Tips Aman menggunakan Kartu Kredit

Bila anda menggunakan komputer atau Smartphone untuk transaksi kartu Kredit.

Apalagi kalau Internet banking full service terinstall di Handphone atau sering anda gunakan di Komputer.
Maka Antivirus wajib digunakan dan diupdate berkala.

Gunakan Antivirus apa saja yang menurut anda paling sesuai.


Modus Penipuan pada kartu Kredit

Di bawah ini adalah beberapa modus atau kasus penipuan pada kartu kredit.

Mengaku dari bank dan datang untuk aktifasi kartu kredit
Hal seperti ini biasanya terjadi pada pemegang kartu kredit yang masih baru.
  • Pemegang kartu akan disuruh hubungi call center. 
  • Kemudian setelah kartu aktif mereka akan mengeluarkan mesin EDC dan nge-deep kartu anda. 
  • Mereka bilang itu adalah bagian dari Proses aktivasi Kartu Kredit. 

Aktifasi kartu tidak perlu bantuan orang, Cukup hubungi Call center atau Lewat SMS.

Modus penipuan pada kartu kredit


Modus Penipuan Kartu Kredit dengan Kartu Diskon

Mereka bisa saja berbicara lewat telephone atau langsung datang ke kantor/rumah anda. 

Mereka akan meyakinkan anda kalau mereka adalah petugas bank dengan menginfokan sedikit data-data personal anda yang entah darimana mereka dapat. 

Yang perlu anda ketahui: Sesunggunya mereka hanya memiliki info pribadi anda tetapi sama sekali tidak mengetahui data kartu kredit anda. 

Paling mereka mengetahui Jenis kartu dan 6 digit pertama Nomor kartu yang adalah BIN. Bin itu enam digit nomor kartu kredit dan sama semua untuk jenis kartu kredit satu logo.

Note: Siapapun yang menghubungi anda mengatakan dari bank dan meminta data kartu anda. segera katakan!
"Terimaksih Mbak/Mas, saya lagi sibuk, nanti akan saya hubungi call center saja."

Langsung matikan teleponnya. Nah silahkan hubungi call center bank anda untuk menginformasikan hal tersebut. Paling tidak walaupun kartu anda aman, anda membantu bank untuk informasi adanya kasus percobaan penipuan.


Bila anda sudah terlanjur tertipu maka pertimbangkan untuk melakukan penyanggahan transaksi.

Sebisa mungkin hubungi yang menipu anda bila masih memungkinkan. tetapi, bila tidak tersambung maka kirimkan/kembalikan semua paket, atau barang yang sudah anda terima, simpan resi pengiriman atau pengembalian paket untuk anda lampirkan di dokumen penyanggahan transaksi.

Note: Bila mereka sudah menginfokan promo kartu diskon, langsung matikan teleponnya. Kalau datang ke rumah, langsung tutup pintu atau bila perlu siram saja pakai air.


Asuransi yang tidak kerja sama tidak mau berhenti debet dari kartu anda.


Segera hubungi bank anda dan minta pergantian kartu.

Dengan menganti kartu kredit anda, maka dipastikan pihak tersebut tidak akan mengetahui data kartu kredit anda yang baru.

Hal ini juga bisa anda lakukan bila anda terlanjur terdaftar pada sebuah keanggotaan di pasar online.


Asuransi tertagih tanpa persetujuan endroll/daftar dari anda.

Segera hubungi call center bank anda dan minta untuk cancel. Bila bekerjasama dengan bank anda, call center bisa buatkan laporan. tetapi bila tidak bekerja sama maka perhatikan poin ke tiga di atas.

Jika anda keberatan untuk bayar yang sudah tertagih, penulis berharap supaya diingat-ingat lagi apakah anda yakin 100% belum menyetujui. 

Sampaikan keluhan anda via call center dan minta supaya dibuatkan laporan permintaan dihubungi kembali oleh asuransi yang bekerja sama dengan bank anda. 

Bila tidak kerja sama Ajukan penyanggahan transaksi!

Cara menghindari Penipuan pada kartu kredit


Supaya anda terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan pastikan untuk memperhatikan hal-hal berikut ini:

Rahasiakan tiga angka di balik kartu dan masa berlaku kartu dari pihak manapun juga. Kecuali ketika pihak bank meminta untuk verifikasi data. 

Dalam hal ini anda harus memastikan kalau anda sedang menghungi call center bank anda maka anda bisa menginformasikannya tetapi kalau bank yang menghubungi anda sebaiknya tolak dan infokan kalau anda akan menghubungi call center saja.
 
Berhati-hatilah dengan orang yang mendatangi anda yang mengaku datang dari bank. Sebenarnya sangat jarang bank akan mengirimkan karyawannya untuk menjumpai anda. kalaupun ada yang mengaku dari bank mungkin hanya marketing yang menawarkan pinjaman dana atau produk baru bank, dalam hal ini anda tidak perlu menginformasikan data kartu apapun kepada mereka. 

Tidak ada kartu diskon dalam istilah perbankan. Bila ada yang menawarkan kartu diskon segera 
tolak. 


Bila anda mengikuti atau tertarik mengikuti asuransi dan anda berencana menggunakan kartu kredit anda untuk pembayaran otomatis setiap bulan, sebaiknya cari tahu dulu informasi tentang perusahaan asuransi tersebut, pastikan mereka adalah asuransi yang memberikan kemudahan dalam proses pembatalan. Informasi ini, mungkin bisa anda dapatkan melalui teman yang sudah bergabung sebelumnya atau pun melalui internet. 

Berhati-hatilah untuk transaksi online, pastikan website tempat anda bertransaksi aman dan keamanan-nya sudah terbukti. Terkadang kejahatan transaksi online tidak dilakukan oleh pemilik atau orang -orang yang bekerja pada website itu tetapi pihak ketiga yang bisa merekam data kartu anda. website yang aman untuk bertransaksi adalah website yang sudah mengunakan fitur kode 3d secure; atau pengiriman kode transaksi ke handphone anda. 

Ketika kehilangan kartu kredit secepat mungkin menghubungi bank untuk pemblokiran.


Jaga Kartu Kredit Layaknya Uang Cash


Penipuan pada kartu kredit sangat sering terjadi, kurangnya pengetahuan tentang syarat dan ketentuan transaksi kartu kredit sering membuat nasabah terkecoh.

Apalagi nasabah yang baru pertama sekali mengunakan kartu kredit.

Satu hal yang paling penting untuk diketahui adalah bawah kartu kredit itu sama saja dengan uang cash.

Banyangkan bila anda memiliki uang cash di kantong dan kemudian tiba-tiba terjatuh maka otomatis uang akan ditemukan orang lain dan kemungkinan akan dipergunakan.


Bila anda kehilangan uang tentu saja anda tidak bisa menghubungi Bank Indonesia untuk mengembalikan uang anda itu.


Sama halnya bila anda kehilangan kartu kredit. Dan kemudian, ada transaksi pada kartu sebelum anda menghubungi Bank untuk pemblokiran kartu. Transaksi tersebut akan menjadi tanggung jawab anda.

0 Response to "Tips Aman menggunakan Kartu Kredit"