Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Rescheduling Tagihan Kartu Kredit Semua Bank

Bila rekening tabungan sudah diblokir, artinya status kartu kredit sudah macet, kamu sudah tidak bisa mengajukan rescheduling lagi di bank mandiri (Bank lain silahkan tanyakan collection masing-masing) dengan cara menelepon call center dan meminta disambungkan ke bagian collection. 

Tetapi walaupun sudah tidak bisa mengikuti program cicilan (rescheduling total tagihan) kamu masih bisa meminta keringanan pembayaran.

Tidak semua total tagihan harus kamu bayarkan bila kartu kredit mu sudah  kolektibilitas macet (status ini bisa dilihat di lembar tagihan). Biasanya bank akan menghapus minimal 35% dari biaya-biaya (bukan dari total keseluruhan tagihan) tapi 35% dari biaya-biaya setelah overlimit.

Syarat Untuk Bisa Mengajukan Rescheduling Tagihan kartu kredit

Hampir semua Bank Di Indonesia memiliki program rescheduling tagihan dengan syarat kartu yang bisa mengikuti program tersebut adalah kartu yang sudah bermasalah dengan pembayaran, Seperti Terlambat beberapa bulan (belum status macet), Kartu sudah terblokir karena tidak ada pembayaran, atau bisa saja karena adanya program penutupan kartu sepihak oleh bank.

Untuk kartu kredit yang tidak memiliki masalah, kalau mau mengajukan rescheduling silahkan dicoba terlebih dahulu untuk menghubungi bagian koleksion bank masing-masing. Silahkan berdiskusi kenapa anda ingin mengajukan reschedule tagihan, biasanya dengan alasan yang masuk akal pihak bank akan membantu.

Kondisi Kartu Kredit Setelah Rescheduling

Setelah tagihan kartu kredit disetujui untuk di-rescheduled maka kartu otomatis akan terblokir dan tidak bisa dipergunakan kembali. Bila tagihan sudah lunas, Pengajuan aktivasi kartu tetap bisa dilakukan, Tetapi jarang sekali bank menyetujui aktivasi kembali untuk kartu yang terblokir karena masalah pembayaran.

Program Rescheduling Tagihan Kartu Kredit

Program rescheduling hampir sama di semua Bank, Baik itu Bank BCA, BNI, Mandiri atau bank lainnya. Yaitu memberikan kemudahan pembayaran dengan pilihan cicilan tetap, mulai dari 3, 6, 12, 18, sampai 24 bulan. Program rescheduling tagihan tetap mengenal yang namanya bunga walaupun jauh lebih ringan dari bunga reguler kartu kredit. Misalkan 0.5% atau 1% dibandingkan dengan bunga reguler pada persentase 2.25%.

Tagihan yang mengikuti program rescheduling harus tetap dibayarkan sesuai dengan perjanjian sebelum jatuh tempo. Karena walaupun sudah mengikuti program rescheduling, untuk tagihan yang terlambat atau kurang bayar tetap akan dikenakan bunga reguler dan denda keterlambatan.


Nominal Tagihan yang di-rescheduled

Banyak Kartu Kredit yang memiliki Tagihan di atas batas limit kartu kredit yang diberikan oleh bank. Misalkan Limit kartu kredit hanya 10 Juta tetapi tagihan sudah di angka 14 Juta. Kebanyakan Bank Di Indonesia tidak akan menghitungkan keseluruhan tagihan yang tertulis pada lembar tagihan. Yang dianggap sebagai utang hanyalah sebesar limit kartu kredit anda meskipun ini tentunya adalah program yang harus digali oleh nasabah.

Program yang harus digali oleh nasabah itu maksudnya dengan mengajukan atau berpintar-pintar menawar saat sedang berdiskusi dengan pihak collection. Ketika nominal tagihan yang tercatat pada lembar tagihan adalah 20 juta sementara limit anda hanya 15 juta, maka mintalah keringanan kepada pihak collection, biasanya mereka akan mengurangi tagihan hingga 35% dari biaya bunga, denda atau over-limit.

Bagaimana Cara mengetahui Nomor Koleksion atau collection bank BCA BNI Mandiri

Informasi Nomor collection tidak se-populer nomor call center Bank, Untuk mengetahui Nomor collection bank bisa dengan cara menghubungi call center. Jadi Untuk mengetahui Nomor collection bank, silahkan menghubungi bank anda.

Keuntungan Mengikuti Program Rescheduling Tagihan 

Berikut ini adalah beberapa keuntungan rescheduling tagihan kartu kredit sebagai berikut:
  • Bunga jauh lebih ringan 
  • Terhindar dari denda keterlambatan 
  • Dianggap memiliki Niat baik oleh bank 
  • Tidak menjadi beban pikiran lagi 
  • Adanya keringanan atau potongan nominal hutang sampai mencapai batas limit 
  • Tidak dikejar-kejar oleh collection
  • Rekening tidak diblokir

Tips mengikuti program Rescheduling

Hubungi collection dengan niat untuk berdiskusi 
Bayar tagihan cicilan setelah direscheduling dengan nominal sesuai perjanjian secara tepat waktu
Demikian informasi mengenai Cara Rescheduling Tagihan Kartu Kredit Mandiri BCA BNI dan Bank Lainnya.

BACA JUGA CARA MENUTUP KARTU KREDIT YANG BENAR

Belum Tahu Peraturan terkait Penagihan menggunakan Jasa Collector, Baca Peraturan Bank Indonesia mengenai Etika Collector
Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)