Cara Dan Syarat Buka Rekening Tabungan Online

Buka rekening tabungan online dari rumah atau kantor sekarang sudah bisa dilakukan oleh siapapun. Seiring dengan kemajuan teknologi, dunia perbankan tidak mau ketinggalan. Inovasi terbaru selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi perusahaan-perusahaan pengelola uang tersebut. Mereka-pun kerap berlomba untuk memberikan layanan perbankan elektronik terbaik untuk nasabah-nasabah-nya.

Saat ini, hampir semua bank memiliki aplikasi mobile banking. Aplikasi yang lebih canggih daripada sms banking atau internet banking. Aplikasi yang memungkinkan nasabah untuk mengakses lebih dari 90% aktivitas perbankan yang dulunya harus dilakukan di kantor cabang atau mesin atm. Transaksi non-finansial seperti pengecekan saldo, mutasi, point reward dan lainnya bisa dengan mudah dilakukan di aplikasi mobile banking. Demikian juga dengan transaksi finansial seperti transfer, pembelian, pembayaran dan top up, sudah bisa dilakukan secara online. Bagaimana dengan pembukaan rekening tabungan? Apakah bank sudah bisa memberikan pelayanan ini tanpa harus ke kentor cabang?

Buka rekening tabungan online sebenarnya bukanlah hal yang baru lagi. Dalam beberapa tahun terakhir, beberapa bank sudah memiliki e channel dimana nasabah bisa membuka rekening secara online. Tapi sayangnya, sampai saat ini pembukaan rekening melalui layanan e channel masih sebatas semi online kecuali tabungan Digibank by DBS . Artinya, bank belum bersedia untuk mengirimkan kartu atm dan buku tabungan ke alamat nasabah. Setelah nasabah melakukan pendaftaran online, nasabah tersebut  harus mengunjungi kantor cabang terdekat dengan memberikan nomor referensi pendaftaran yang sudah dilakukan online. Berikut ini 'Kartu Pembayaran' merangkum regulasi pembukaan rekening tabungan secara online di beberapa bank.

Tabungan Digibank by DBS sudah bisa dibuka online tanpa harus ke kantor cabang. Kartu debit-nya akan dikirimkan ke alamat nasabah. Tetapi, nasabah tetap akan bertemu dengan agent bank DBS untuk melakukan verifikasi biometrik.

Pembukaan Rekening Tabungan Online BRI


Kartu atm BRI


Bank BRI memiliki e channel khusus untuk buka rekening tabungan online. E channel yang digunakan oleh bank bri dinamai dengan e form bri. Pembukaan rekening melalui e form BRI masih semi online. Calon nasabah yang telah mendaftar wajib mendatangi kantor cabang terdekat untuk menyerahkan kartu identitas dan uang setoran. Kemudian, Customer service di kantor cabang bri akan melakukan verifikasi data dan kemudian menyerahkan buku tabungan beserta kartu atm debit untuk nasabah baru tersebut.

Walaupun masih semi Online, kehadiran e channel bri ini setidaknya telah membantu nasabah untuk membuka rekening tabungan dengan cara yang lebih mudah. Dengan cara ini, nasabah tidak harus berlama-lama lagi di kantor cabang. Karena pendaftaran data sudah dilakukan secara online.

Berikut ini adalah cara buku rekening tabungan BRI secara Online:


  • Buka e form BRI

  • Akan muncul syarat dan ketentuan. Baca dan pahami syarat tersebut. Beri tanda checklist untuk menyetujui persyaratan dan klik 'Buka Rekening' atau registrasi!

  • Pada Halaman berikutnya, Calon nasabah harus mengisi beberapa data yang terdiri atas 5 kategori data yaitu data Pribadi, Alamat, Data pekerjaan, Data Keuangan dan pembukaan rekening baru.

  • Setelah nasabah melengkapi semua data tersebut, nasabah harus mencetak tanda pendaftaran dan membawanya ke kantor cabang BRI Terdekat. Nasabah juga membawa KTP asli, Foto Copy KTP, NPWP dan Uang setoran awal sesuai dengan jenis rekening yang dibuka oleh nasabah baru tersebut.

  • Setelah menyerahkan Semua persyaratan, Nasabah tinggal menerima buku dan kartu atm bri.

