Cara Membatalkan Transaksi Kartu Kredit Berlaku Untuk Semua Bank

Advertise

Advertise

Pembatalan transaksi kartu kredit antara nasabah dan Merchant. Banyak kasus dimana nasabah pemegang kartu kredit berkeinginan untuk membatalkan transaksi. Sederhanannya transaksi kartu kredit yang sudah dilakukan, baik di mesin EDC atau Online hanya bisa dibatalkan oleh nasabah pemilik kartu dan toko atau tempat nasabah melakukan Transaksi.

Kartu kredit itu sama saja dengan uang cash bila dilihat dari ketentuan transaksinya. Uang cash adalah produk yang dalam pengertian lain bisa dikatakan diproduksi oleh Bank Indonesia. Misalkan ketika seseorang membeli sebuah mesin cuci dari Toko A. Dan setelah mesin cuci tersebut sampai dirumah ternyata ada masalah, mungkin tidak sesuai dengan info fitur atau mungkin ada kerusakan yang membuat pembeliannya marah atau kecewa, kemudian dia akan menghubungi Bank Indonesia untuk membatalkan Transaksi. Tentu saja permintaan itu tidak bisa diproses dan akan ditolak.

Sama halnya ketika anda transaksi dengan kartu kredit yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan perbankan. Bila anda sudah melakukan transaksi dengan toko, maka permintaan pembatalan transaksi ke pihak bank tentu saja tidak bisa diproses. Pertimbangannya begini, Misalkan seseorang yang telah membeli mesin Cuci di toko A yang tadi. Pihak bank sama sekali tidak mengetahui kronologi transaksi tersebut, apakah benar mesinnya rusak? Apakah benar dia sudah mengembalikan produknya? Itu tidak diketahui oleh bank.


Batalkan Transaksi Kartu Kredit dengan Menghubungi Toko

Kesimpulannya bila anda sudah terlanjur transaksi dengan kartu kredit dan bertanya cara membatalkan transaksi tersebut, jawabannya adalah dengan secepat mungkin menghubungi toko. Bila anda transaksi dengan mesin EDC, dimana lokasi toko cukup dekat dengan rumah anda, maka sebaiknya segera kembali ke toko dan bicarakan baik-baik dengan kasir atau pihak management toko/merchant tersebut. Apabila kasir tidak tahu cara membatalkan transaksi pada mesin edc yang digunakan, dibawah ini adalah langkah-langkah void transaksi melalui edc bank BCA.

Cara Membatalkan (Void) Transaksi di Mesin EDC BCA


Berikut ini adalah cara membatalkan transaksi kartu kredit di mesin EDC BCA:
  • Tekan Tombol Hijau pada mesin EDC
  • Pilih Menu Batch yang ada di layar mesin edc tersebut
  • Pilih Void lalu enter
  • Masukkan Kode password 3636 lalu enter
  • Masukkan Trace Number yang tertulis pada struk transaksi lalu enter (lihat gambar di atas)
  • Pastikan detail transaksi sudah benar lalu enter 
  • Masukkan PIN kartu kredit
  • Pembatalan transaksi kartu kredit di mesin edc BCA sudah selesai.

Bila transaksi yang ingin anda batalkan adalah transaksi online, segera kunjungi website tempat anda bertransaksi. Biasannya website menyediakan sejenis fitur chat atau pengaduan di website mereka. Atau kalau tidak ada, masuk ke halaman Contact dan catat nomor telepon official mereka, segera hubungi dan minta pembatalan transaksi.


Transaksi Kartu Kredit terindikasi penipuan bisa dicoba penyanggahan transaksi

Untuk kasus pembatalan transaksi yang jelas-jelas berbentuk penipuan, Bisa dibantu oleh Bank. dan untuk kasus inipun hanya bersifat pengaduan, berhasil atau tidaknya tidak bisa dijamin oleh bank. Pengertiannya Bank akan berusaha untuk membantu anda, tetapi bila tidak berhasil maka transaksi tetap akan menjadi tanggungjawab pemilik kartu. Bila anda keberatan, coba diingat kembali tentang kesamaan antara transaksi dengan kartu kredit dan cash.

Untuk lebih jelasnya mengenai pembatalan transaksi penipuan dan pengaduannya kepada bank bisa anda baca cara menyanggah transaksi

Untuk informasi modus penipuan kartu kredit silahkan dibaca modus penipuan pada kartu kredit.

Tutorial cara membatalkan transkasi kartu kredit ini, berlaku untuk semua bank termasuk Bank ANZ, bank bca, Bank BNI, bank bri, bank bukopin, Bank Cimb Niaga, bank DBS, Bank Mandiri, Bank Mega, citibank dan bank-bank Lainnya.

Komentar