Cara Rescheduling Tagihan Kartu Kredit Mandiri BCA BNI Mega Danamon dan bank lainnya

panduan kartu kredit cerdas

Rescheduling Tagihan kartu kredit

Pengertian Rescheduling Tagihan kartu kredit 

Sama seperti arti terjemahan reschedule yaitu Menjadwal Ulang. Maka Untuk pengertian Rescheduling tagihan pada kartu kredit BCA, BNI, Mandiri atau Bank Lainnya adalah pengaturan system pembayaran total tagihan ke dalam bentuk cicilan tetap. Dalam kalimat sederhana, Menjadikan total tagihan kartu kredit menjadi cicilan tetap.

Syarat Untuk Bisa Mengajukan Rescheduling Tagihan kartu kredit

Hampir semua Bank Di Indonesia memiliki program rescheduling tagihan dengan syarat kartu yang bisa mengikuti program tersebut adalah kartu yang sudah bermasalah dengan pembayaran, Seperti Terlambat Satu atau dua bulan, Kartu sudah terblokir karena tidak ada pembayaran, atau bisa saja karena adanya program penutupan kartu sepihak oleh bank.

Untuk kartu kredit yang tidak memiliki masalah, kalau mau mengajukan rescheduling silahkan dicoba terlebih dahulu untuk menghubungi bagian koleksion bank masing-masing. Silahkan berdiskusi kenapa anda ingin mengajukan reschedule tagihan, biasannya dengan alasan yang masuk akal pihak bank akan membantu.


Kondisi Kartu Setelah Rescheduling

Setelah tagihan kartu kredit disetujui untuk direschedule maka kartu otomatis akan terblokir dan tidak bisa dipergunakan kembali. Bila tagihan sudah lunas, Pengajuan aktivasi kartu tetap bisa dilakukan, Tetapi jarang sekali bank menyetujui aktivasi kembali untuk kartu yang terblokir karena masalah pembayaran.




Program Rescheduling

Program rescheduling hampir sama disemua Bank, Baik itu Bank BCA, BNI, Mandiri atau bank lainnya. Yaitu memberikan kemudahan pembayaran dengan pilihan cicilan tetap, mulai dari 3, 6, 12, 18, sampai 24 bulan. Program rescheduling tagihan tetap mengenal yang namanya bunga walaupun jauh lebih ringan dari bunga reguler kartu kredit. Misalkan 0.5% atau 1% dibandingkan dengan bunga reguler pada persentase 2.95%.

Tagihan yang mengikuti program rescheduling harus tetap dibayarkan sesuai dengan perjanjian sebelum jatuh tempo. Karena walaupun sudah mengikuti program rescheduling, untuk tagihan yang terambat atau kurang bayar tetap akan dikenakan bunga reguler dan denda keterlambatan.

Nominal Tagihan yang direschedule

Banyak Kartu Kredit yang memiliki Tagihan di atas batas limit kartu kredit yang diberikan oleh bank. Misalkan Limit kartu kredit hanya 10 Juta tetapi tagihan sudah di angka 14 Juta. Kebanyakan Bank Di Indonesia tidak akan menghitungkan keseluruhan tagihan yang tertulis pada lembar tagihan. Yang dianggap sebagai utang hanyalah sebesar limit kartu kredit anda meskipun ini tentunya adalah program yang harus digali oleh nasabah.

Program yang harus digali oleh nasabah itu maksudnya dengan mengajukan atau berpintar-pintar menawar saat sedang berdiskusi dengan pihak koleksion. Ketika nominal tagihan yang tercatat pada lembar tagihan adalah 20 juta sementara limit anda hanya 15 juta, maka mintalah keringanan kepada pihak koleksion, biasannya mereka akan mengurangi tagihan dan hanya akan menagihkan sebesar limit kartu kredit anda saja. Jadi bunga, denda keterlambatan, biaya over limit yang muncul setelah bermasalah dengan pembayaran akan dihapuskan.


Bagaimana Cara mengetahui Nomor Koleksion atau collection bank BCA BNI Mandiri

Informasi Nomor Koleksion tidak sepopuler nomor call center Bank, Untuk mengetahui Nomor koleksion bank bisa dengan cara menghubungi call center. Jadi Untuk mengetahui Nomor Koleksion bank, silahkan menghubungi bank anda.


Keuntungan Mengikuti Program Rescheduling Tagihan 

  1. Bunga jauh lebih ringan
  2. Terhindar dari denda keterlambatan
  3. Dianggap memiliki Niat baik oleh bank
  4. Tidak menjadi beban pikiran lagi
  5. Adanya keringanan atau potongan nominal hutang sampai mencapai batas limit
  6. Tidak dikejar-kejar oleh koleksion



Tips mengikuti program Rescheduling

  1. Hubungi koleksion dengan niat untuk berdiskusi
  2. Bayar tagihan cicilan setelah direscheduling dengan nominal sesuai perjanjian secara tepat waktu
Demikian informasi mengenai Cara Rescheduling Tagihan Kartu Kredit Mandiri BCA BNI dan Bank Lainnya. 