Pembukaan Rekening Tabungan BCA Online

Buka rekening tabungan online melalui E Channel Bank BCA, yang digunakan untuk menerima pendaftaran rekening tabungan yang baru secara online adalah e from klikbca. Melalui e channel tersebut masyarakat bisa memilih dan membuka rekening tabungan BCA sesuai selera mereka. Terdapat beberapa jenis rekening tabungan di bank BCA yang bisa dibuka online seperti tahapan BCA, Tahapan Expresi, Tapres dan BCA Dolar. Pada halaman site tersebut, bank BCA juga langsung memberikan ringkasan mengenai produk-produk tabungan mereka. Termasuk mengenai besar biaya masing-masing produk tabungan tersebut. Hal tersebut dipastikan akan membantu Calon nasabah untuk memilih tabungan yang sesuai, mengingat bank BCA ini memiliki banyak produk tabungan dengan segmentasi yang berbeda-beda.

Bila kamu belum tahu mau buka tabungan apa di bank BCA, tabungan yang paling populer di bank BCA adalah Tahapan BCA dengan fasilitas kartu atm debit yang bisa digunakan di mesin atm dan untuk berbelanja di berbagai merchant. Akses ebanking seperti sms, klikbca dan BCA mobile lengkap.


Sekarang buka tabungan BCA via BCA Mobile sudah bisa dilakukan tanpa harus mengunjungi kantor cabang. Apabila nasabah menginginkan kartu atm, maka nasabah bisa mengambilnya ke kantor cabang. Bila Nasabah tidak menginginkan kartu atm, maka nasabah tidak perlu ke kantor cabang.

BACA  7 LANGKAH BUKA TABUNGAN BCA TANPA KE KANTOR CABANG!

Khusus kasus beda domisili ktp" style="soft"]Bila kantor cabang yang kamu kunjungi beda alamat domisili dengan yang tertulis di ktp. Kamu harus membuat surat keterangan domisili di kantor kelurahan atau minta surat keterangan domisili kerja dari perusahaan. Berlaku untuk semua bank.

Berikut ini langkah-langkah Buka Tabungan BCA Online:


  • Masuk ke klikbca/openapplication

  • Lihat pilihan menu pada bagian kiri

  • Pilih Tahapan atau sesuai jenis tabungan yang kamu  inginkan

  • Baca ringkasan produk dan syarat ketentuannya dan klik setuju

  • Lengkapi data-data yag diminta, klik lanjutkan dan ikuti sampai selesai

  • Catat nomor referensi yang diberikan, bawa nomor referensi tersebut ke kantor cabang beserta berkas lainnya seperti ktp, npwp dan uang setoran awal-nya.

  • Terima buku tabungan dan kartu paspor bca di kantor cabang.



Tabungan Digibank by DBS




Berbeda dengan bank BRI dan BCA, Pemilik rekening tabungan Digibank bank DBS tidak harus mengunjungi kantor cabang. Buka rekening tabungan digibank Online melalui aplikasi digibank yang bisa di-install di smartphone melalui google play store atau apple strore. Semua proses dilakukan secara online kecuali proses verifikasi biometrik yang umumnya dilakukan di coffee shop. Jadi, pada aplikasi atau website dbs akan diberikan beberapa daftar alamat coffee shop yang bisa dipilih nasabah sebagai tempat untuk melakukan verifikasi biometrik (sidik jari).

Buka rekening tabungan online Digibank by DBS. Menurut saya, tabungan ini adalah bentuk tabungan yang sudah disesuaikan dengan teknologi saat ini. Ada beberapa kelebihan tabungan digibank, seperti kemudahan layanan transfer ke sesama dan antar bank langsung melalui aplikasi tanpa biaya transfer. Fasilitas penarikan tunai tanpa biaya di atm berlogo Alto dan Bersama. Tabungan ini tidak memiliki buku tabungan tetapi menggunakan aplikasi sebagai penganti buku tabungan yang sah. Memiliki kartu atm dan tetap mendapatkan bunga.

Berikut ini adalah syarat dan Cara untuk buka rekening tabungan online Digibank by DBS secara Online:


  • Berusia minimal 18 Tahun, Punya eKTP dan NPWP, Berdomisili di Jabodetabek,

  • Download aplikasi Digibank by DBS di smartphone

  • Masukkan data pribadi yang diminta dan lakukan authentication kode OTP

  • Membuat Username dan password

  • Jawab pertanyaan mengenai data finansial

  • Setujui syarat dan ketentuannya

  • Verifikasi Biometrik di tempat yang sudah ditentukan

  • Nasabah membuat kartu debit yang akan dikirimkan ke alamat nasabah

  • Melakukan Authentication kode OTP

  • Soft Token Authentication

Kalau di baca begini memang terlihat agak ribet tapi kalau sudah dipraktekkan pasti bisa di-ikuti caranya.

