6 Cara Transfer Uang Tanpa Rekening Paling Mudah dan Murah

Banyak cara transfer uang tanpa harus punya rekening tabungan atau kartu atm. Atau kamu punya tabungan rekening tapi tidak punya saldo yang mencukupi, kamu hanya memiliki uang cash. Apa saja pilihan transfer uang ke rekening bank Mandiri, BCA, BRI, BNI atau bank lainnya untuk non-nasabah? Bagaimana dengan ketentuan limit dan biaya transfernya? Apa pilihan yang paling cepat dan murah untuk transfer uang tanpa memiliki rekening tabungan?

Saya pernah bertanya kepada kasir indomaret, "Mbak bisa transfer uang ke BCA nga dari kasir?" Jawabnya , "Tidak bisa Mas." Jadi, saya mengambil kesimpulan kalau di kasir indomaret itu hanya bisa untuk pembayaran berbagai macam jenis tagihan dan kirim uang,  tetapi kita tidak bisa transfer uang melalui indomaret ke rekening teman atau saudara kita.

Maksud kirim uang lewat indomaret adalah pengiriman dari counter ke counter. Misalkan kamu kirim dari medan ke jakarta. Nanti penerima uang tersebut harus mengambil uangnya ke counter indomaret dengan menyerahkan KTP dan Nomor PIN. Jadi jangan berharap bisa transfer uang kos ke rekening ibu kos via indomaret atau alfamart. Hal yang sama juga berlaku di Alfamart, kamu tidak bisa transfer uang dari alfamart ke rekening bank, tetapi bisa kirim uang dari alfamart medan ke alfamart jakarta, misalkan.

kalau dari Indomaret dan Alfamart tidak bisa transfer uang antar bank, terus bisanya dari  mana saja yah. Nah, itu dia yang akan saya bahas di sini. Berikut ini adalah cara-cara transfer uang ke rekening bank lain yang paling mudah dan murah.

1. Agen BriLink

Logo agen brilink

Bulan Januari Kemarin, saya transfer uang dari agent Brilink ke BCA sebesar Rp.800.000 biayanya Rp.20.000. Lumayan murah bila dibandingkan dengan biaya transfer dari weselpos atau RTGS kantor cabang. Apalagi, bila kamu mau transfer ke rekening BRI juga, maka biayanya pasti lebih murah.

Kenapa saya menyarankan Agen BriLink sebagai pilihan pertama, karena Agen BriLink sudah menyebar kemana-mana. Jadi kamu bisa dengan mudah menemukan lokasi agen BriLink di daerah domisilimu. Cara transfer uang dari agen BriLink adalah datang dan berikan nomor rekening dan uangnya ke penjaga counter dan akan langsung ditransfer. Maksud saya tidak ada syarat atau hal-hal lain yang harus kamu lakukan. Cukup berikan uang dan nomor rekening tujuannya saja.

2. Kantor Pos

Logo weselpos instan

Ternyata kita bisa transfer uang ke rekening bank melalui kantor pos lho. Namanya WeselPos Transfer Tunai. Kamu bisa transfer uang ke bank BRI, Mandiri, BCA, BNI dan bank-bank lainnya melalui kantor Pos. Biaya transfer uang dari Kantor Pos ternyata jauh lebih murah dibandingkan cara lainnya. Kamu akan ditagihkan biaya sekitar Rp. 20.000 untuk transfer di bawah satu juta sampai Rp.50.000 untuk transfer nominal hingga 25 juta.

Selain transfer uang ke rekening, kamu juga bisa mengirimkan uang langsung ke alamat rumah sipenerima melalui kantor POS. Bahkan, melalui kantor pos, kamu bisa transfer uang ke luar negeri dengan biaya yang terbilang jauh lebih murah dibandingkan dengan agen pengiriman uang lainnya.

Cara dan syarat transfer uang dari kantor pos ke rekening bank tidaklah sulit. Cukup kunjungi kantor pos dengan membawa uang dan nomor rekening tujuan. Bila kamu mau transfer ke alamat rumah sipenerima, maka kamu harus membawa ktp dan data alamat lengkapmu dan alamat lengkap sipenerima beserta informasi kontak.


3. Kantor Cabang BCA

Kenapa saya mendahulukan kantor cabang bca dibandingkan dengan kantor cabang bank lain. Alasannya karena biayanya lebih murah. Biaya transfer uang dari teller kantor cabang bca untuk non-nasabah adalah Rp.5000 untuk Kliring dan Rp.35.000 untuk RTGS. Transfer kliring itu memerlukan waktu hingga beberapa hari kerja baru uang akan masuk ke rekening tujuan, sementara transfer RTGS uang akan masuk paling lama 1 x 24 jam dan bisa jauh lebih cepat.

