16 Cara Menghasilkan Uang Online Untuk Orang Indonesia

Percayalah! Menghasilkan uang Online di Indonesia itu sangat mungkin. Tapi….? Menghasilkan uang Online itu tidak mudah. Tidak semudah yang kita lihat di youtube! Tidak seenak yang content maker sering ceritakan di youtube. Semuanya butuh kerja keras - Butuh proses yang panjang. Kesabaran akan diuji. Di sanalah banyak orang menyerah dan berhenti setengah jalan, tanpa menghasilkan apa-apa. Misalkan channel youtube seseorang, berhenti setelah upload 100 video karena subscriber-nya belum mencapai seribu atau berhenti mengupload video setelah melihat penghasilan yang tidak seberapa pada bulan-bulan pertama.

Jadi blogger adsense juga tidak mudah - Selain proses persetujuan adsense sudah semakin sulit. Blogger juga harus konsisten untuk tetap publish konten baru atau paling tidak update postingan lama. Butuh waktu paling cepat enam bulan untuk bisa menghasilkan uang dari adsense blog. Selebihnya dibahas dibawah.

Sama halnya dengan author Ebook - Menulis buku baik fiksi atau non-fiksi bukanlah hal yang mudah. Seseorang harus rela menatap komputer berjam-jam setelah pulang kantor. Menulis ratusan lembar buku yang mungkin saja bisa diselesaikan dalam waktu 1 tahun atau enam bulan.

Jadi….. Maksudku adalah tidak ada jalan pintas untuk bisa sukses menghasilkan uang online. Semuanya butuh konsistensi dan kerja keras. Tapi itu sangat mungkin. Saya sudah bekerja dari rumah selama dua tahun terakhir. Semua pekerjaan online saya babat, mulai dari freelancer, afiliasi, dropshipping, adsense youtube, adsense blog, kindle amazon, semuanya sudah pernah saya coba. Pengalaman itulah yang ingin saya bagikan disini.

Top 18 Cara Menghasilkan Uang Online Yang Paling Masuk Akal Di Indonesia

1. Jual Desain Kaos (Teespring)


contoh desain kaos

Bagaimana cara kerjanya? Tugasmu adalah membuat desain kaos yang keren - Biasanya disertai quote atau tulisan aneh tapi keren. Bayangkan saja satu kalimat keren yang kamu inginkan ada di kaosmu! Mungkin, orang lain juga akan menyukainya.  

Kamu tidak perlu printing kaos sendiri, apalagi jahit kaos sendiri. Tugasmu hanya membuat Desain kaos saja! Kemudian masuk ke website teespring.com - buat akun - dan jual desain kaos keren yang kamu kerjakan. Selanjutnya proses mencetak baju dan mengirimkan baju ke pembeli adalah pekerjaan mereka.

Bagaimana cara membuat teespring? Sangat mudah guys. Aku menempatkan ini di urutan pertama, karena ini adalah pekerjaan online yang paling mudah untuk dilakukan, bahkan kamu bisa mendesain kaos di HP. Ada banyak aplikasi yang mudah digunakan di Google play Store.

Tapi….Kalau kamu punya PC. Gunakan saja canva.com - Supaya lebih mudah. Silahkan cari video tutorialnya di youtube sangat banyak.



2. Buat Blog

logo blogspot

Kamu pasti sudah sering mendengar tentang penghasilan adsense dari blog. Saya tidak akan menceritakan bagaimana cara kerjanya - kamu pasti sudah tahu. Buat blog dan daftar adsense.

Tapi….Yang perlu kamu ketahui adalah bahwa blog yang berhasil untuk mendapatkan banyak pengunjung, bukanlah blog yang sengaja dibuat untuk adsense - Tapi blog yang memang dibuat untuk membantu orang-orang.

Kamu pasti punya sebuah keahlian - Siapapun punya keahlian dalam satu bidang. Misalkan petani - Dia bisa menuliskan pengalaman-pengalaman selama menanam padi dengan pupuk tertentu atau dengan metode tertentu.

