Cara Mengajukan kenaikan limit Kartu Kredit

Bila anda sudah menggunakan kartu kredit selama enam bulan (Untuk beberapa Bank) atau 1 Tahun. Dengan status kredit lancar (Status kredit bisa dilihat di lembar tagihan anda). Maka, Anda sudah berhak untuk mengajukan kenaikan limit kartu kredit.

Biasanya beberapa bank akan menaikkan limit kartu kredit nasabah secara otomatis, tetapi tidak semua nasabah yang beruntung. Nah, daripada menunggu kenaikan otomatis yang entah kapan akan diberikan oleh bank. Sebaiknya, pertimbangkan untuk mengajukan langsung. 
Sebelum pengajuan kenaikan limit kartu kredit. Penulis akan mencoba menjelaskan jenis-jenis kenaikan kredit limit menurut waktu dan kegunaan-nya.

Kenaikan limit permanen

Untuk pengajuan kenaikan limit permanen, biasanya anda akan disarankan untuk mengirimkan dokumen. Apa saja? selanjutnya akan dibahas.

Kenaikan limit sementara

(biasanya bersifat 3-6 bulan tergantung program bank anda) Beberapa bank mewajibkan nasabah untuk mengirimkan dokumen. Tetapi, ada beberapa bank lain-nya yang tidak meminta dokumen, cukup dengan membuat laporan dengan menghubungi call center.

Kenaikan kredit limit instan.

Untuk kenaikan kredit limit instan, anda tidak akan diwajibkan untuk mengirimkan dokumen. Tetapi, untuk pengajuan limit ini, anda harus memiliki alasan yang jelas. Bahkan beberapa bank baru akan menyetujui kenaikan limit bila transaksi anda sudah gagal dulu. Untuk bank BUMN biasanya akan menyetujui kenaikan limit anda bila transaksi sudah gagal di rumah sakit.

Baiklah, di atas adalah penjabaran singkat mengenai jenis-jenis kenaikan limit. Sekarang mari kita bahas proses untuk pengajuan kenaikan limit permanen. Dimana, anda harus mengirimkan dokumen.

Dokumen yang diperlukan:

  • Surat pernyataan tanpa materai yang ditanda tangani. Selain informasi nama dan nomor cc, Pastikan anda juga menginformasikan alasan permintaan kenaikan limit anda.
  • Anda bisa menyebutkan untuk menambah transaksi, untuk modal usaha, untuk biaya pendidikan. Pokoknya alasannya harus masuk akal.
  • foto copy KTP
  • foto copy CC
  • Slip Gaji Terakhir (bila slip gaji anda masih memiliki nominal yang sama seperti awal, tidak usah kawatir secara umum semua bank bisa memberikan limit kartu kredit sampai 3 x nominal gaji anda)
Setelah anda mempersiapkan dokumen tersebut, silahkan hubungi call center bank anda, untuk proses laporan terlebih dahulu.

Yang anda harus tanyakan adalah:

  1. Tanyakan biaya kenaikan limit.
  2. Tanyakan kemungkinan up grade logo kartu kredit dan biaya iuran kartu kredit yang baru.
  3. Tanyakan lama proses
  4. Tanyakan alamat email atau fax.
Hubungi kembali call center anda 1 x 24 jam untuk memastikan dokumen yang anda kirimkan. Untuk jaga-jaga saja siapa tahu ada yang kurang. Dan dengan menghubungi call center kembali, juga bisa membuat proses permintaan kenaikan limit anda lebih cepat.

Hati-hati selalu dengan pihak-pihak yang menawarkan kenaikan limit kredit dengan meminta bayaran. ingat bila kenaikan limit anda dinaikkan otomatis biasanya itu gratis, tetapi kalau anda yang mengajukan baru bayar biaya kenaikan limit dan itupun langsung tertagih ditagihan kartu kredit anda, hanya jika permintaan kenaikan disetujui.
Semoga bermamfaat.



cara menaikkan limit
cara mengajukan kenaikan limit