Cara Menghindari Penipuan dan Contoh Kasus pada Kartu Kredit

Penipuan pada kartu kredit sangat sering terjadi. Kurangnya pengetahuan tentang kartu kredit, sering membuat nasabah terkecoh. Apalagi nasabah yang baru pertama sekali mengunakan kartu kredit.

Cara menghindari Penipuan pada kartu kredit adalah sebagai berikut:
  • Rahasiakan Data Kartu Kredit 
  • Jangan Mudah percaya Orang yang Mengaku dari Bank 
  • Tidak ada Kartu Diskon 
  • Hati-hati Autodebet Asuransi dari Kartu Kredit 
  • Gunakan Website yang Aman untuk Transaksi 
  • Jangan Menunda Blokir kartu bila Hilang 

Rahasiakan Data Kartu Kredit

Rahasiakan tiga angka dibalik kartu dan masa berlaku kartu dari pihak manapun juga. Kecuali ketika pihak bank meminta untuk verifikasi data. Dalam hal ini anda harus memastikan kalau anda sedang menghungi call center bank anda maka anda bisa menginformasikannya tetapi kalau bank yang menghubungi anda sebaiknya tolak dan infokan kalau anda akan menghubungi call center saja.

Jangan Mudah percaya Orang yang Mengaku dari Bank

Berhati-hatilah dengan orang yang mendatangi anda yang mengaku datang dari bank. Sebenarnya sangat jarang ban mengirimkan karyawannya untuk menjumpai anda. kalaupun ada yang mengaku dari bank mungkin hanya marketing yang menawarkan pinjaman dana dan dalam hal ini anda tidak perlu menginformasikan data kartu apapun kepada mereka.

Tidak ada Kartu Diskon

Tidak ada kartu diskon dalam istilah perbankan. Bila ada yang menawarkan kartu diskon segera tolak atau hubungi terlebih dahulu call center bank anda untuk  memastikan program tersebut. Jangan pernah mengiyakan sebuah penawaran melalui telepone yang mengatasnamakan bank anda.

Hati-hati Autodebet Asuransi dari Kartu Kredit

Bila ada mengikuti atau tertarik mengikuti asuransi dan anda berencana mengunakan kartu kredit anda untuk pembayaran otomatis setiap bulan. Sebaiknya cari tahu dulu informasi tentang perusahaan asuransi tersebut.

Pastikan mereka adalah asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses pembatalan. Informasi ini, mungkin bisa anda dapatkan melalui teman yang sudah bergabung sebelumnya atau pun melalui internet.

Gunakan Website yang Aman untuk Transaksi

Berhati-hatilah untuk transaksi online, pastikan website tempat anda bertransaksi aman dan keamananya sudah terbukti. Terkadang kejahatan transaksi online tidak dilakukan oleh pemilik atau orang -orang yang bekerja pada website itu tetapi pihak ketiga yang bisa merekam data kartu anda. website yang aman untuk bertransaksi adalah:

Menggunakan secured url (https) tandanya ada gambar gembok.
website yang sudah mengunakan fitur kode 3d secure; atau pengiriman kode transaksi ke handphone anda.

Jangan menunda Blokir kartu Kalau Hilang

Ketika kehilangan kartu kredit secepat mungkin menghubungi bank untuk pemblokiran. Bila handphone anda hilang juga, silahkan kunjungi kantor cabang bank anda yang terdekat. Atau usahakan menggunakan telephone umum untuk meminta pemblokiran kartu. 
Bila bank anda memiliki aplikasi e channel kartu kredit yang bisa memblokir kartu kredit, gunakan e channel tersebut.


BACA Modus Penipuan Kartu Kredit di Sini!

1 Komentar untuk "Cara Menghindari Penipuan dan Contoh Kasus pada Kartu Kredit"

Jenifer Jilian mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

Iklan Bawah Artikel