Atau Pelajar - Bisa menuliskan pelajaran yang dipelajari di sekolah. Itu terdengar sangat keren. Misalkan kamu menyukai biologi. Kenapa tidak menulis ulang apa yang kamu pelajari hari ini di sekolah. Buatlah tulisan itu seberguna mungkin untuk orang lain. Berguna itu tidak hanya sebatas membantu memberikan petunjuk, tapi bisa berguna karena menghibur, bisa berguna karena memotivasi dan lain-lain.

Kamu bisa mencoba dari blog gratisan terlebih dahulu. Jangan percaya orang yang mengatakan kalau kamu harus beli hosting. Tidak. Blog gratisan seperti blogspot.com dan wordpress,com juga bisa mendatangkan pengunjung.  Tapi...sangat dianjurkan supaya kamu langsung beli domain!

3. Buat Youtube Channel

Logo Youtube

Saya tidak perlu menjelaskan banyak tentang poin yang satu ini. Ada beberapa jenis orang yang bisa sukses di youtube, orang yang bermuka tebal, orang yang kreatif dan orang yang ahli dalam bidang tertentu.

Buat channel youtube.com dengan niche. Niche itu artinya video terbatas untuk satu kategori saja - Misalkan video tentang game, kuliner, musik, humor, film pendek, budaya, dll.

Bila kamu tidak pede untuk video muka sendiri, kamu bisa buat video presentasi yang biasanya membagikan hal-hal unik atau statistik tertentu - misalkan sepuluh orang dengan hidung terpanjang. Hargai copyright dan pelajari hal tersebut terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membuat jenis video seperti itu.

4. Buat Akun Amazon Prime

Logo Amazon prime


Amazon prime itu tidak terlalu jauh berbeda dengan youtube. Di sana kamu bisa mendapatkan bayaran bila video yang kamu upload ditonton banyak orang. Selain film pendek, kamu juga bisa menyiarkan langsung game yang kamu mainkan. Kamu akan dibantu untuk memilih aplikasi game streaming!

Video yang kamu upload di Amazon prime tidak harus berbahasa inggris tapi kamu harus menyertakan subtitle dalam bahasa inggris.


5. Gabung airbnb Guest House

logo airbnb

Sewakan rumah, apartemen atau kamar kosong pada rumah di airbnb dan dapatkan penghasilan setiap bulannya. Buka airbnb guest homes dan aktifkan lokasi di device yang kamu pakai. Secara otomatis airbnb akan menghitungkan perkiraan penghasilan perbulan yang kamu dapatkan sesuai dengan lokasi tempat yang ingin kamu sewakan. Saya sendiri mendapatkan penawaran hingga $454 per bulan untuk menyewakan rumah.

Cara kerjanya adalah daftarkan tempat anda yang bisa digunakan tamu layaknya hotel. Kamu bisa mengatur kapan saja tempat itu bisa disewa dan berapa harganya. Berita bagusnya, airbnb akan menjaga keselamatan pemilik rumah beserta properti dengan asuransi hingga $1 juta.


6. Tulis Ebook


Apakah kamu punya keahlian khusus? - Mungkin kamu bisa menulis sebuah buku mengenai resep makanan kesukaan keluargamu. Atau resep masakan tradisional di daerahmu. Kamu juga bisa menulis buku tentang pengalaman berpetualang ke sebuah tempat atau negara lain, melengkapinya dengan petunjuk-petunjuk. Atau kamu juga bisa menuliskan buku fiksi, baik kumpulan cerpen atau sebuah novel.

Ebook bisa dijual di sosial media atau website mu sendiri. Atau Jual di kindle amazon bila bukumu berbahasa inggris. Saya sendiri menjual buku tentang grammar bahasa daerah saya di kindle dan dapat pembeli dari berbagai negara di eropa dan jepang. Mungkin kamu bisa mencoba menulis grammar bahasa daerahmu juga. Menjual ebook di google play store, kamu harus diundang dulu, tidak bisa daftar sendiri.

