Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Biaya Kartu Kredit TMRW by UOB

 Apakah kamu ingin tahu apabila kartu kredit TMRW by UOB memiliki biaya yang lebih mahal atau lebih murah dibandingkan dengan kartu kredit dari bank lain?

Menurutku biayanya tidak mahal dan tidak murah. Bisa dibilang standard.  Biaya kartu kredit TMRW by OUB yang merupakan platinum MasterCard hampir sama dengan kartu kredit Mandiri Gold.

Namun, selain biaya, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengajukan kartu kredit. Menurutku yang paling penting adalah fasilitas cicilan-nya, baik itu persentase bunga dan pilihan tenornya.

Kemudian, selain fasilitas cicilan, ada fitur lain yang penting seperti: Transfer dana dari kartu kredit, Fasilitas airport lounge, fasilitas asuransi dll.

Mari kita bandingkan biaya kartu kredit TMRW dengan Bank lain.

Bandingkan Biaya Kartu Kredit TMRW


Bunga reguler kartu kredit sudah diatur oleh negara dan sama di semua bank penerbit. Saat ini Bunga (dalam masa pandemic) adalah sebesar 2% per bulan atau 24% per tahun. Bunga yang dimaksud di sini adalah persentase bunga yang muncul karena pembayaran minimum, bayar telat atau tarik tunai di mesin atm.

Beda lagi dengan bunga cicilan tetap.

Bunga cicilan tetap tidak diatur oleh negara dan berbeda-beda di tiap bank. Cicilan tetap kartu kredit yang dimaksud adalah transaksi di atas 500 per struk dipecah pembayarannya menjadi 3, 6 atau 12 bulan dengan bunga tetap. Sehingga tiap bulan akan ditagih jumlah yang sama (bukan pembayaran minimum yang 10%). Karena kalau pembayaran minimum itu perhitungan bunga baik rumus dan persentase bunganya sudah berbeda. Lebih untung dengan cicilan tetap ketimbang bayar minimum.


Biaya CC TMRW:
  • Bunga 2% (sama semua bank)
  • Denda keterlambatan 1% dari total tagihan maksimal Rp.100.000 (Sama dengan mandiri gold)
  • Iuran Tahunan kartu kredit TMRW Rp.300.000 (sama dengan mandiri gold)
  • Biaya Tarik tunai di ATM 6% dari dana yang ditarik minimal Rp.100.000 (Sama dengan mandiri dan BNI)
  • Denda Over-limit Rp.150.000 (Sama dengan Mandiri dan BNI)
  • Cetak lembar tagihan (Hardcopy) Rp.30.000 (Mandiri cetak reguler bulanan Rp.15.000 copy ulang Rp.25.000/ BNI Rp.20.000) Gunakan E-statement supaya gratis.
  • Ganti Kartu Rp.50.000 (Mandiri Rp.50.000/ BNI Rp.100.000)
  • Penalty Percepatan melunasi cicilan Rp.250.000 (Mandiri 5% dari sisa cicilan pokok/ BNI Rp.300.000)
Kesimpulan biaya kartu kredit TMRW tidak mahal bila dibandingkan dengan bank lain.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)