10 Provinsi Dengan Tingkat Pengangguran Paling Rendah di Indonesia

Persentase tingkat pengangguran terbuka di Indonesia secara keseluruhan adalah 5.01%. Angka tersebut sebenarnya tidaklah terlalu buruk bila dibandingkan dengan beberapa negara lainnya. Persentase pengangguran paling rendah di dunia menurut data Central Intelligence Agency 2017 adalah Cambodia yaitu hanya 0.3%,  disusul oleh negara Qatar dan Thailand.

Tingkat pengangguran di Indonesia masih jauh lebih tinggi bila dibandingkan dengan Malaysia yang hanya 3.4% atau Singapura 2.2%. Bahkan, tingkat pengangguran di Indonesia masih jauh lebih tinggi dari Papua New Guinea yang hanya 2.5%.

Menurut data BPS, Angka pengangguran paling kecil di Indonesia berdasarkan provinsi adalah Bali yaitu hanya 1.19%. Bila kota bali dibandingkan dengan jumlah pengangguran per Negara, Bali akan menjadi peringkat ke 7 dengan jumlah pengangguran yang paling kecil di dunia.

Persentase tingkat pengangguran terbuka di Indonesia per provinsi


Provinsi Tingkat Pengangguran Paling Rendah

Berikut ini adalah 10 provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat pengangguran terbuka paling rendah di Indonesia untuk tahun 2019. Data ini di ambil dari statistik BPS dan juga dari Laporan keuangan bank Indonesia.

Provinsi yang memiliki tingkat pengangguran rendah (kota yang paling sedikit pengangguran)
Provinsi dengan tingkat pengangguran dibawah National

1. BALI
Sudah tidak diragukan lagi, bahwa perekonomian Bali bergantung pada Industri Pariwisata, menjadikan Bali menjadi salah satu provinsi terkaya di Indonesia. Sektor pariwisata ini tentunya mampu menampung banyak tenaga kerja, jadi tidak mengherankan bila Bali menempati urutan pertama sebagai provinsi dengan tingkat pengangguran yang paling rendah.  Badan Pusat Statistik mencatat pada caturwulan II 2019 ini, Dari sisi lapangan usaha struktur ekonomi Bali didominasi oleh Akomodasi dan Makan Minum.


2. Sulawesi Barat


Provinsi Sulawesi Barat atau biasanya disingkat Sulbar adalah provinsi kedua dengan tingkat pengangguran paling rendah di Indonesia yaitu hanya 1.45%.  Sulawesi Barat adalah sebuah provinsi yang baru disahkan pada tahun 2004 dengan Ibu Kota Provinsi Mamuju. Provinsi ini terdiri dari 6 Kabupaten/Kota. Kabupaten Polewali Mandar adalah kabupaten yang memiliki jumlah penduduk paling banyak di provinsi ini. Selain pertanian, sumber pendapatan penduduk juga berasal dari sektor wisata.


3. Bengkulu

Provinsi Bengkulu masuk ke peringkat tiga provinsi dengan persentase pengangguran paling rendah di Indonesia yaitu 2.50.Tingkat pengangguran di Provisi Bengkulu turun dari 2.70 di tahun 2018.



4. DI Yogyakarta

Provinsi DI Yogyakarta memiliki tingkat pengangguran yang kecil yaitu hanya 2.86%. Sektor perekonomian terbesar di provinsi ini adalah Penanaman Modal dan Industri, perdagangan dan UKM, Pertanian dan kehutanan, Sumber daya mineral dan Tambang, Termasuk Pariwisata.


5. Sulawesi Tenggara

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Sulawesi Tenggara 2.96%


6. Nusa Tenggara Timur

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Nusa Tenggara Timur 3.10%


7. Nusa Tenggara Barat

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Nusa Tenggara Barat 3.27%


8. Kalimantan Tengah

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Kalimantan Tengah 3.33%


9. Bangka Belitung

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Bangka Belitung 3.39%


10. Papua

Tingkat pengangguran terbuka di Provinsi Papua 3.42%

Provinsi di Indonesia dengan tingkat pengangguran tertinggi

Kota di Indonesia yang paling banyak pengangguran
Provinsi yang memiliki tingkat pengangguran di atas Nasional

Setelah melihat nama-nama provinsi yang memiliki tingkat pengangguran terendah di atas, saatnya untuk mengetahui provinsi mana saja di Indonesia yang memiliki tingkat pengangguran terbuka yang paling tinggi. 

Tingkat pengangguran terbuka paling tinggi adalah pada provinsi Jawa Barat yaitu 7.73, jauh lebih tinggi dari tingkat pengangguran terbuka nasional yang hanya 5.01%. 

Berikut ini adalah 10 Provinsi dengan tingkat pengangguran tertinggi di Indonesia untuk tahun 2019:
  1. Jawa Barat 7.73%
  2. Banten 7.58%
  3. Maluku 6.91
  4. Kalimantan Timur 6.66%
  5. Kepulauan Riau 6.41%
  6. Kalimantan Utara 5.80%
  7. Riau 5.57%
  8. Sumatera Utara 5.56%
  9. Aceh 5.53%
  10. Sulawesi Selatan 5.42%

Nah itu dia informasi mengenai provinsi mana saja di Indonesia yang memiliki tingkat pengangguran paling rendah dan paling tinggi. Semoga data ini bisa bermanfaat. Jangan lupa di share di Social media kamu yah!