Jangan menjual ebook yang bukan karya tulismu (Kecuali ebook public domain). Itu akan sangat berakibat buruk pada dirimu sendiri. Selain kindle akan memblokir akun mu, kamu juga akan kehilangan reputasi dan bahkan dibully banyak orang.

Ebook public domain adalah ebook yang tidak punya copyright. Ada banyak buku yang tidak punya copyright, biasanya buku-buku yang ditulis sebelum tahun tertentu (jaman dulu). Kamu tidak bisa menjual ebook public domain di kindle bila sudah ada versi gratisnya di sana.


7. Jadi Mitra Quora

contoh penghasilan mitra quora

Bagaimana cara kerjanya? Sangat mudah - Kamu menuliskan pertanyaan di QUORA.com - orang akan menjawab pertanyaan itu. Bila pertanyaan dan jawaban itu dibaca banyak orang - kamu akan mendapatkan penghasilan. Tidak tanggung-tanggung- Seseorang bisa menghasilan sampai sepuluh juta dari satu pertanyaan yang viral. 

Bertanya di Quora tidak seperti menulis postingan blog. Bila penghasilan iklan dari postingan di blog akan selamanya menjadi milikmu, di Quora hanya untuk jangka waktu tertentu saja. Biasanya sebulan setelah pertanyaan dituliskan.

Selain itu, kamu tidak bisa mendaftar menjadi Mitra Quora. Tapi, Mereka akan mengundang mu menjadi Mitra bila kamu aktif menjawab pertanyaan terlebih dahulu. Saya sendiri diundang menjadi Mitra Quora setelah bergabung dua tahun.

Setahu saya, banyak orang Indonesia yang mendapat penghasilan dari Quora. Tapi, hati-hati, tempat mencari uang ini tidak selalu bersahabat, ada-ada saja orang yang tidak suka bila pertanyaanmu terlalu viral - hal seperti itu bukan rahasia lagi di sesama mitra Quora. Apalagi bila kamu terus-terusan menuliskan pertanyaan sepanjang hari dan dijawab sendiri!

8. Jadi Freelance Content Writer

Contoh pekerjaan freelancer

Penulis lepas sangat dibutuhkan sekarang ini. Banyak website yang mau membeli artikel yang kamu tulis. Tapi artikel tersebut harus original dan punya kualitas Seo yang bagus. Kamu bisa belajar terlebih dahulu mengenai cara menuslis artikel dengan menerapkan optimasi Seo. Bila kamu tertarik untuk menghasilkan uang online dengan cara menulis menjual artikel - Silahkan coba di jalantikus.com atau babe. Masih banyak contoh website lainnya dimana kamu bisa menjual artikel.

9. Bid Pekerjaan Sampingan Di freelancer

Bila kamu punya keahlian menulis konten website, menerjemahkan, membuat konten video dan jenis keahlian lainnya - Sebaiknya buat akun di freelancer dan bid tugas-tugas yang ditawarkan di sana.

Berdasarkan pengalaman saya, pihak pemberi pekerjaan biasanya akan lebih tertarik menggunakan jasa freelancer yang punya review bagus. Untuk yang tidak punya review sama sekali, jarang dipakai- kecuali untuk tugas yang jarang di-bid orang.

Bila kamu ingin sukses menjadi freelancer - tawarkan jasa gratis terlebih dahulu atau tawar dengan harga yang paling rendah. Jangan langsung berpikir untuk mengambil untung. Kerjakan tugas sebagus mungkin dan minta pemberi kerja untuk memberikan review yang bagus. Setelah ada review - akan semakin mudah bersaing di freelancer.


10. Jual Foto Online


Bila kamu punya stok foto yang kira-kira bisa digunakan oleh orang lain - cobalah menjual foto tersebut online. Ada banyak website untuk menjual foto - Seperti adobe stock, shutterstock, Alamy, Esty, dll.

Tidak harus yang ahli dalam bidang photography. Cobalah menjual foto yang unik atau foto yang kemungkinan besar digunakan oleh orang lain untuk pemasaran produk mereka. Seperti foto petani yang memegang padi atau hasil pertanian lainnya, peternak yang membaca buku, carilah ide foto-foto tradisional khas Indonesia. Atau bila kamu berani berpose erotic, kemungkinan besar itu akan laris manis.


