Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bedakan Rekening BCA Yang Ditutup VS Dormant (Jarang dipakai)

Rekening BCA jarang dipakai, sudah terblokir atau belum yah? Gimana cara mengetahui apakah rekening BCA saya masih aktif atau sudah terblokir? Gampang! Hanya ada dua kemungkinan: Ditutup otomatis atau  Dormant (terbengkalai)

Bila saldo di rekening Rp.0 selama 3 bulan berturut-turut, maka bank BCA akan menutup sepihak rekening-mu tersebut. Tapi, ketentuan ini tidak berlaku untuk semua jenis rekening. Hanya untuk rekening jenis: Tahapan, Tapres, Tahapan Gold, Tahapan Xpresi, Tabunganku dan Tahapan Dollar.

Sedangkan untuk BCA Giro baru akan tertutup otomatis bila saldo Rp.0 selama enam bulan berturut-turut.

Rekening Simpanan Pelajar BCA beda lagi; baru akan tutup otomatis bila tidak ada aktivitas apapun selama 6 bulan berturut-turut dengan saldo Rp.5000 ke bawah.

Ditutup atau Dormant

Rekening BCA


Apakah Rekening BCA Saya belum ditutup? Apa itu BCA Dormant?

Selama masih ada saldo di rekening BCA-mu maka Rekening tersebut masih aktif tetapi kemungkinan Dormant kalau jarang dipakai atau tidak dipakai selama 6 bulan berturut-turut dengan minimal 10 juta rupiah. Misalnya, kamu cek mutasi selama enam bulan terakhir dan tidak ada aktivitas apapun selain peng-kredit-an bunga dan pemotongan biaya administrasi.

Jadi kredit bunga dan debet biaya administrasi tidak termasuk transaksi? Tidak

Contoh: Di rekening saya masih ada saldo 9 juta (Tahapan Gold) Dan selama enam bulan saya tidak transaksi apapun-maka Rekening tersebut pasti sudah dormant.

Contoh lain: Bagaimana dengan rekening saya? Saldo saya masih Rp.15.000.000 dan sudah lama tidak pakai Tahapan BCA saya? Rekening tetap aktif karena saldo masih diatas Rp.10.000.000

Astaga, jadi Rekening BCA saya sudah Dormant? Gak Bisa dipakai lagi dong?

Tenang saja, Rekening Dormant bukan berarti rekening-nya sudah ter-blokir atau ditutup. Tapi, kamu hanya bisa melakukan transaksi melalui channel BCA seperti ATM dan ebanking lainnya. Sedangkan untuk transaksi di kantor cabang tidak bisa dilayani.

Terus bagaimana cara mengaktifkan rekening BCA saya yang dormant?

Caranya sangat gampang, Tarik tunai di atm BCA maka Rekening BCA-mu otomatis akan kembali normal (Alias tidak Dormant lagi)

Rekening BCA saya saldo-nya sudah 0 selama tiga bulan lebih? Apakah masih bisa diaktifkan?

Sebaiknya buka rekening BCA yang baru saja. Karena bila saldo 0 tiga bulan berturut-turut untuk jenis rekening yang sudah saya sebutkan diatas, maka otomatis sudah ditutup oleh Bank BCA.

Saya gak tahu sejak kapan rekening BCA saya saldo-nya Rp.0. Kalau saya transfer uang ke sana gimana yah? Untuk hal tersebut sebaiknya hubungi BCA Call terlebih dahulu.

Roy Passenger
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)

Iklan