara yang tidak serumah.

Verifikasi pengajuan kartu kredit itu bertujuan untuk memastikan bahwa data yang di isi pada formulir sudah benar atau valid. Jadi, pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pihak bank tidak akan jauh dari data-data yang sudah kamu isi di formulir.

Sebaiknya samakan data yang di isi dengan yang dijawab saat verifikasi, misalkan besar penghasilan dan data lainnya.

Status Pengajuan Kartu Kredit

Tahapan selanjutnya adalah menunggu notifikasi status pengajuan kartu kredit. Biasanya proses pengajuan kartu kredit memerlukan waktu maksimal 14 hari kerja terhitung saat formulir sampai di kantor pusat.

Status pengajuan kartu kredit umumnya dikirimkan melalui sms. SMS pertama adalah pemberitahuan bahwa pengajuan kartu kredit sudah disetujui.

Sms berikutnya adalah pemberitahuan bahwa kartu kredit sudah dalam proses pengiriman

SMS Berikutnya adalah pemberitahuan bahwa kartu kredit sudah diterima dan informasi permintaan aktivasi.

Umumnya bank tidak akan menginformasikan apapun apabila status pengajuan kartu kredit ditolak. Bank tidak akan mengirimkan sms atau informasi mengenai kenapa aplikasi kartu kredit ditolak.

Bila sampai 14 hari, kamu belum menerima informasi apapun dari bank, silahkan hubungi call center kartu kredit bank pilihan mu untuk menanyakan kepastian status pengajuan kartu kredit.

Kesimpulan


Langkah pertama untuk mengajukan kartu kredit adalah mengetahui syarat dan ketentuan. Kemudian, silahkan pilih bank penerbit kartu kredit yang kamu inginkan.

Langkah berikutnya adalah pengisian formulir aplikasi yang bisa dilakukan di kantor cabang atau Online melalui website dan ebanking bank penerbit yang kamu pilih.

Berikutnya adalah menunggu verifikasi, dimana bank akan menghubungi semua kontak yang kamu tuliskan di formulir.

Lama pengajuan kartu kredit adalah sekitar 14 hari kerja setelah formulir diterima dengan lengkap di kantor pusat.

Status pengajuan kartu kredit dan pengiriman kartu kredit akan dikonfirmasi menggunakan sms.

Demikian cara mengajukan kartu kredit, mudah bukan? Tuliskan komentar kamu di bawah ini! Apabila postingan ini cukup bermanfaat, silahkan dibagikan kepada temen-temanmu melalui social media facebook atau twitter.

12 Jenis Kartu Kredit Bank Mandiri

Bottom Ad [Post Page]

| Designed by Colorlib