Review Kartu Kredit Mandiri Visa Gold

Tahun 2019 ini, Kartu kredit mandiri Visa Gold sudah menjadi kartu paling dasar karena visa silver sudah diberhentikan penerbitan-nya. Iuran tahunan, limit dan hal-hal lainnya pun telah disesuaikan. Iuran tahunan visa silver dan visa gold disamakan menjadi Rp.342.000 per-tahun. Sementara range limit kedua jenis kartu kredit mandiri ini adalah mulai dari 2 juta hingga 300 juta.

Gambar Kartu Kredit Mandiri Visa Gold


Apakah Iuran kartu kredit mandiri gold ini termasuk murah atau mahal? Apalagi bila ternyata kamu hanyalah pemegang kartu kredit Visa silver dengan limit 3 hingga 5 jutaan. Menurutku iuran tahunan ini sangat mahal untuk pemegang visa silver dan cukup mahal untuk kategori gold dengan limit dibawah 10 juta. Tetapi, Walaupun iuran tahunan kartu kredit di bank mandiri mahal, beberapa jenis biaya lain malah jauh lebih murah atau bahkan gratis.

Baca Kartu Kredit Mandiri Visa Platinum!

Cocok untuk siapa kartu ini?


Kartu kredit ini adalah jenis kartu kredit regular dan cocok untuk semua kalangan. Walaupun kartu kredit ini sepertinya tidak punya program benefit khusus, misalkan cashback tetap untuk transaksi pada kategori merchant tertentu, (Kecuali program musiman) tetapi kartu kredit ini cukup populer di Indonesia. Mungkin karena ketentuan cicilan tetap di bank mandiri yang sangat bersahabat. Biasanya kamu bisa merubah transaksi merchant travel menjadi cicilan 0% untuk 3 dan 6 bulan. Kemudian minimum transaksi yang bisa dicicil mulai dari Rp.500.000 dengan bunga yang selalu bersaing dengan penerbit kartu kredit lainnya di Indonesia.

Kesimpulannya bila penghasilan-mu adalah 3 juta sampai 5 jutaan per-bulan dan kamu menginginkan kartu kredit yang program cicilan-nya bagus, kartu kredit ini bisa diperhitungkan. Atau bila kamu tidak terlalu peduli dengan fiestapoin, saya lebih menyarankan untuk mengajukan mandiri hypermart dibandingkan dengan mandiri visa gold. Kelebihan kartu kredit ini dibandingkan dengan mandiri hypermart adalah fiestapoin-nya saja, sementara kelebihan hypermart dibandingkan dengan visa gold adalah program harga special atau diskon khusus ketika digunakan di hypermart.

Point Reward dan Lounge


Di bank mandiri, reward Point kartu kredit digabungkan dengan reward point dari tabungan dan dinamai dengan mandiri Fiestapoin. Setiap perbelanjaan Rp.20.000 yang kamu bayarkan dengan mandiri kartu kredit visa gold akan mendapatkan 1 mandiri fiestapoin.

Fiestapoin yang kamu kumpulkan selanjutnya bisa ditukar langsung di website fiestapoin bank mandiri (fiestapoin.mandiri.co.id) dengan berbagai hadiah atau merchandising menarik. Kamu juga bisa menukar mandiri fiestapoin dengan iuran tahunan. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan mandiri fiestapoin untuk berbelanja di beberapa merchant yang kerja sama. Informasinya bisa kamu lihat pada website fiestpoin tersebut.

Kartu Kredit Mandiri visa Gold tidak memiliki akses free ke airport Lounge mana-pun. Dan Fiestapoin yang kamu hasilkan belum bisa ditukar menjadi Garuda miles.

Kesimpulan

Kartu kredit ini selalu kaya akan promo di berbagai merchant online atau merchant fisik. Punya program cicilan yang bagus. Tetapi iuran tahunan dan biaya over-limit, biaya tarik tunai cukup mahal. Selain ketiga biaya tersebut, biaya kartu kredit di bank mandiri jauh lebih murah. Bahkan banyak jenis biaya yang gratis di bank mandiri tetapi di bank lain tidak gratis, misalkan biaya ganti pin, biaya ubah cicilan bunga non-0%, biaya naik limit, semuanya gratis di bank mandiri.