BACA JUGA CARA MENUTUP KARTU KREDIT YANG BENAR

Belum Tahu Peraturan terkait Penagihan menggunakan Jasa Collector, Baca Peraturan Bank Indonesia mengenai Etika Collector


28 Responses to "Cara Rescheduling Tagihan Kartu Kredit Mandiri BCA BNI Mega Danamon dan bank lainnya"

joko prayitno said...

terima kasih infonya. sangat membantu untuk saya.

Roy Passenger said...

Terimakasih Kembali Pak Joko

ENO said...

Mohon informasinya kontak yg dapat dihubungi untuk pengajuan rescheduling cimb niaga

Roy Passenger said...

Pagi. Hubungi Call center nya dulu di nomor 14041 untuk buat laporan atau catatan. setelah itu tanyakan nomor collection, bila ada tanyakan nomor collection di kota Bpk/Ibu

ENO said...

saya sudah mencoba menanyakan jawaban mereka belum ada program rechedule :(

Roy Passenger said...

reschedule itu diminta ke pihak collection, untuk mengetahui nomor collection hubungi call center 14041.

SWEF Fitri said...

Terimakasih pak Infonya.
Dulu sekitar tahun 2013 pernah tlp citybank minta reschedul sblm macet krn sdh tdk mampu membayar. Tapi pihak bank tidak bisa ngasih krn keterlambatan belum 3 bln. Kalo nunggu 3 bulan kn bunga berbunga.Bagaimana solusinya ya?

Roy Passenger said...

Harusnya sih citibank tidak boleh menolak pengajuan rescheduling begitu saja, karena proses recheduling kredit itu juga diawasi oleh AKKI/BI dan ada UU-nya

Robertus Bagus Lim said...

pak saya ada 4 kartu kredit yang tertunggak hampir 3 bulan apakah bisa dilakukan pengajuan permohonan keringanan pembiayaan cc sya?

Roy Passenger said...

proses rescheduling bisa Pak, coba hub call center bank Bapak, minta disambungkan ke bagian penagihan, bila tidak bisa disambungkan langsung minta nomor collection/penagihan dari call cnternya Pak.

chris.qerren said...

Tq pak. Infonya sangat befmanfaat

Roy Passenger said...

Terimakasih kembali,

Robertus Bagus Lim said...

selamat pagi pak,mau menyakan perihal proses resheduling..kmrn saya melalukan proses resheduling bank danamon dan cimb niaga ditolak dengan alasan tidak ada program resheduling..saya sudah masuh collect 3.mohon pencerahannya untuk kasus ini.terima kasih

Roy Passenger said...

Malam Pak Lim...
Harusnya untuk proses rescheduling cc collect 3 sih udah bisa diproses. Karena ini adalah niat baik nasabah. Memang pemberian program rescheduling adalah ketentuan dr bank artinya mreka bisa menolak dan juga bisa menerima.

Anonymous said...

Pak roy saya sdh ada negosiasi dgn pihak collection bank mandiri dan hanya dapat keringanan 2x angsur dan jumlahnya saya tidak mampu... apa masih bisa d nego lagi pihak debt tlp dan meneror kantor saudara saya... bagaimana pak?? Limit saya 10jt tp di tagihkan 13jt.. mohon solusi dan arahan dr pak roy.. thx

Roy Passenger said...

Hubungi Call Center 14000 Pak minta disambungkan lagi ke Collection dan coba berdiskusi kembali. Bapak Coba dilihat dari total tagihan 13 juta tersebut yang bapak pergunakan berapa? potongan keringanan hanya bisa didapat melalui potongan biaya-biaya pak. Tapi coba ditanyakan lagi ke collectionnya Pak.

Christina said...

pak Roy mohon sarannya, saya sdh mengajukan rescheduling niaga, pertama diminta dp 1.7jt dri limit 12jt, saya sudah trf sebesar dp yg diminta, tapi waktu saya mengirim berkas2 yang diperlukan dikatakan oleh pihak collection niaga kalau program sudah ditutup. sekarang saya didatangi lagi oleh debt kolektor nya.

Roy Passenger said...

Hallo Ibu Christina
Untuk Hal seperti ini, perlu di ingat kembali hal-hal berikut!
Apakah pembayara dan Berkas yang dikirim masih dalam waktu kesepakatan.
Bila ada keterlambatan, saya sarankan dicoba diajukan ulang kembali.
*****************************
Tetapi bila ibu merasa tidak melakukan keterlambatan dan sudah melakukan sesuai dengan kesepakatan, Mohon menghubungi call center dan minta dibuatkan laporan investigasi program rescheduling.
Tanyakan call center bank Niaga tentang kepastiannya, bagaimana dan langkah apa yang harus ibu lakukan selanjutnya.
*****************
Bila ibu ada bukti tentang kecurangan terhadap pelanggan ibu bisa melaporkan langsung ke OJK

Cara lapor ke OJK adalah dengan cara mengisi Lembar ini,
https://konsumen.ojk.go.id/FormPengaduan

****
Tetapi saran saya sampaikan dulu mengenai hal ini kepada call center Niaga dan minta pendapat mereka apa yang harus ibu lakukan selanjutnya.

