4 Dokumen ini Bisa Menjadi Jaminan Pengajuan KUR BNI

Kamu akan diminta untuk menyerahkan jaminan dalam bentuk dokumen ketika mengajukan KUR di bank BNI untuk plafond pinjaman diatas 25 Juta. Tahukah kamu, ada 4 jenis dokumen yang bisa kamu lampirkan untuk menjadi agunan KUR BNI.

Pengertian KUR BNI

Kredit Usaha Rakyat (KUR) BNI adalah Program pinjaman untuk Tambahan dana investasi dan  Tambahan dana untuk pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah dari Bank BNI.

KUR dirancang langsung oleh pemerintah berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 14 Tahun 2015 dan Nomor 19 Tahun 2015.

Syarat dan Ketentuan KUR diatur langsung oleh Komite kebijakan pembiayaan bagi usaha mikro, kecil dan Menengah. Syarat dan ketentuan yang termasuk didalamnya seperti Ketentuan Bunga, Besar subsidi bunga KUR, Beserta pedoman-pedoman pelaksanaan program KUR lainnya.

Suku Bunga KUR BNI

Suku Bunga KUR BNI adalah 7% effective pertahun. Suku bunga effective adalah Perhitungan bunga yang dilakukan berdasarkan sisa pokok pinjaman. Artinya, besar bunga yang akan dibayarkan oleh debitur akan semakin kecil seiring waktu.

Beberapa bulan yang lalu suku bunga kur sempat mengalami penurunan hingga 0.3% Perbulan. Suku bunga kur 0.3% perbulan adalah program promosi musiman dan sudah berakhir atau kuotanya sudah habis.

Lama Angsuran KUR BNI (tenor)

Tenor KUR BNI dibedakan berdasarkan mamfaat pengajuan KUR. KUR Yang dipergunakan untuk pengembangan usaha mikro diberikan waktu pembayaran hingga 3 Tahun.

Sementara KUR Yang dimamfaatkan sebagai tambahan modal investasi diberikan keleluasaan waktu pembayaran hingga 5 Tahun.


Besar Pinjaman KUR BNI (Plafond)

KUR memiliki 3 Jenis yaitu KUR BNI Mikro, KUR BNI Ritel dan KUR khusus pembiayaan TKI.

  • KUR BNI Mikro hadir dengan Plafond mulai Rp.1.000.000 sampai Rp.25.000.000
  • KUR BNI Ritel dengan Plafond diatas Rp.25.000.000 hingga Rp.500.000.000

Berdasarkan pedoman pelaksanaan Program KUR - Debitur tidak diwajibkan untuk menyerahkan Agunan apabila hanya mengajukan jenis KUR Mikro dengan plafond hingga 25 Juta.

Tetapi berdasarkan pengakuan dari teman-teman yang sudah mencoba mengajukan kebeberapa bank, pihak bank terkadang masih meminta agunan untuk pengajuan KUR dibawah 25 Juta.


4 Agunan Untuk mengajukan KUR BNI

Apabila kamu ingin mengajukan KUR BNI diatas 25 Juta maka kamu harus mempersiapkan salah satu dari ke-empat jenis dokumen berikut ini untuk dijadikan aguanan atau jaminan.

Bahkan, bila kamu memiliki salah satu dari dokumen berikut ini, sebaiknya bawah dari rumah, walaupun kamu hanya berniat untuk mengajukan KUR Mikro dibawah 25 juta.

Berikut ini adalah 4 agunan KUR BNI:

  • Bukti Kepemilikan Tanah- Anda bisa menggunakan sertifikat tanah atau Akta PPAT menjadi jaminan pengajuan Pinjaman KUR di bank BNI. 
  • IMB- Ijin Mendirikan Bangunan atau IMB adalah Izin tertulis yang dikeluarkan oleh kepala daerah setempat untuk mendirikan bangunan.
  • PBB- Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) sebagai bukti pembayaran pajak untuk bangunan atau lahan yang anda miliki.
  • BPKB- BPKB kendaraan mobil dan Motor bisa anda jadikan menjadi agunan untuk pengajuan KUR di bank BNI. Berdasarkan pengalaman, penggunaan BPKB motor sebagai jaminan bisa membuat KUR cair hingga 25 Juta ke atas - Tergantung dari hasil survey.


Syarat KUR BNI

Selain harus mempersiapkan salah satu dari 4 jenis agunan KUR di atas. Berikut ini adalah beberapa syarat KUR BNI dan Dokumen yang harus anda persiapkan dari rumah sebelum ke kantor cabang BNI untuk mengajukan KUR, sebagai berikut:

  • WNI
  • Memiliki Usaha Baik Usaha Fisik atau Usaha Online yang sudah berjalan Minimal 6 Bulan.
  • FC e-KTP
  • FC Kartu Keluarga
  • FC surat Nikah bagi yang sudah menikah
  • FC Surat Ijin Usaha seperti SIUP, TDP, SITU, HO atau Surat Keterangan Usaha dari Kelurahan/Kecamatan.
  • FC NPWP bila anda bermaksud untuk mengajukan KUR diatas Rp.50.000.000-

Surat Keterangan Usaha bisa anda tanda tangani di kelurahan. Berdasarkan pengalaman, tidak semua kelurahan mengerti apa itu surat keterangan usaha.

Sebaiknya cari digoogle contoh surat keterangan usaha, kemudian Print dan tandatanggani di kantor kelurahan atau kecamatan sesuai jenis surat keterangan usaha yang anda buat.


Tabel KUR BNI

Gunakan tabel KUR BNI berikut ini sebagai simulasi besar angsuran KUR perbulan yang harus anda bayarkan berdasarkan plafond dan tenor KUR.

Tabel KUR BNI 2018


Tips Dan Trik Mengajukan KUR

Berikut adalah beberapa TIPS dan TRIK mengajukan KUR berdasarkan pengalaman debitur yang sudah menggunakan produk KUR. Baca pengalaman KUR.

  • Ajukan Ulang- Bila anda ditolak dari sebuah kantor cabang, silahkan mengajukan ulang dikantor cabang lain baik di bank yang sama atau di bank yang berbeda. Setiap cabang memiliki kuota KUR masing-masing, jadi tidak mengherankan bila Pemenuhan permintaan KUR berbeda-beda ditiap cabang.
  • Ajukan Plafond kecil- Bila anda tidak memiliki jaminan, cobalah untuk mengajukan KUR dengan plafond yang kecil dan bayar selama 1 tahun. Setelah pembayaran anda selesai, Ajukan kembali dengan plafond yang lebih besar. Pastikan untuk menciptakan history pembayaran yang bagus.
  • BPKB Motor- Gunakan BPKB Motor anda sebagai jaminan KUR untuk mendapatkan KUR dengan plafond 25 Juta. 
  • Toko Online- Anda bisa mengajukan KUR untuk jenis usaha TOKO ONLINE. Aktivitas toko online seperti dana masuk, rekening usaha, dan ketersediaan produk bisa ditunjukkan saat  bank melakukan survey usaha.

Bila anda punya pertanyaan lain seputar KUR BNI, silahkan mengunjungi langsung kantor cabang bank BNI terdekat atau hubungi call center bank BNI di nomor 1500046.