Cara Menghilangkan Biaya Kartu Kredit Denda, Bunga Iuran dan Lainnya

Kartu kredit punya banyak jenis-jenis biaya. Misalnya denda keterlambatan, bunga, iuran tahunan, sales draft, biaya printing tagihan, dan masih banyak lagi. Biaya kartu kredit ini sebaiknya dihindari. Hampir semua jenis biaya kartu kredit bisa dihilangkan, asal tahu saja caranya. Termasuk iuran tahunan, bunga, denda, biaya overlimit dan lainnya.

Menghapus biaya kartu kredit

Cara Menghapus Iuran Tahunan Kartu Kredit

Ada beberapa cara yang bisa kamu coba. Yang pertama adalah menghapus iuran tahunan dengan menukarkan poin kartu kredit. Hampir semua bank memiliki program seperti ini. Caranya, hubungi call center dan tanyakan apakah jumlah poin-mu cukup untuk menghapus iuran tahunan.

Cara yang kedua adalah mengikuti program free iuran tahunan. Hubungi call center bank anda, tanyakan apakah ada program belanja supaya gratis iuran tahunan?

Bila kamu keberatan dengan iuran tahunan kartu kredit dan kartu kredit tersebut sudah jarang kamu gunakan. Hubungi call center dan langsung Informasikan kalau kamu berniat untuk menutup kartu karena keberatan dengan iuran tahunan. Biasanya, bank akan menawarkan program tertentu supaya kamu tidak jadi menutup kartu kredit. Tapi, kalau call center-nya langsung membuat laporan penutupan tanpa menawarkan apapun, kamu juga harus pasrah. Atau silahkan batalkan bila kamu tidak benar-benar ingin menutup kartu.

Cara Menghilangkan Bunga Kartu Kredit

Ada beberapa penyebab kartu kredit ditagih bunga, sebagai berikut:

  • Bayar Minimum atau bayar di bawah tagihan full
  • Bayar Telat
  • Ada Tarik Tunai

Jadi, cara menghilangkan bunga kartu kredit adalah dengan melakukan pembayaran penuh setiap bulan dan pembayaran harus tepat waktu sebelum tanggal jatuh tempo. Jangan melakukan penarikan tunai di mesin atm supaya tidak dikenakan bunga.

Berbeda dengan bunga cicilan tetap, bunga ini sudah di-format dan nominal nya tidak terlalu besar. Sebaiknya ubah transaksi minimal 1 juta menjadi cicilan tetap apabila tidak sanggup melakukan pembayaran.

BACA CICILAN TETAP!


Cara Supaya Tidak dikenakan Denda keterlambatan dan Biaya Overlimit

Denda keterlambatan kartu kredit adalah 3% dan maksimal Rp150.000. Kemungkinan biaya ini sama di semua bank. Tetapi, biaya overlimit berbeda-beda, ada yang murah dan ada yang sangat mahal.

Supaya kartu kredit tidak dikenakan biaya keterlambatan usahakan untuk melakukan pembayaran sebelum tanggal jatuh temp. Tidak masalah bila hanya bayar minimum (tetapi akan dikenakan bunga).

Bayar minimum tagihan kartu kredit sebelum jatuh tempo dianggap sebagai pembayaran tepat waktu dan tidak akan dikenakan denda keterlambatan tetapi akan dikenakan bunga.

Kamu bisa mengajukan penghapusan denda keterlambatan apabila tidak menerima lembar tagihan sebelum jatuh tempo. Caranya hubungi call center dan minta penghapusan karena tidak terima tagihan. Cara ini bisa berhasil dan bisa saja ditolak. Jangan komplain tidak menerima tagihan apabila kamu menerima tagihan, karena bank memiliki laporan tersebut, termasuk pengiriman tagihan via email.

Untuk menghindari biaya overlimit, selalu periksa limit kartu kredit kamu sebelum transaksi. Jangan menghabiskan semua limit. Misalkan limit kamu adalah 4 juta dan kamu menggunakan langsung 4 juta. Kemungkinan akan ada biaya yang ditagihkan oleh bank dan dimasukkan sebagai pemakaian. Hal itu akan membuat kartu kreditmu overlimit.

Supaya tidak overlimit, usahakan untuk meninggalkan limit paling tidak Rp.150.000 atau sesuaikan dengan besar biaya yang kemungkinan akan ditagihkan. Misalkan bunga cicilan dan lainnya.


Menghilangkan Biaya-Biaya Kartu Kredit Lainnya!


Cara menghilangkan Biaya Cetak dan biaya Pengiriman Tagihan Kartu Kredit
Supaya gratis biaya pengiriman tagihan kartu kredit, silahkan daftar ebilling/ estatement. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menghubungi call center.

BACA PENGALIHAN TAGIHAN KE EMAIL!

Apakah Biaya Materai Kartu Kredit Bisa dihapus?
Biaya Materai bukanlah ketentuan bank, tetapi ketentuan Negara. Biaya ini sudah diatur, termasuk nominalnya. Pembayaran 250 ribu hingga dibawah 1 juta akan dikenakan biaya materai sebesar Rp3000. Sementara pembayaran 1 juta ke atas akan dikenakan biaya Rp.6000.

Setiap bulan, biaya materai hanya ditagihkan sekali saja. Walaupun kamu melakukan pembayaran hingga beberapa kali.

Biaya kartu kredit lainnya seperti biaya ganti kartu karena hilang tidak bisa dihapus. Sementara biaya sales Draft hanya akan ditagihkan apabila penyanggahan transaksi gagal atau kamu memang sengaja meminta sales draft ke bank.  Demikian informasi cara menghapus biaya kartu kredit, semoga bermanfaat.