Minggu, 16 Desember 2018

Iuran Tahunan Kartu Kredit Mandiri Visa Classic Naik - Bebas Upgrade

Iuran Tahunan naik menjadi Rp.300.000/Tahun - Kartu Kredit Mandiri Visa classic bisa diupgrade langsung menjadi Gold tanpa harus mengirimkan dokumen. Kenaikan iuran tahunan ini sudah dijalankan mulai dari tanggal 1 Agustus 2018 kemarin.

Penyesuaian iuran tahunan kartu kredit mandiri visa classic

Sejak tahun 2016 Bank Mandiri sudah tidak lagi mengeluarkan jenis kartu kredit visa classic. Meskipun demikian, Kartu kredit bank mandiri classic yang sudah beredar masih tetap bisa digunakan.

Menaikkan iuran tahunan kartu kredit mandiri visa classic dari Rp.180.000 menjadi Rp.300.000 sebenarnya cukup menohok. Apalagi buat orang-orang yang hanya menggunakan kartu kredit untuk beli pulsa atau paket data saja.

Saya yakin banyak sekali pemegang kartu kredit visa classic yang akan kecewa dengan hal ini. Sebenarnya bank mandiri sudah menginformasikan hal ini sejak bulan juni 2018 kemarin.

Silahkan Upgrade Kartu Kredit Mandiri Visa Classic anda menjadi Gold

Cara upgrade mandiri visa classic menjadi gold sangat mudah. Anda hanya perlu menghubungi call center kartu kredit bank mandiri dan minta upgrade langsung.

Anda tidak perlu mengirimkan dokumen apapun untuk upgrade jenis kartu kredit mandiri visa classic menjadi Gold. Kecuali bila anda ingin sekalian meminta kenaikan kredit limit juga, maka silahkan mengirimkan surat permohonan yang berisi permintaan upgrade dan kenaikan limit dan dilengkapi dengan copy ktp dan copy kartu kredit anda.

Kartu kredit mandiri visa classic anda masih tetap bisa digunakan selama proses upgrade kartu. Kartu kredit anda baru akan diblokir setelah kartu kredit gold sampai ditangan anda, tepatnya saat anda meminta aktivasi melalui call center.

Semua tagihan dan aktivitas kartu kredit visa classic akan berpindah otomatis ke kartu kredit mandiri gold anda. Kecuali pembayaran tagihan otomatis yang anda daftarkan diluar bank mandiri, misalkan pendebetan asuransi dan jenis tagihan lainnya. Anda harus konfirmasi mengenai perubahan data kartu kepada asuransi supaya proses pendebetan tidak gagal.

Asuransi dan bill payment yang bekerja sama dengan bank mandiri tidak perlu melakukan konfirmasi dan akan berpindah secara otomatis.

Untuk lebih pastinya silahkan tanyakan kepada call center saat anda melalukan aktivasi.

Apakah ada kebijakan penutupan kartu Kredit Visa Classic dengan  cicilan 0%

Saya belum mendapatkan informasi mengenai hal ini. Harusnya bila ada pemberhentian sebuah jenis produk kartu kredit dari sebuah bank. Bank tersebut sebaiknya mengeluarkan program penutupan kartu kredit dengan cicilan 0%.

Hal seperti ini juga terjadi ketika OJK menutup banyak kartu kredit beberapa tahun yang lalu. Dan, bank ANZ juga melakukan kebijakan yang sama ketika kartu kredit anz migrasi  menjadi kartu kredit DBS. Kita bisa menutup kartu kredit dengan pembayaran cicilan 0% hingga beberapa bulan.

Maksudnya, kartu kredit kita akan diblokir dan tidak bisa digunakan. Setelah pembayaran cicilan selesai, kartu kredit akan tertutup otomatis.

Jadi bila anda merasa tidak sanggup untuk membayarkan iuran tahunan kartu kredit classic sebesar Rp.300.000 coba konfirmasi kepada call center.  Siapa tahu ada programnya.

Iuran Tahunan Kartu Kredit Mandiri Gold Turun

Iuran tahunan kartu kredit mandiri gold malah mengalami penurunan atau penyesuaian dari Rp.342.000 menjadi Rp.300.000.

Limit kartu kredit mandiri visa gold juga mengalami penyesuaian, yaitu dari minimal limit 5 juta menjadi 3 juta dengan batas maksimal limit Rp.300.000.000.-

Beda Kartu Kredit Mandiri Visa Classic dan Gold

Kedua jenis kartu kredit bank mandiri ini sebenarnya tidak jauh berbeda. Fitur dan fasilitasnya hampir sama, bahkan saya tidak bisa menyebutkan fasilitas gold yang tidak dimiliki classic. Kedua jenis kartu kredit ini tidak punya fasilitas free lounge. Ketentuan pendapatan fiestapoin juga sama yaitu 1 fiestapoin untuk transaksi Rp.20.000.

Yang berbeda adalah limit kartu kredit mandiri visa classic dan limit kartu kredit mandiri visa gold. Maksimal limit kartu kredit mandiri visa classic adalah 5 Juta sementara maksimal limit kartu kredit mandiri visa gold adalah 300 juta. Minimal limitny sama yaitu 3 juta.

Setelah terjadi penyesuaian, syarat penghasilan untuk mengajukan kartu kredit mandiri visa gold berubah dari 5 juta menjadi 3 juta rupiah atau sama dengan visa classic.


Note:
Bila anda meminta upgrade kartu kredit mandiri visa classic menjadi Gold tanpa peningkatan limit, maka sama saja. Anda membayar iuran kartu kredit yang cukup mahal untuk limit kartu kredit yang kecil. Bila anda bisa melunasi tagihan, coba ajukan kartu kredit di bank lain, Cari kartu kredit dengan fasilitas iuran tahunan gratis. setelah disetujui silahkan tutup kartu kredit visa classic anda. ini hanya saran saja, semuanya tergantung kepada anda.

Iuran tahuanan kartu kredit mandiri visa classic Rp.300.000 hanya beda Rp.200.000 dengan mandiri visa platinum yaitu Rp. 500.000. Bila anda punya penghasilan Rp.10.000.000 perbulan, maka silahkan minta diupgrade ke visa platinum dengan mengirimkan slip gaji terbaru anda.

Kartu kredit mandiri visa platinum pastinya punya fitur yang jauh lebih banyak dari visa gold, seperti double fiestapoin, Masuk lounge dengan redeem fiestapoin dan lain-lain.

Anda bisa meminta penghapusan iuran tahunan kartu kredit mandiri visa classic anda dengan menukarkan mandiri fiestapoin yang sudah anda kumpulkan. Untuk informasi lebih lanjut silahkan hubungi call center bank mandiri.

Tidak ada komentar: