Dua Kartu Kredit satu Limit (Pagu Gabungan) Untung atau Rugi?

Sekarang, kebanyakan penerbit kartu kredit memberikan dua kartu kredit sekaligus. Biasanya logo kartu yang diberikan berbeda. Contoh Visa dan Mastercard. Dua kartu kredit ini memiliki satu limit atau disebut dengan limit gabungan.

Artikel ini membahas keuntungan dan kerugian dua kartu kredit limit bersama. Untuk informasi bagaimana ketentuan penggunaan limit gabungan baca di sini!

Marketing mengajukan dua kartu kredit sekaligus untuk pemohon bisa saja untuk mencapai target. Lantas, Apakah hal ini menguntungkan untuk pemegang kartu?

Menentukan menutup kartu kredit apa bila limitnya gabungan


Keuntungan

Ada untung dan ruginya. Namun, menurut saya, ruginya lebih banyak daripada untungnya.

Berikut ini adalah keuntungan punya dua kartu kredit dengan limit gabungan:

  • Bisa mengikuti promo dari kedua Platform, misalkan bila promo hanya untuk cc visa atau cc master. 
  • Tetap bisa transaksi bila salah satu kartu hilang atau diblokir.
  • Gratis iuran tahunan 1 atau 2 tahun pertama untuk salah satu kartu dan gratis selamanya untuk kartu kredit pendamping.


Promo kartu kredit untuk platform tertentu sebenarnya cukup jarang. Kecuali untuk kartu kredit level tinggi, seperti world elite atau signature.

Saya sendiri punya dua kartu kredit. Dan limit nya gabungan. Saat ini, saya hanya menggunakan Visa saja, sementara kartu kredit MasterCard saya belum pernah digunakan.

Bila bank mengirimkan dua kartu kredit tetapi satu limit, maka dipastikan iuran tahunan-nya hanya akan ditagih di salah satu kartu saja. Kalau tidak, silahkan komplain atau pilih kartu kredit dari bank lain!
Bila kamu ingin menutup salah satu dari kartu kredit tersebut, silahkan tunggu sampai masa gratis iuran tahunan nya habis.

Misalkan kamu menerima Visa dan MasterCard dengan keterangan Visa gratis satu tahun dan MasterCard gratis selamanya. Ajukan penutupan salah satu kartu setelah masa gratis iuran visa habis! Karena kalau kamu langsung menutup setelah disetujui, ada kemungkinan program free iuran tahunan batal.

Kerugian

Punya dua kartu kredit dengan limit gabungan tentu saja merepotkan, satu saja sudah merepotkan apalagi dua. Seperti punya dua dompet di dalam tas. Limit kartu pun bukannya bertambah. Walaupun gratis iuran tahunan di salah satu kartu tetapi ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Berikut ini adalah kerugian punya dua kartu kredit limit gabungan:

  • Membingungkan - Bank akan mengirimkan dua tagihan dari kartu kredit yang berbeda. Pada Lembar tagihan kedua kartu kredit tersebut akan terdapat informasi besar limit yang berbeda-beda. Padahal total keseluruhan limitnya adalah sama. Hal ini sering membuat nasabah terkecoh, berfikir kalau ia masih punya limit yang besar. 
  • Merepotkan - Kalau kedua kartu kredit dipakai, tentu saja pembayaran harus dilakukan ke nomor kartu yang berbeda-beda. 
  • Lebih mahal - Limit sama saja, tetapi biaya bisa menjadi lebih mahal bila menggunakan dua kartu, biaya pembayaran untuk masing-masing kartu, biaya percetakan tagihan dan biaya lainnya. Misalkan pembayaran telat di kedua kartu, maka denda keterlambatan-nya pun jadi double. 
  • Hilang - Punya dua kartu kredit, dimana salah satunya tidak dipakai sangat beresiko untuk dilupakan dan akhirnya hilang atau tercecer. 


 Saran 

Bila jenis kartu kredit mu adalah setingkat Gold atau Platinum, sebaiknya pertimbangkan untuk memakai satu kartu kredit saja (Apabila limitnya gabungan).

Tetapi, untuk kartu kredit tertentu yang punya program khusus seperti gratis airport lounge, asuransi perjalanan atau special privileges lainnya, maka silahkan dipertimbangkan.


Nah, demikian informasi seputar dua kartu kredit yang memiliki limit gabungan.