Cara dan syarat transfer uang dari Kantor cabang bank BCA untuk Non-nasabah. Minimal transfer uang adalah Rp.10.000 dan maksimalnya adalah tergantung ketersediaan dana nasabah. Kamu tidak perlu melakukan apa-apa, cukup datangi kantor cabang bank BCA dengan membawa uang dan biaya transfernya.


4. Kantor Cabang Bank BUMN: BRI, Mandiri, BNI, BTN

Kamu juga bisa transfer uang dari teller bank BRI, Mandiri, BNI atau BTN ke bank lain walaupun kamu tidak memiliki rekening tabungan. Nama program ini biasanya lebih terkenal dengan Transfer RTGS atau Transfer Kliring. Cara melakukan transfer uang untuk non-nasabah dari kantor cabang bank itu tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu mengambil nomor antrian untuk teller dan isi formulir transfer uangnya.

Biaya transfer uang dari teller bri, mandiri, bni dan btn untuk non nasabah adalah sekitar Rp.50.000 ditambah pajak 10% baik kliring dan RTGS. Sedangkan, minimum transfer uang dari kantor cabang adalah Rp.10.000 dan Maksimal transfer uang tergantung ketersediaan dana.

5. Aplikasi Payfazz - Bila Tidak buru-buru

Transfer uang antar bank via payfazz


Aplikasi payfazz adalah aplikasi keuangan dimana kamu bisa transfer uang, pinjam uang, isi pulsa, bayar dan beli,  dan lain sebagainnya. Kamu bisa transfer uang ke rekening BRI, BCA, Mandiri, BNI dan bank-bank lainnya dari payfazz. Caranya, kamu download aplikasinya di google play store, lakukan verifikasi dan isi saldonya di counter alfamart.

Sebelum menjelaskan lebih jauh, kamu perlu tahu kalau transfer uang dari aplikasi payfazz hanya bisa dilakukan oleh member atau akun yang sudah terverifikasi. Artinya, bila kamu download aplikasinya sekarang, kamu tidak akan langsung bisa transfer sekarang, tapi butuh waktu hingga 5 hari kerja untuk verifikasi akun payfazz kamu.

Transfer uang dari aplikasi payfazz sebenarnya adalah pilihan transfer uang yang paling murah. Biaya transfer uang dari payfazz hanya sekitar 3 ribuan dan jauh lebih kecil dari biaya transfer antar bank via atm atau ebanking. Bila kamu ingin menggunakan aplikasi payfazz, silahkan download aplikasinya digoogle play store, upload ktp dan foto diri kamu dan tunggu untuk diverifikasi.

6. Buat Rekening Ponsel 

Sama seperti aplikasi payfazz, ada puluhan rekening ponsel yang bisa kamu pilih. Mulai dari rekeing ponsel bank-bank besar seperti BCA Sakuku, rekening ponsel cimb niaga, mandiri e-cash dan lainnya. Biaya transfer uang melalui rekening ponsel umumnya sangat murah. Kamu bisa download aplikasi rekening ponsel tersebut di google play store. Tetapi, kebanyakan dari jenis rekening Ponsel ini baru bisa digunakan untuk transfer uang apabila kamu sudah registrasi di kantor cabang.

Baca Lebih detail mengenai Rekening Ponsel!

Tapi, kalau dipikir-pikir, buat apa kamu ke kantor cabang bila hanya untuk register rekening ponsel. Kenapa tidak sekalian buka rekening saja, supaya kamu punya atm dan bisa transfer dengan mudah kapanpu. Buka rekening tabungan itu tidak sudah lho, dan kamu hanya butuh uang sekitar 75.000 untuk buka rekening xpresi BCA. Baca selanjutnya di sini!

Nah itu dia beberapa pilihan cara transfer uang tanpa rekening yang paling mudah dan murah. Sekarang silahkan pilih salah satu dari channel tersebut yang paling dekat dengan lokasi kamu. Mungkin agen brilink, kantor pos, kantor cabang bca via teller, kantor cabang BRI, BNI atau bank Mandiri via teller, dan melalui aplikasi rekening Ponsel. Bila artikel ini cukup bermamfaat, silahkan dibagikan ke teman-temanmu. Bila mau bertanya silahkan tuliskan pada kolom komentar di bawah yah.

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Transfer Uang Tanpa Rekening Paling Mudah dan Murah"

Iklan Bawah Artikel