7 e-commerce Terpopuler untuk Belanja Online dan Bayar di Tempat

Belanja online bayar di tempat adalah salah satu metode pembayaran paling diminati oleh warga Indonesia. Istilah pembayaran ini sering juga disebut dengan COD. COD sendiri adalah singkatan dari Cash On Delivery (English). Bila diterjemahkan ke bahasa Indonesia secara literal artinya menjadi bayar cash di perjalanan (pada saat pengiriman). Namun dalam praktek nya, ada beberapa toko online yang bisa bayar di rumah/kantor pakai kartu kredit dan debit.

Beberapa alasan konsumen lebih memilih metode pembayaran di tempat adalah sebagai berikut:

  • Merasa lebih aman dan lebih nyaman
  • Tidak mau ribet
  • Tidak punya kartu kredit
  • Tidak punya ebanking
  • Jarak Mesin ATM cukup jauh
  • Tidak punya rekening tabungan
  • Tidak punya uang di rekening tabungan dan masih banyak lagi.


Saya juga sering belanja online bayar di tempat. Online Shop yang sudah pernah saya coba untuk metode pembayaran ini adalah zalora, lazada, jd.id dan shopee.

Banyak keuntungan memilih metode pembayaran Cash On Delivery. Menurut saya toko lapak (pelapak yang numpang di online shop) akan mengirimkan barang lebih cepat. Alasannya, supaya transaksi terproses. Demikian juga official Online shop, misalkan pembelian produk dari official jd.id, menurut pengalaman saya, pengiriman produk COD lebih cepat sampai di rumah.


Warga lebih senang berbelanja di Online shop yang bisa bayar di tempat. Apalagi kalau Free ongkir atau gratis biaya pengiriman. Ada beberapa toko online yang selalu punya promo gratis biaya pengiriman tanpa minimum pembayaran, Shopee sering memiliki jenis promo yang seperti itu. Kemudian, beberapa toko online lainnya, memberikan promo gratis biaya pengiriman dengan minimum transaksi tertentu.

1. Lazada

Pilihan metode pembayaran di lazada termasuk bayar di tempat

Siapa yang tidak tahu Lazada? E-commerce yang satu ini, sangat populer di Indonesia. Lazada adalah Toko online yang bisa bayar di tempat.

Hampir semua jenis kebutuhan ada di Lazada, mulai dari peralatan Elektronik, Fashion, Kesehatan dan kecantikan, Keperluan rumah tangga, peralatan olah raga dan hobbi, otomotif, termasuk produk digital seperti pulsa, paket data, pembayaran tagihan dan lain-nya.

Syarat Bayar Di tempat Di Lazada

Tidak semua produk yang dijual di lazada bisa dibayar di tempat. Tetapi, kebanyakan produk yang dijual oleh official lazada bisa. Semua produk dengan harga di atas Rp.5.000.000 tidak bisa COD atau apabila total perbelanjaan dalam satu struk di atas 5 juta, tidak bisa dibayar di tempat.

Cara melihat produk yang bisa dibayar di tempat saat belanja di lazada adalah pilihan metode pembayaran COD (Cash on Delivery) akan muncul saat checkout.

Bila pilihan pembayaran COD tidak muncul, maka ada beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain:

  • Lokasi alamat pengiriman tidak didukung
  • Produk yang dibeli tidak bisa COD
  • Harga perbelanjaan lebih dari 5 juta
  • Pembeli terindikasi sering pura-pura belanja COD tapi tidak pernah menerima kiriman dan tidak bayar.

Promo Gratis Ongkir Lazada 2019
Saya baru cek, gratis ongkir belanja di lazada untuk pengiriman ke Jakarta.

2. Blibli 

pilihan metode pembayaran di blibli ada cod

Online shop bayar di tempat yang kedua adalah Blibli. Blibli menjual hampir semua jenis keperluan/kebutuhan kita sehari-hari, sama seperti lazada.

Tidak semua produk di blibli bisa dibayar di tempat, hanya produk yang dikirimkan oleh blibli saja (tidak termasuk evoucher, tiket, produk digital).

Walaupun bayar di tempat, bila kamu belanja di blibli, bisa juga loh bayar pakai kartu kredit atau debit. Nanti, kurirnya akan datang dan membawa mesin EDC ke rumah atau kantor kamu. Tapi, kamu harus memilih kurir pengiriman Blibli Express Service. Karena kalau kamu memilih kurir JNE COD, kamu harus bayar pakai uang cash. Jadi, di blibli itu ada dua jenis pengiriman yang bisa kamu pilih untuk metode pembayaran COD yaitu Blibli Express Service dan JNE COD.

Sama seperti lazada, tidak semua lokasi pengiriman mendukung metode pembayaran COD di blibli. Kamu tidak perlu mencari tahu lokasi mana saja yang mendukung, karena bila alamat pengiriman-mu mendukung, secara otomatis pilihan metode pembayaran COD akan muncul saat checkout.

Promo Gratis Ongkir di Blibli 

Gratis biaya pengiriman bila alamat pengiriman sama kota dengan alamat penjual (yang punya lapak) berlaku sampai januari 2020. Promo ini hanya berlaku untuk jenis pengiriman standard.

Selain itu blibli juga punya promo ongkir dengan syarat minimum transaksi tertentu dan potongan ongkir tertentu. Bisa kamu cek di sini!



3. Tokopedia 

cara bayar di tempat di tokopedia

Tokopedia adalah toko online yang bisa bayar ditempat dan gratis ongkir. Saya bilang gratis ongkir karena jujur saja, toko ini selalu memberikan kupon gratis ongkir.

