Kumpulan Pengalaman Debitur Yang Pernah Mengajukan Kur di Bank

Berikut ini adalah kumpulan pengalaman orang-orang yang pernah mengajukan KUR. Kebanyakan kesulitan yang dihadapi oleh debitur adalah kendala jaminan/agunan, kendala ketersediaan kuota kur dicabang domisili. Untuk info lebih lengkapnya begini pengalaman

Logo KUR - Kredit Usaha Rakyat

1. Pengalaman Ades mengajukan KUR 2 kali Cair

Saya sudah 2 kali mengajukan KUR dan 2 kali juga diapproved dari bank yang berbeda.

Saya pernah mengajukan KUR di bank Mandiri dengan jaminan BPKB Motor MIO dan cair 25 Juta untuk tenor 1 tahun. setelah, Angsuran KUR dari  bank mandiri lunas, saya mengajukan KUR lagi di bank BRI dengan Jaminan BPKB beat dan cair juga sebesar 25 juta.

Saya hanya memiliki usaha online dan saya melampirkan sku usaha yang saya urus di kelurahan. Bank Mandiri waktu itu melakukan survey dan bank bri juga melakukan survey. Mereka melihat stock jualan saya dirumah dan mengecek juga lapak toko online saya.

Waktu itu, bank Mandiri mencairkan kur 1 minggu setelah proses survey, sedangkan bri 2 minggu kemudian.

2. Pengalaman KUR - Febri 

Maret 2016 saya mengunjungi kantor cabang BRI, BNI dan Mandiri dan semua kantor cabang yang saya kunjungi saat itu meminta Agunan.

3. Pengalaman KUR - Sekar 

Maret 2016 Saya mengajukan KUR tapi bank meminta Agunan. Kata bank, Ada program tanpa agunan untuk kur mikro dibawah 25 juta. Tetapi program tersebut tidak ada di kantor cabang yang saya kunjungi.

4. Pengalaman KUR -Ardi 

Maret 2016 Saya mengajukan KUR 3 juta tanpa jaminan dan approved. Kemudian, saya Top Up 25 juta dan tanpa agunan juga.

Saya sarankan supaya mengajukan kur dengan plafond yang kecil dulu untuk yang tidak punya agunan, nanti setelah ada history pembayaran yang bagus baru mengajukan yang lebih besar.

5. Pengalaman KUR - Ira 

2017, Saya mengambil KUR dari bank BNI dengan Agunan SHM Rumah. Bank Melakukan Survey usaha bengkel motor saya yang sebenarnya masih usaha kecil. Kur approved 500 Juta dengan bunga 0.4%.

Saran saya, bila kamu ingin mengajukan KUR dan ditolak di satu cabang. Coba ajukan di cabang lain atau di cabang bank yang lain. Menurut saya, lebih mudah mengajukan KUR di kampung-kampung dimana debiturnya tidak terlalu banyak, biasanya dananya juga lebih cepat cair.

6. Pengalaman KUR - Lio 

Apakah bisa mengajukan kur untuk jenis usaha toko ecommerce seperti toko online?

Menurut saya bisa saja mengajukan pinjaman Kur untuk mengembangkan usaha toko online.

Pembuktian usaha bisa dilakukan dengan aktivitas transaksi usaha dan aktivitas transaksi keuangan seperti lampiran rekening koran tabungan atau giro, atau mungkin nota-nota invoice dan akan lebih baik bila bisa melampirkan surat ijin usaha.

Kalau mau belajar mengenai kur, mungkin bisa dipelajari dengan membaca permenko nomor 9 tahun 2016.

7. Pengalaman KUR - R

Untuk mengajukan kur mikro tidak perlu ada surat ijin usaha menurut saya. Kita cukup melampirkan surat keterangan usaha yang ditanda tanggani oleh kelurahan atau SKDU atau surat keterangan domisili usaha dari kelurahan.

8. Pengalaman KUR - Agus

Tahun 2017 saya mengajukan KUR dengan modal usaha kuliner dan cair 25 juta dengan tenor 1 tahun. Saya melakukan pembayaran tepat waktu sampai lunas. Setelah lunas, saya mengajukan kur lagi, saya ke bank mandiri ditolak, saya ke BRI di tolak, saya tidak mengerti padahal berkas saya sudah lengkap semua.

9. Pengalaman KUR - Ar

Saya belum pernah mengajukan KUR tapi saya mantan karyawan di salah satu bank BUMN. Setahu saya, pencairan kur itu memang sangat selektif. Setiap cabang itu punya kuota masing-masing dan sangat terbatas.
Apalagi, produk pembiayaan bank-kan bukan hanya KUR! Ada juga produk pembiayaan lain diluar kur.
Setahu saya, pembayaran kur itu sering telat. Masalahnya, Kalau debitur banyak yang menunggak tagihan kur, cabang akan kesulitan untuk mencairkan kur lagi.

43 Daftar Bank Yang Menyalurkan KUR

Berikut ini adalah tabel 43 daftar bank yang menyalurkan KUR sesuai dengan informasi dari kementerian Kordinator Bidang perekonomian Indonesia dilansir dari website kur,egon,go,id.

Tabel  daftar 43 bank penyalur kur

0 Komentar "Kumpulan Pengalaman Debitur Yang Pernah Mengajukan Kur di Bank"