Cara buka Rekening Tabungan  Bank Sinarmas Online

Logo Bank Sinarmas



Kalau saya tidak salah, beberapa bulan yang lalu membuka rekening tabungan online di bank sinarmas sudah bisa 100% online. Dimana kartu dan buku tabungan akan dikirimkan. Tetapi saya coba cek lagi, prosedurnya sudah berbeda. Sekarang buka tabungan melalui website bank Sinarmas sudah semi Online, dimana nasabah tetap harus berkunjung ke kantor cabang bank Sinarmas terdekat untuk mengambil buku tabungan dan kartu atm-nya.

Modal untuk buka rekening tabungan online bank sinarmas online hanya Rp56.000 sudah termasuk setoran awal dan 6000 adalah biaya materai-nya. Syarat untuk membuka tabungan di bank Sinarmas cukup mudah, kamu harus berusia 17 tahun dan punya KTP. Untuk yang tidak punya NPWP bisa membuat surat pernyataan tidak memiliki NPWP. Jadi buka tabungan di bank Sinarmas tidak harus punya NPWP.

Cara buka rekening tabungan online sinarmas online


  • Buka e-form Tabungan Online Sinarmas dan lengkapi datanya

  • Transfer uang setoran awal melalui nomor rekening virtual yang akan di-informasikan setelah pengisian formulir online.

  • Bank sinarmas akan melakukan verifikasi data

  • Ambil buka tabungan dan kartu atm di cabang Sinarmas terdekat.

Buka Rekening Bank Permata Online


Tidak jauh berbeda dari bank-bank lainnya, buka rekening tabungan online di bank permata juga mengharuskan kamu untuk mengunjungi kantor cabang. Cara pembukaannya juga sama, kamu masuk ke e form aplikasi online tabungan bank permata dan lengkapi data yang diminta.

Setelah itu, kunjungi kantor cabang bank Permata untuk mendapatkan buku tabungan dan kartu atm-nya. Jangan lupa untuk membawa ktp, npwp dan uang setoran awal sesuai jenis tabungan yang kamu pilih- misalkan permata bintang setoran awalnya Rp.50.000.


Cara Buka Rekening Tabungan Online secara umum

Cara Buka rekening tabungan online


  1. Pilih bank dan produk tabungan
    Pertama tentukan bank dan produk tabungan apa yang sesuai dengan keinginan-mu. Hati-hati dalam memilih tabungan, tidak semua tabungan memilih fasilitas kartu atm visa dan mastercard. Bila kamu ingin bebas transaksi di atm dan di toko, pilihlah jenis tabungan yang punya fasilitas kartu atm debit dari visa atau mastercard.

  2. Masuk ke e form Online
    Tiap-tiap bank memiliki e form aplikasi tabungan online mereka. Lihat pada tabel di bawah!

  3. Lengkapi data dan dapatkan nomor referensi
    Setelah kamu melengkapi data, jangan lupa untuk mencatat nomor referensi pendaftaran online tabungan tersebut. karena kamu memerlukannya saat di kantor cabang.

  4. Siapkan berkas dan kunjungi cabang terdekat
    Siapkan berkas-berkas yang diperlukan seperti nomor referesnsi pendaftaran online, e-ktp, npwp, surat keterangan domisili apabila beda domisili ktp dan uang setoran. Setelah itu kunjungi cabang untuk mengambil buku tabungan dan kartu atm-nya.

Tabel E form buka rekening tabungan online dan persyaratan

Nama BankE form tabungan OnlineSyarat
BRI
Britama
(eform.bri*co*id
/home
/detail/britama)
Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
250 ribu (classic)
500 (gold)
BCA
Tahapan
(klikbca*com
/OnlineApplication
/Openaccount
/tahapan*html)
Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
500 ribu
BNI
taplus
(eform.bni*co*id
/BNI_eForm
/bukasimpanan)
Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
500 ribu -
Luar jabodetabek
250 ribu.
Mandiri
Tabungan Rupiah
(eform.bankmandiri*co*id/)Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
500 ribu -
Bukopin
Tabungan Populer
Siaga Bukopin
(bukopin*co*id
/produk-dana
/pembukaan-rekening-online)
Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
200 ribu -
Danamon
Tabungan Populer
Danamon lebih
danamon*co*id/id
/thank-you-page
/eform-ebanking
Minimal 17 Tahun.
Punya ktp, npwp.
Uang setoran awal
200 ribu -


  • ganti * dengan (dot)