Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi pembayaran dengan Indosat tidak tersedia di play store

 Saya menggunakan dua sim card, telkomsel dan Indosat. Sim card kartu pertama saya adalah indosat dan merupakan sim card pertama juga yang terdaftar sebagai metode pembayaran di akun google play store saya. Kemudian, saya beli kartu telkomsel dan saya tempatkan di slot sim 1, kemudian indosat saya pindahkan ke slot sim 2. Pulsa telkomsel saya pernah banyak dan akhirnya saya pakai telkomsel untuk bayar. 

Setelah beberapa bulan kemudian, ternyata metode pembayaran dengan indosat menjadi tidak tersedia.


Cara Mengatasi pembayaran dengan Indosat tidak tersedia di play store

Muncul pertanyaan di kepala saya, apakah kalau saya kembalikan indosat ke slot 1, statusnya akan kembali menjadi tersedia?

Buru-buru, saya coba, saya pindahkan telkomsel ke slot 2 dan indosat ke slot satu. Dan Hasilnya sama saja. Pembayaran dengan indosat tidak tersedia. Namun, pembayaran dengan telkomsel masih tetap bekerja meskipun sudah di slot dua.

What's wrong?

Bahkan tulisan 'Carrier Billing Indosat' seperti waktu pertama daftar tidak muncul di google play store. 

Saya coba masuk ke pengaturan pembayaran, melalui link (https://pay.google.com/gp/w/home/payment methods) dan menghapus metode pembayaran indosat dengan harapan setelah dihapus akan muncul menu daftar di google play store. Tapi tetap saja tidak muncul.

Memulihkan metode pembayaran Indosat yang tidak tersedia

Setelah mencari tahu, akhirnya saya berhasil memulihkan metode pembayaran indosat di google play store dengan cara sebagai berikut:

  • Pertama, masuk ke pengaturan pembayaran atau klik link di atas dan hapus metode pembayaran indosat.
  • Kedua, masuk ke pengaturan handphone, pilih pengaturan aplikasi. Kemudian, pilih Google play store. Silahkan tekan hapus data, Atau bila tidak ada, klik penyimpanan dan pilih hapus data.
  • Ketiga, restart smartphone kamu.
  • Keempat, masuk ke google play store, biasanya akun kamu masih tetap akan terdaftar. Klik menu (atau garis tiga horizontal di sebelah kiri atas) dan pilih metode pembayaran. Pastikan kalau  'Carrier Billing Indosat' sudah tersedia, klik dan aktifkan seperti biasa.
  • Kelima, Bila belum tersedia, masuk ke pengaturan handphone, lalu pilih akun (Akun dan sinkronisasi) dan hapus semua akun yang terdaftar. Kemudian, masuk restart handphone kamu dan daftarkan kembali email kamu. lakukan langkah keempat sekali lagi.
  • Keenam, bila tidak bisa juga, kemungkinan kamu memiliki beberapa alamat email yang terdaftar di satu google play store dan pernah menggunakan indosat untuk bayar. Kalau iya, lakukan langkah pertama (hapus metode pembayaran indosat yang sudah terdaftar dari semua alamat email) kemudian, restart dan lakukan langkah keempat.


Bila tidak berhasil juga, maka kamu harus menghubungi call center Indosat untuk menanyakan penyebabnya. Kalau saya, sudah langsung berhasil pada langkah yang keempat. 

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)