Pengalaman - Internet Lokal Telkomsel Tidak Bisa Dipakai

Tanggal 18 September 2019, saya membeli paket internet telkomsel combo 30gb dari aplikasi my telkomsel. Dengan detail internet 2gb, internet lokal 26 gb, maxstream 2 gb. Hari itu juga, kuota internet utama 2gb langsung habis dan ternyata paket internet lokal tidak bisa saya gunakan. Pulsa saya pun tersedot.

Detail kuota internet lokal telkomsel combo 30gb

Tentu saja, ini bukan pengalaman pertama saya beli kuota internet telkomsel. Namun, biasanya saya membeli kuota melalui perintah keyboard *363# dan kuota lokal selalu bisa saya gunakan. Kecuali untuk kasus ini.

Saya membeli kartu telkomsel di Jawa Barat dan saya juga membeli paket internet di lokasi yang sama. Aktivitas internet saya dan juga lokasi handphone pada google map terdeteksi di kota yang sama. Saya tidak menggunakan VPN atau aplikasi sejenis yang bisa mengubah lokasi. Harusnya tidak ada masalah.

Lapor Ke CS Telkomsel Melalui Messenger


Hal pertama yang saya lakukan adalah lapor melalui messenger CS telkomsel. Messenger telkomsel menggunakan mesin virtual bernama Veronika. Mesin ini menyuruh saya untuk menunggu CS muncul di Chat lebih dari 1 jam lamanya.

Karena Mimin (cs) tidak juga menampakkan diri, saya akhirnya mengirimkan email ke cs@telkomsel.co.id. Alamat email itu saya dapatkan dari aplikasi my telkomsel.

Setelah saya mengirimkan email, saya buka messenger dan ternyata cs sudah melihat chat saya. Cs tersebut berkata kalau internet lokal hanya bisa digunakan di daerah saya membeli kuota tersebut. Saya jawab kalau saya berada di lokasi yang sama dengan pembelian.

Cara supaya bisa pakai internet lokal telkomsel


Berikut ini adalah cara yang disarankan cs telkomsel untuk dicoba saat internet lokal tidak bisa digunakan:

  • Masuk ke setting
  • Pilih Koneksi
  • Pilih Jaringan Seluler
  • Pilih Operator Jaringan
  • Pilih Secara Manual
  • Pilih salah satu jaringan dari provider lain
  • Akan muncul notifikasi jaringan tidak terdaftar atau ditolak oleh SIM
  • Kembalikan ke pengaturan jaringan otomatis.
Saya-pun mengikuti perintah tersebut, tetapi internet lokal saya tetap tidak bisa digunakan. CS berkata kalau beliau akan membuat laporan dan SLA-nya 4 hari. 

Ubah Jaringan ke 3G Only

Saya mencari-cari cara di internet, siapa tahu ada yang mengalami nasip yang sama. Dan ada beberapa artikel yang memang membahas masalah ini. Pada salah satu artikel, ada yang menyarankan supaya mengubah jaringan ke 3G Only.

Saya pun mencoba dan jreng, internet lokal telkomsel saya langsung bisa dipakai. Saya coba membuka youtube, google chrome dan internet lancar jaya. 

Namun, itu hanya sebentar saja, tidak lebih dari 1 menit. Tiba-tiba, jaringan internet terputus lagi, dan kuota internet lokal tersebut belum bisa saya gunakan sampai saya menulis artikel ini. 

Saya akan menunggu 4 hari terlebih dahulu. Sesuai dengan informasi dari cs telkomsel.


Penyebab Saya tidak bisa menggunakan Internet Lokal Telkomsel


Sebelum saya membeli Kuota internet, saya pergi ke atm dulu untuk isi pulsa. Jarak atm tersebut adalah sekitar 300 meter dari rumah saya.

Rumah saya berada tepat di perbatasan kota Bogor dan Bekasi. Lokasi atm berada di kota Bogor dan rumah saya sudah masuk wilayah kota Bekasi (saya baru mengetahui ini sekarang).

Setelah mengisi pulsa, saya kembali ke rumah dan menunggu beberapa saat, mungkin sekitar 5 menit baru saya beli kuota di aplikasi my telkomsel.

Sepertinya, aplikasi my telkomsel tidak langsung update lokasi. Jadi lokasi atm yang hanya berjarak 300 meter dari rumah saya lah yang masih tertera di aplikasi my telkomsel (mungkin, di smartphone saya). Sehingga secara otomatis, saat saya membeli kuota, masuk-nya ke daerah kota bogor.

Saya mencoba internet lokal tersebut di sekitar mesin atm ternyata bisa digunakan. Padahal saya kerja di rumah, dan internet itu saya butuh nya di rumah, bukan di jalan raya atau di mesin atm.

Itulah penyebab kenapa internet lokal tidak bisa saya gunakan, karena Delay perubahan lokasi di smartphone.