Suyenti Lim said...

Pak roy. Mohon infonya seputar reschedule. Saya pnya tagihan di cc mandiri. Sdh 2 bln berturut pembayaran dilakukan minimum payment. Limit saya 50 jt. Tagihan terhutang yg blom bisa saya lunasi sebesar 21 jt itu tidak termasuk dengan tagihan berjalan laennya. Bisakah tagihan yg 21 jtaan itu dijadikan cicilan.? Saya bermaksud mbayarnya dengan dijadikan cicilan ditagihan berikutnya bersamaan tagihan berjalan laennya ?
Dan apakah setelah itu kartu saya sdh tdk bs digunakan ? Dan bermasalah kah status saya bi checking ?
Terimakasih bantuannya pak roy.

Roy Passenger said...

Hallo Ibu Lim Kalau pembayarannya minimum berarti status kartunya masih normal. Untuk program rescheduling harus kartu yang bermasalah. Kecuali kalau ada penawaran dari bank mandirinya. Biasanya ada program totall tagihan di jadikan cicilan, tp itu programnya musiman dan ditawarkan oleh bank.

Kartu akan diblokir bila nasabah yang mengajukan langsung kebagian penagihan. Jadi ibu hubungi call center di jam kerja dan minta disambungkan langsung ke bagian penagihan, itupun blm tentu akan disetujui karena saai ini berarti kartu masih dalam status lancar

Cathy Chen said...

Pak, sy mempunyai masalah hutang kartu kredit & KTA, ada yg sudah tunggak 3 bulan, ada yg sudah tunggak sebulan dan sy sdh tdk mampu utk membyrnya. Kartu kredit sy skrg statusnya: dalam perhatian khusus. Apakah dgn status tsb boleh sy mengajukan keringanan ke bank utk kartu kredit ataupun KTA? Karena sy dengar bahwa harus tunggak 6 bulan baru bisa ngajuin, sedangkan kalo tunggak sampai 6 bulan, pertama sy takut didatangin debt kolektor (selama ini sy udah di tlp in berkali2, yah tapi blm ada debt kolektor yg datang, cuman msh lewat tlp. Kedua, kalo sampai tunggak 6 bulan, bukannya tambah membengkak?). Maka sy mengharapkan pencerahan dr bpk, sy hrs bagaimana skrg?
Terimakasih
Salam
Suwarni

Roy Passenger said...

Hallo Ibu Suwarni, Kalau masih dalam perhatian khusus kemungkinan akan ditolak. Tapi kalau saya sarankan Coba ibu hubungi call center kartu kredit dan minta di sambungkan ke bagian penagihan/collection, dicoba diajukan saja, kalaupun masih ditolak paling tidak ibu sudah buat laporan tetang kesulitan financial saat ini.

Unknown said...

Siang pak roy. Saya sudah pernah ikut program reschedule bank bukopin. Tapi sempat terhenti. Skrg debtcol dtg lagi. Apakah saya bs lanjutkan program yang kemarin ya pak?

Roy Passenger said...

Diproses ulang saja Pak. Hubungi call center bukopin di nomor 14005

Naydellyn army Ina said...

pak roy saya ada tagihan kartu kredit dr bank danamon sebesar 40 juta, selama ini saya gestun bayar, dan skr saya udh gag sanggup lagi bayar, beberapa bulan lalu saya tlp customer service bank danamon minta reschedule tp katanya belom ada program itu, apa yg harus saya lakukan ?

Roy Passenger said...

Pembayarannya sudah telat berapa bulan ibu?
Kalau sudah lebih dari 3 bulan coba ditelpon csnya dan minta nomor bagian penagihan/collection.
coba diskusi dengan bagian penagihannya.

Unknown said...

Selamat pagi pak roy,,saya ingin bertanya hari ini saya mendapat tagihan dari CC BNI lalu saya mencoba menegosiasi kan kemereka namun syarat nya menurut saya amat lah aneh,,saya harus melampirkan semua tagihan saya kepada mereka,,bahwasan nya saya mempunyai banyak hutang selain diBNI. Bukan nya itu privasi yaa
Apakah benar ini dari pihak koleksion yg semestinya seperti ini bila menagih,,mohon pencerahannya terimakasih.

Roy Passenger said...

Sore. Apakah mereka yang menghubungi Bapak atau Bapak yang menghubungi collection BNI? Pastikan nomor collectionnya benar Pak, bisa dikonfirmasi ke 1500046.

Kalau syarat untuk rescheduling bisa saja ada data yang memang diperlukan oleh pihak Bank, Case by case. Tetapi untuk lebih pastinya saya sarankan konfirmasi ke collection bni pusat saja Pak, minta nomornya dari 1500046 atau minta disambungkan langsung.