Cara Buat Kartu Kredit Ibu Rumah Tangga - Utama, Tambahan, deposito

Ada Tiga Opsi untuk ibu rumah tangga yang ingin mengajukan kartu Kredit baik di bank Mandiri, BCA, BNI, BRI, Bank Mega, Sinarmas atau di bank-bank lainnya. Ketiga Opsi tersebut adalah:

Kartu Kredit Untuk Ibu Rumah Tangga

Gambar 3 Jenis kartu Kredit Untuk Ibu rumah Tangga - utama, tambahan dan deposito
3 Jenis Kartu Kredit Untuk Ibu Rumah Tangga


  • Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang Kartu kredit Utama (Basic Card)
  • Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang Kartu kredit Tambahan (Numpang di kartu kredit Suami/Anak)
  • Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang kartu Kredit Deposito (secure Credit Card)



Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang Kartu kredit Utama (Basic Card)

Ibu rumah tangga bisa juga menjadi pemegang kartu kredit utama apabila tidak ingin menggunakan fasilitas kartu kredit tambahan dari Suami.

Cara mengajukan kartu kredit untuk ibu rumah tangga sama saja dengan pengajuan kartu kredit lainnya. Tetapi masalahnya adalah ibu rumah tangga tidak memiliki slip gaji atau surat penghasilan lainnya. Lantas bagaimana cara mengajukan kartu kredit untuk ibu rumah tangga?

Untuk disetujui sebaiknya seorang ibu rumah tangga yang mengajukan kartu kredit memiliki dokumen-dokumen berikut ini:

  • KTP
  • Rekening Tabungan 3 Bulan Terakhir
  • Slip Gaji Suami 
  • Kartu Keluarga dengan keterangan Suami (pemilik Slip Gaji) menjadi Kepala keluarga
  • Kartu Kredit dari bank lain (kalau ada saja)
Pengajuannya sebaiknya dilakukan melalui kantor cabang dan bertemu langsung dengan marketing di kantor cabang terdekat. Atau melalui applikasi online pada website patner bank supaya bisa berdiskusi dulu sebelum applikasi diserahkan kepada pihak analis.

Proses pengajuan kartu kredit dimana ibu rumah tangga sebagai pemegang kartu kredit utama mungkin akan memerlukan proses verifikasi suami. Dimana Bank akan menghubungi dan memverifikasi suami.



Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang Kartu kredit Tambahan (Numpang di kartu kredit Suami/Anak)

Kalau kami sarankan, sebaiknya ibu rumah tangga memilih untuk mengajukan kartu kredit tambahan saja daripada menjadi kartu kredit utama. Selain, kemungkinan untuk disetujuinya lebih besar, iuran kartunya juga jauh lebih murah atau biasanya hanya sekitar 50% dari kartu utama. bahkan ada beberapa bank yang memberikan gratis iuran tahunan untuk pemegang kartu kredit tambahan.

Ibu rumah tangga bisa memiliki kartu kredit tambahan dari:

  • Kartu Kredit anak
  • Kartu Kredit Suami
  • Kartu Kredit Saudara Kandung
Sebaiknya ibu rumah tangga jangan mau menjadi pemegang kartu kredit tambahan dari kartu teman atau saudara jauh, takutnya ada masalah dikemudian hari.



Bila ibu rumah tangga ingin menjadi pemegang kartu kredit tambahan, silahkan konfirmasi kepada suami atau anak supaya (pemegang kartu utama) supaya mengajukan kartu kredit tambahan langsung ke kantor cabang atau melalui call center kartu kredit bank yang digunakan.

Pembayaran tagihan dan semua hal yang terjadi pada kartu kredit tambahan bisa diakses oleh pemegang kartu kredit utama. Sistem pembayaran tagihan kartu kredit tambahan dan utama di samakan, sehingga pembayaran yang walaupun dilakukan oleh pemegang kartu tambahan akan mengurangi tagihan kartu utama dulu.


Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang kartu Kredit Deposito (secure Credit Card)

Saat ini sudah banyak sekali bank yang punya kartu kredit deposito atau istilah kerennya secure credit card.
Satu-satunya bank yang mempromosikan secure credit card untuk ibu rumah tangga adalah Bank Sinarmas. Anda sebagai ibu rumah tangga bisa mengajukan kartu kredit di bank sinarmas dengan modal minimal 500 ribu.

Proses pembutan secured credit card untuk ibu rumah tangga yang paling mudah saat ini adalah di Bank Sinarmas. Prosesnya 100% bisa dilakukan online dan tingga menunggu kartu kredit di rumah.
Baca:
Tahapan pembuatan Kartu Kredit Sinarmas Secure Credit Card untuk ibu rumah tangga

Tetapi, walaupun promosi kartu kredit secure credit card hanya dilakukan oleh bank sinarmas, bukan berarti bank lainnya tidak punya program secure credit card. Setahu kami, bank BCA juga punya program Secure credit card dan proses pengajuannya sebaiknya dilakukan di kantor cabang bank BCA.

Fitur Kartu Kredit deposito atau Secure credit Card sama saja dengan kartu kredit Reguler. Hanya saja untuk menjadi pemegang kartu kredit deposito, ibu rumah tangga harus lock atau kunci atau deposit dana dulu. Dan limit kartu kreditnya akan diberikan maksimal 90% dari dana yang di lock.

Dana yang di Lock tidak bisa dicairkan selama kartu kreditnya masih aktif, Pembayaran kartu kredit deposito untuk ibu rumah tangga tetap harus dilakukan seperti biasa atau tidak diambil dari dana yang dilock. Kecuali untuk kasus pembayaran yang terlambat, bank akan mengambil dana yang dilock untuk membayarkan kartu kredit.


Kesimpulan Kartu Kredit Untuk Ibu Rumah tangga

Hanya ada tiga kemungkinan

  • Ibu Rumah Tangga sebagai Pemegang kartu Utama (tidak disarankan)
  • Ibu Rumah Tangga sebagai Kartu Tambahan Suami/Anak (sangat Disarankan)
  • Ibu Rumah Tangga Sebagai Pemegang kartu Kredit Versi Deposito (disarankan)


Punya pendapat atau pertanyaan seputar kartu kredit untuk ibu rumah tangga. Silahkan tanyakan di kolom komentar di bawah ini.

0 Response to "Cara Buat Kartu Kredit Ibu Rumah Tangga - Utama, Tambahan, deposito"