11. Lakukan Dropshipping

Kamu bisa membaca pengalaman saya melakukan dropshipping di Aliexpress. Mungkin kamu bisa belajar kenapa saya gagal - Baca Di Sini!

Saya mengenal beberapa orang yang sukses melakukan bisnis dropshipping dari Amazon dan Aliexpress - Tapi...itu bukanlah hal yang mudah.  Bila kamu tertarik untuk melakukan dropshipping, cobalah melakukannya di online shop Indonesia terlebih dahulu - Misalkan dari shopee ke Tokopedia atau sebaliknya!

12. Ikut Lomba

Lomba tidak pernah sepi - Mulai dari lomba menulis cerpen, novel, puisi, membuat video, desain kartu, dll. Info Lomba bisa kamu cek di kuis.online

Usahakan untuk menyertakan karya yang benar-benar bagus supaya menang. Jadi seorang yang super perfectionist untuk beberapa saat. Bila perlu pelajari strategi memenangkan lomba yang pasti sudah banyak dibagikan di internet.


13. Lakukan Afiliasi lewat Social Media

Cara kerjanya - Kamu menerima nomor afiliasi atau link dengan kode unik tertentu dari market place, misalkan zalora, tokopedia, pegipegi, dll. Kemudian, sebarkan nomor afiliasi atau link tersebut di sosial mediamu. Tentu saja, kamu tidak hanya meletakkan kode itu begitu saja di statusmu - tulislah postingan yang menarik supaya orang mau menggunakan nomor afiliasi atau link afiliasi-mu. Afiliasi tidak hanya bisa dilakukan oleh blogger saja. Kamu bisa menggunakan sosial media untuk membagikan link afiliasi mu.

14. Jadi Tutor Online

Punya ilmu yang bisa dijual? Jadilah Tutor Online. Saat ini, ada banyak website yang membuka lowongan pekerjaan untuk pengajar online, seperti gotraining, preply atau bila kamu bisa mengajar pakai bahasa inggris, silahkan coba mendaftar di Udemy!


15. Jualan VIP Smule

Logo Smule

Apakah kamu mengenal aplikasi Smule? Itu adalah aplikasi karaoke online. Banyak orang Indonesia yang mendapat penghasilan yang cukup tinggi dari smule. Pekerjaan mereka adalah menawarkan VIP kepada anggota smule. Kamu bisa menginstall Smule terlebih dahulu! dan lihat bagaimana cara orang-orang menawarkan VIP smule dan tirulah. Atau silahkan gabung dengan re-seller VIP Smule. Silahkan cari artikel yang membahas tentang hal ini di google!


16. Buat Website Khusus Jual Jasa

Banyak orang Indonesia yang berhasil membuat website jasa. Saat ini yang paling populer adalah jasa pindah rumah dan service ac. Kamu tidak harus punya keahlian dalam hal tersebut. Tugasmu adalah membuat sebuah website dan menarik ahli untuk mendaftar sebagai pekerja sampingan di websitemu. Kemudian, kamu tinggal mengatur jadwal masing-masing pekerja. Contoh Website jasa yang masih berpeluang besar saat ini adalah jasa angkut pindahan rumah, jasa penerjemah, jasa cleaning service, jasa service alat-alat elektronik, dll.

Bila kamu tidak bisa membuat website seperti wordpress. Tidak apa-apa bila menggunakan platform gratisan seperti blogspot terlebih dahulu - Yang penting kamu menggunakan domain. Tulis blog tersebut dengan artikel-artikel seputar jasa yang kamu tawarkan untuk menarik pengunjung.

Demikian 16 cara menghasilkan uang online di Indonesia yang paling masuk akal. Silahkan pilih salah satu atau beberapa yang mau kamu coba! Jangan lupa untuk mempelajari-nya terlebih dahulu.
Roy Passenger Selamat datang di Kartu Bank! Saya Roy Passenger. Baca Novelku di Google play Book, Yah! Klik Di Sini (Khusus Dewasa)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel