FAQ Kartu Kredit Belum Aktif Tetapi Sudah Tertagih Iuran Tahunan

Bila iuran kartu kredit ditagihkan pada kartu kredit yang belum aktif dan akhirnya anda memutuskan untuk menutup kartu kredit tersebut, maka iuran akan dihapus dan anda tidak berkewajiban untuk membayarkannya.

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan produk membership berbayar. Pastikan kalau anda sudah setuju dengan syarat ketentuannya. Seperti biaya atau iuran tahunan kartu kredit dan bagaimana prosedur yang berlaku untuk pembayaran biaya keangotaan tersebut.


Kartu Kredit Belum Aktif Tetapi Sudah Tertagih Iuran Tahunan


Pada kartu kredit, walaupun kartu kredit belum aktif atau belum digunakan. Sistem secara otomatis akan menagihkan iuran tahunan kartu kredit anda.

Apakah Iuran Kartu Kredit yang tertagih harus dibayarkan walaupun Belum aktif?

Sebenarnya itu sudah menjadi tanggung jawab pemegang kartu dan harus dibayarkan. Tetapi kamu bisa  menghubungi call center dan menanyakan apakah ada program gratis iuaran tahunan kartu kredit? Sampaikan keberatan anda untuk membayar iuran kartu kredit tersebut. Bila anda memang tidak berniat menggunakannya lagi, mintalah disambungkan ke-bagian penutupan kartu. Di Bagian penutupan kartu, anda mungkin akan ditawari beberapa program gratis iuran tahunan.

Berikut ini adalah program yang biasa ditawarkan oleh bank terkait iuran kartu kredit pada kartu yang belum aktif:

  • Iuran akan dihapus dan kamu disuruh untuk aktivasi dan wajib menggunakan kartu minimal 1 kali.
  • Bank Memberikan syarat transaksi nominal tertentu.
  • Iuran kartu akan dihapus dan kamu hanya diminta untuk aktivasi kartu.


Bagaimana bila sebelumnya anda memang dijanjikan gratis iuaran oleh marketing dan ternyata malah tertagih? 

Untuk hal seperti ini perlu anda sampaikan ke pihak bank, mereka akan menerima laporan anda. dan biasanya bila memang benar ada penawaran seperti itu, maka iuran kartu anda akan dihapuskan.

Kenapa kartu kredit yang belum aktif ditagihkan iuran tahunan?

Kartu kredit mengunakan jaringan visa, MasterCard dan Lainnya. Jaringan tersebut mungkin saja berbayar atau mungkin saja pihak visa atau master yang memberikan loyalty kepada bank terkait dengan pengunaan jaringan atau network visa atau master itu sendiri. Jadi yang perlu untuk dipahami adalah penerbit kartu kredit juga harus membayar jaringan kartu kredit yang sudah anda miliki ke pihak MasterCard atau visa walaupun kartu itu belum aktif.

Berapa biaya yang dibayarkan bank penerbit ke VISA atau MASTER?

Tergantung dari keputusan bersama. Bisa saja untuk bank yang besar malah berlaku kebalikannya. Jadi VISA atau MASTER yang memberikan loyalty kepada bank dengan ketentuan penjualan produk yang melampaui batas ekspektasi. Visa dan Master bias juga mendapatkan bayaran langsung untuk pengunaan jaringan di Merchant. Jadi VISA dan MASTER tidak hanya mendapat keuntungan secara langsung dari bank, tetapi juga berlaku untuk setiap transaksi di merchant.

Sebaiknya, bila anda memiliki kartu kredit yang belum aktif dan tidak ada rencana untuk menggunakannya lagi. Silahkan hubungi call center dan minta supaya kartu kredit ditutup. Tetapi, bila anda masih memerlukan kartu tersebut untuk berjaga-jaga siapa tahu ada keperluan mendadak maka, anda harus setuju dengan syarat ketentuan biaya kartunya.

Informasi mengenai kartu kredit yang belum aktif tetapi tertagih iuran tahunan ini, berlaku untuk semua bank termasuk Bank ANZ, bank bca, Bank BNI, bank bri, bank bukopin, Bank Cimb Niaga, bank DBS, Bank Mandiri, Bank Mega, citibank dan bank-bank Lainnya.