Dulu, Tokopedia belum bisa bayar di tempat. Tapi, sejak februari 2019 kemarin, sudah bisa. Syarat COD di tokopedia cukup ketat, hanya untuk produk harga di bawah Rp.1.000.000 saja.

Syarat COD di Tokopedia

Berikut ini adalah syarat cash on delivery di tokopedia:

  • Harga produk tidak lebih dari 1 juta
  • Hanya untuk produk tertentu saja yang dilabeli 'BAYAR DI TEMPAT' 
  • Saat memilih kurir pastikan ada tulisan 'Tersedia bayar di tempat' pada informasi SLA Pengiriman.
  • Kota yang mendukung COD tokopedia adalah Kota medan, Jogja, Solo, Surabaya, Malang dan Jakarta.
  • Produk makanan dan minuman tidak bisa COD
  • Produk promo Flash Sale dipastikan tidak bisa COD.


Syarat Gratis Ongkir Tokopedia

Gratis ongkir di tokopedia mengikuti promo dan kupon yang kamu miliki. Buka aplikasi tokopedia mu dan cek kopun apa saja yang kamu miliki. Untuk melihat kopun, masuk ke menu akun dan klik kupon saya.

Selain itu promo dengan jumlah/harga tertentu juga bisa mendapat gratis ongkir, lihat saja informasi yang tertulis pada produk yang ingin kamu beli.


4. Shopee 

Logo shopee

Shopee sudah terkenal dengan promo belanja online gratis ongkir-nya, biasanya tanpa minimum transaksi. Saya baru cek, dan sekarang (bulan Agustus ini) masih ada promo shopee free ongkir tanpa minimum pembayaran.

Syarat COD di shopee cukup mudah, minimal transaksi Rp50.000 dan maksimal Transaksi Rp.3.000.000 bisa bayar di tempat. Artinya, untuk perbelanjaan di atas 3 juta sudah tidak bisa COD lagi.

Produk yang bisa COD dilabeli pada masing-masing deskripsi produk dan hanya berlaku untuk pelapak yang sudah mengaktifkan fitur cod dan satu kota dengan alamat pengiriman. Cara mudah mengetahui apakah produk shopee bisa dibayar di tempat adalah dengan melihat pilihan metode pembayarannya.


5. Zalora

belanja online di zalora bisa bayar di tempat

Zalora adalah olshop free ongkir Bayar di Tempat, merupakan olshop khusus fashion dan sangat populer di Indonesia. Kamu bisa beli baju-baju branded di toko ini. Saya sendiri sudah beberapa kali berbelanja di Zalora dan kebanyakan produk yang dijual di sana bisa COD dan gratis ongkir.

Selain itu, Zalora juga terkenal dengan diskon besarnya, biasanya akan selalu ada diskon minimal 15% untuk pengguna aplikasi zalora yang baru. Dan bila beruntung kamu juga bisa mendapatkan diskon tambahan hingga 25%.

Untuk melihat apakah produk yang kamu beli bisa COD, bisa dipastikan saat memilih metode pembayaran. Informasi diskon biasanya dikirimkan via email atau lihat di header aplikasi zalora, biasanya di sana akan ada kode-nya.

Kamu bisa belanja melalui website Desktop, browser mobile atau langsung melalui aplikasi. Kalau saya sarankan, download saja aplikasinya karena kebanyakan diskon hanya berlaku untuk perbelanjaan via aplikasi saja.

Produk branded yang tersedia di Zalora sangat banyak, saya tidak bisa menyebutnya satu-satu. Silahkan langsung cek saja, kamu bisa melihat menu branded dan klik brand yang sedang kamu cari.


6. JD.ID 

logo JD ID

Bila kamu ingin belanja produk ori, download saja aplikasi belanja online bayar di tempat ini, yaitu jd.id. Umumnya produk-produk JD.ID bisa dibayar di tempat.

JD.ID juga memberikan batas pembayaran COD yang paling besar yaitu hingga Rp.100.000.000 untuk pembayaran dengan uang cash dan hingga Rp.200.000.000 untuk bayar pakai kartu kredit/debit di rumah (mesin edc-nya dibawa kurir).

Lokasi pengiriman COD JD.ID juga yang paling luas. Sampai saat ini, COD JD.ID sudah menjangkau 21 provinsi pada kota-kota tertentu, jumlah kotanya ratusan. Cek Daftar kota COD JD.ID.

JD.ID juga selalu punya program gratis ongkir dengan syarat minimal transaksi tertentu.

Selain terkenal sebagai olshop populer untuk pembelian gadjet, JD.ID juga cukup populer untuk pembelian kategori Branded fashion.

7. Bukalapak

logo bukalapak


Bukalapak adalah e-commerce jual beli online bayar ditempat dan sering ada promo gratis ongkir. Tidak semua produk yang dijual oleh pelapak bisa COD, jadi tergantung pelapaknya.Untuk mengetahui apakah produk yang kamu mau beli bisa COD silahkan chat terlebih dahulu dengan pelapak atau lihat deskripsi dan pilihan metode pembayaran yang tersedia.

Ketuju Olshop untuk belanja online dan bayar di tempat tersebut adalah yang paling populer di Indonesia. Selain populer, mereka juga sudah terbukti aman, bahkan bila kamu belanja di lapak (bukan officialnya) karena toko-toko online di atas baru akan memberikan uang kepada pelapak setelah kamu konfirmasi bahwa produk sudah kamu terima, atau menunggu beberapa hari tanpa komplain.

Biasakan untuk chat pelapak terlebih dahulu untuk menanyakan ketersediaan produk, memperjelas deskripsi produk dan hal lainnya. Semoga pengalaman belanja online kamu semakin menyenangkan dengan adanya fasilitas COD.