Ketentuan Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri

Tarik tunai kartu kredit Mandiri bisa dilakukan di mesin atm bank Mandiri, atm link atau atm lainnya yang support Visa atau masterCard sesuai logo kartu kredit yang kamu gunakan.

Kamu juga bisa tarik tunai di kantor cabang bank Mandiri, melalui layanan teller.

Hanya Maksimal 40% dari total limit kartu kredit yang bisa ditarik. Baca cara cek limit kartu kredit mandiri!

Biaya tarik tunai adalah 6% dari nominal dana yang ditarik dan minimal Rp100.000 pertransaksi.
Kamu bisa melakukan penarikan tunai beberapa kali dalam satu hari, tergantung sisa limit kartu kreditmu.

Transaksi penarikan tunai menggunakan kartu kredit tidak bisa dijadikan cicilan tetap. Transaksi ini akan digabung dengan jenis transaksi retail atau pembayaran bill lainnya. Dan kamu bisa membayarkan minimal 10% dari total tagihan tersebut.

Note- Cash Advance Kartu Kredit adalah transaksi penarikan tunai menggunakan kartu kredit di mesin atm atau di kantor cabang.

Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri



Bagaimana Cara tarik Tunai Pakai Kartu Kredit Mandiri?


Pilih channel yang akan kamu gunakan. Bila kamu tarik tunai di mesin ATM, prosesnya sangat mudah.
Ikuti langkah-langkah tarik tunai kartu kredit bank mandiri di mesin ATM berikut ini:

  • Masukkan kartu kredit mandiri kamu

  • Posisi memasukkan kartu kredit ke ATM sama saja seperti kartu ATM. Pastikan digit awal nomor kartu dimasukkan terlebih dahulu.

  • Pilih Bahasa

  • Masukkan 6 Digit PIN Kartu Kreditmu

  • Pilih Penarikan Tunai

  • Masukkan Nominal penarikan Tunai dan tekan benar

  • Penarikan tunai sudah selesai dan silahkan ambil kembali kartu kreditmu.

Bila kamu melakukan tarik tunai di kantor cabang, silahkan mengambil nomor antrian teller dan kamu akan dibantu oleh staff bank mandiri yang bertugas di sana.


Bagaimana Cara Cek Sisa Limit Tarik Tunai Kartu Kredit Mandiri?


Kamu bisa melihat berapa sisa limit tarik tunai kartu kredit mandirimu di lembar tagihan. Tetapi, informasi itu terkadang sudah tidak valid.

Bisa saja sisa limit sudah berkurang karena kamu sudah melakukan transaksi setelah tanggal cetak. Informasi sisa limit yang tertulis pada tagihan kartu kredit bank Mandiri juga tidak dihitung berdasarkan ketersediaan limit setelah digunakan untuk belanja.

Misalkan limit kartu kredit bank Mandiri kamu adalah 10 juta dan sudah digunakan 8 juta. Informasi sisa limit tarik tunai yang tertulis pada lembar tagihan adalah 4 juta. Dan informasi tersebut sudah tidak valid.

Artinya bila jumlah tagihan sudah lebih dari 60% dari total limit, maka sisa limit tarik tunai mengikuti informasi sisa limit transaksi retail.

Contoh

  • Total Limit 10 juta

  • Tagihan 8 juta

  • Sisa Limit 2 juta

  • Sisa Limit tarik tunai 4 juta

  • Berapa sisa limit tarik tunai yang valid?

Karena tagihan sudah lebih dari 60% maka sisa limit tarik tunai mengikuti informasi sisa limit yang 2 juta. Pada lembar tagihan kartu kredit bank mandiri ada dua informasi mengenai sisa limit. Yang valid adalah sisa limit dengan nominal yang paling kecil.

Contoh:

  • Pada kolom atas tertulis sisa limit 5 juta

  • Pada kolom bawah tertulis sisa limit 2 juta

  • Maka sisa limit yang sebenarnya adalah 2 juta.

Informasi sisa limit pada kolom atas adalah sisa limit khusus untuk kartu dengan nomor yang tertulis pada tagihan tanpa mengurangi penggunaan di kartu kredit lain.


Bagaimana menghitung biaya Tarik Tunai Kartu Kredit mandiri?


Persentase biaya tarik tunai kartu kredit mandiri adalah 6% dari nominal dana dan minimal biaya Rp100.000.

Artinya, bila kamu hanya melakukan penarikan tunai Rp50.000 dengan kartu kredit mandiri, dimana 6% dari 50.000 adalah Rp3.000 - Biaya tarik tunai-nya tetap Rp100.000.

Contoh

  • Nominal Tarik Tunai Rp10.000.000

  • Berapa biaya-nya?

  • 6% x 10.000.000 = Rp600.000


Bunga Tarik Tunai


Persentase Suku bunga tarik tunai kartu kredit adalah 2.245% atau sama dengan bunga transaksi retail biasa.

Meskipun menggunakan suku bunga yang sama, perhitungan bunga tarik tunai dan bunga transaksi retail selalu dipisahkan dan informasinya juga ditulis terpisah.

Bank Indonesia mengatur tentang ketentuan bunga penarikan tunai kartu kredit. Bunga tersebut dihitung saat transaksi terposting di bank. Apabila kamu melakukan penarikan tunai di mesin ATM bank Mandiri dan terposting hari itu juga, maka bunga akan langsung berjalan.

Bunga tarik tunai tetap akan ditagih meskipun kamu membayar tagihan penuh.


Alternative Tarik Tunai Kartu Kredit

Silahkan menghubungi call center bank mandiri di nomor 14000 untuk meminta transfer dana. Bank Mandiri menyebut fasilitas kartu kredit ini dengan istilah Power Cash.

Hanya 50% dari sisa limit yang bisa ditransfer ke rekening yang kamu miliki di bank mandiri.
Berbeda dengan tarik tunai di mesin ATM, transfer dana bisa dijadikan cicilan tetap dengan bunga yang jauh lebih ringan. Hanya saja, program transfer dana ini memerlukan waktu proses 1 atau 2 hari.

Kesimpulan


Jangan terlalu sering melakukan tarik tunai menggunakan kartu kredit, karena biayanya cukup besar.
Pertimbangkan matang-matang berapa dana urgent yang kamu butuhkan, jangan melakukan tarik tunai kartu kredit 2 atau 3 kali dalam waktu yang berdekatan. Karena biaya nya dihitung per transaksi.

Pertimbangkan untuk meminta power cash (transfer dana) dibanding melakukan tarik tunai.

Itu dia informasi seputar tarik tunai kartu kredit mandiri, silahkan tuliskan komentar kamu di bawah ini. Apabila postingan ini cukup bermanfaat, silahkan bagikan melalui facebook atau twittermu