Cara Menghindari Penipuan dan Contoh Kasus pada Kartu Kredit

www.kartubank.com
Amankan Kartu Kredit Anda!

Penipuan pada kartu kredit sangat sering terjadi. Kurangnya pengetahuan tentang kartu kredit, sering membuat nasabah terkecoh. Apalagi nasabah yang baru pertama sekali mengunakan kartu kredit.

Cara menghindari Penipuan pada kartu kredit


  • Rahasiakan Data Kartu Kredit
  • Jangan Mudah percaya Orang yang Mengaku dari Bank
  • Tidak ada Kartu Diskon
  • Hati-hati Autodebet Asuransi dari Kartu Kredit
  • Gunakan Website yang Aman untuk Transaksi
  • Jangan Menunda Blokir kartu bila Hilang

Rahasiakan Data Kartu Kredit

Rahasiakan tiga angka dibalik kartu dan masa berlaku kartu dari pihak manapun juga. Kecuali ketika pihak bank meminta untuk verifikasi data. Dalam hal ini anda harus memastikan kalau anda sedang menghungi call center bank anda maka anda bisa menginformasikannya tetapi kalau bank yang menghubungi anda sebaiknya tolak dan infokan kalau anda akan menghubungi call center saja.


Jangan Mudah percaya Orang yang Mengaku dari Bank

Berhati-hatilah dengan orang yang mendatangi anda yang mengaku datang dari bank. Sebenarnya sangat jarang ban mengirimkan karyawannya untuk menjumpai anda. kalaupun ada yang mengaku dari bank mungkin hanya marketing yang menawarkan pinjaman dana dan dalam hal ini anda tidak perlu menginformasikan data kartu apapun kepada mereka.

Tidak ada Kartu Diskon

Tidak ada kartu diskon dalam istilah perbankan. Bila ada yang menawarkan kartu diskon segera tolak.

Hati-hati Autodebet Asuransi dari Kartu Kredit

Bila ada mengikuti atau tertarik mengikuti asuransi dan anda berencana mengunakan kartu kredit anda untuk pembayaran otomatis setiap bulan. Sebaiknya cari tahu dulu informasi tentang perusahaan asuransi tersebut.

Pastikan mereka adalah asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses pembatalan. Informasi ini, mungkin bisa anda dapatkan melalui teman yang sudah bergabung sebelumnya atau pun melalui internet.

Gunakan Website yang Aman untuk Transaksi

Berhati-hatilah untuk transaksi online, pastikan website tempat anda bertransaksi aman dan keamananya sudah terbukti. Terkadang kejahatan transaksi online tidak dilakukan oleh pemilik atau orang -orang yang bekerja pada website itu tetapi pihak ketiga yang bisa merekam data kartu anda. website yang aman untuk bertransaksi adalah:

  • Menggunakan secured url (https) tandanya ada gambar gembok.
  • website yang sudah mengunakan fitur kode 3d secure; atau pengiriman kode transaksi ke  handphone anda.


Jangan menunda Blokir kartu Kalau Hilang

Ketika kehilangan kartu kredit secepat mungkin menghubungi bank untuk pemblokiran.



Kasus Atau Modus Penipuan Kartu Kredit

Dibawah ini adalah beberapa modus atau kasus penipuan pada kartu kredit.

Dengan mengetahui modus-modus penipuan mungkin bisa menghindari anda dari penipuan kartu kredit.

Mengaku dari bank dan datang untuk aktifasi kartu kredit


Hal seperti ini biasannya terjadi pada pemegang kartu baru. Card holder (CH/pemegang kartu) akan disuruh hubungi call center. Kemudian setelah kartu aktif mereka akan mengeluarkan mesin EDC dan nge-deep kartu anda.

note: Aktifasi kartu tidak perlu bantuaan orang, cukup anda hubungi call center atau aktifasi via sms (caranya pasti ada di buku panduan).

Mengaku dari Visa/Master dan info kalau anda adalah nasabah terpilih yang dapat promo kartu diskon.


Mereka bisa saja berbicara lewat telephone atau langsung datang ke kantor/rumah anda. Mereka akan meyakinkan anda kalau mereka adalah petugas bank dengan menginfokan sedikit data-data personal anda yang entah darimana mereka dapat.

Yang perlu anda ketahui sesunggunya mereka hanya memiliki info pribadi anda tetapi sama sekali tidak mengetahui data kartu kredit anda (ada juga yang hanya tahu jenis kartu anda, sehingga bisa mengatakan 6 digit pertama no kartu anda).

Note: Siapapun yang menghubungi anda mengatakan dari bank dan meminta data kartu anda. segera katakan!

"Terimaksih Mbak/Mas, saya lagi sibuk, nanti akan saya hubungi call center saja." Langsung matikan teleponnya. 


Bila anda sudah terlanjur tertipu maka pertimbangkan untuk melakukan penyanggahan transaksi.

Sebisa mungkin hubungi yang menipu anda bila masih memungkinkan. tetapi, bila tidak tersambung maka kirimkan/kembalikan semua paket, atau barang yang sudah anda terima, simpan resi pengiriman atau pengembalian paket untuk anda lampirkan di dokumen penyanggahan transaksi.



Asuransi yang tidak kerja sama tidak mau berhenti debet dari kartu anda


Segera hubungi bank anda dan minta pergantian kartu. dengan, menganti kartu kredit anda, maka dipastikan pihak tersebut tidak akan mengetahui data kartu kredit anda yang baru. Hal ini juga bisa anda lakukan bila anda terlanjur terdaftar pada sebuah keangotaan di pasar online.


Asuransi tertagih tanpa persetujuan endroll/daftar dari anda


Segera hubungi call center bank anda dan minta untuk cancel. Bila bekerjasam dengan bank anda, call center bisa buatkan laporan. tetapi bila tidak bekerja sama maka perhatikan poin ke tiga di atas.

Jika anda keberatan untuk bayar yang sudah tertagih, penulis berharap supaya diingat-ingat lagi apakah anda yakin 100% belum menyetujui. Sampaikan keluhan anda via call center dan minta supaya dibuatkan laporan permintaan dihubungi kembali oleh asuransi yang bekerja sama dengan bank anda. bila tidak kerja sama lakukan penyangahan transaksi.


Itunes tidak berhenti debet dari cc

Kasus seperti ini bisa terjadi karena anda tidak sengaja mendaftar jadi anggota di Itunes.

Untuk Kasus ini tidak ada jalan lain selain mengganti kartu kredit anda.  Hubungi call center dan minta supaya kartu anda di blok dan diganti. Biasanya anda harus mengirimkan surat permohonan + fc KTP dan FC CC.

Double Transaksi

Transaksi satu kali tapi tertagih dua atau tiga kali. Kartu tidak perlu di blokir, hubungi call center untuk pembuatan laporan dispute. hal ini berlaku untuk transaksi yang gagal tetapi tetap tertagih.






1 Komentar "Cara Menghindari Penipuan dan Contoh Kasus pada Kartu Kredit"

Jenifer Jilian said...
This comment has been removed by a blog administrator.