Pengalaman Saya Klaim BPJS Ketenagakerjaan di BTN - Lengkap

kartu bpjs

Saya klaim BPJS ketenagakerjaan melalui Kantor Cabang Bank BTN di Cileungsi. Tanggal 14 Juni 2019, saya mengunjungi salah satu kantor cabang di Metland Cibubur. Saya tiba di kantor tersebut sekitar jam 9 pagi, dan di depan kantor sudah ada papan pengumuman yang berisi, 'Layanan Klaim BPJS hanya untuk 5 orang per hari' dan ternyata hari itu sudah ada 5 klaim yang diterima.

Akhirnya, masih dihari yang sama, saya memutuskan untuk mengunjungi kantor cabang Bank BTN Cileungsi. Saya bertanya kepada security yang berjaga di depan pintu.

"Pagi, Pak. Saya bermaksud untuk mengajukan Klaim BPJS Ketenagakerjaan."

"Silahkan datang besok pagi ya, Pak, jam 8 pagi!" Jawabnya.

Akhirnya, saya memutuskan untuk pulang ke rumah dan menyetel alarm saya ke jam 7 pagi. Soalnya, setelah berhenti menjadi karyawan, saya sering bangun kesiangan.

Mengambil Antrian Klaim BPJS di Bank BTN setiap Sabtu Pagi


Singkat cerita, besoknya, sekitar jam 7.30 Pagi, saya sampai di depan kantor cabang BTN tersebut. Dan Alamakkk, sudah sangat banyak yang mengantri.

Saya mulai kesal, karena saya pikir kalau hari itu, saya pasti tidak akan bisa mengajukan juga. Ternyata, saya salah.

Faktanya, semua peserta yang mengantri disuruh untuk mengumpulkan semua berkas pengajuan. Setelah semua dokumen terkumpul, Pihak BTN, secara acak, memberikan jadwal kepada semua pemohon klaim. Jadwal itu dituliskan di amplop berkas.

Jadi, sekitar jam 9 pagi, pihak BTN membagikan kembali semua dokumen tersebut dengan memanggil nama peserta satu-persatu.

Saya cukup senang, karena pada amplop berkas saya tertulis, tgl 17 Juni, yang artinya hari Senin.


Berkas-Berkas Dokumen Yang Diperlukan untuk Klaim BPJS ketenagakerjaan

Sambil membagikan berkas-berkas tersebut, pihak BTN mengumumkan dokumen yang diperlukan, saya hanya mengingat dokumen yang diperlukan untuk klaim karena mengundurkan diri atau resign.

Berikut ini adalah berkas-berkas pengajuan klaim BPJS ketenagakerjaan di Bank BTN:

  • KTP Asli dan Foto Copy KTP berwarna 2 Lembar
  • Kartu BPJS atau Jamsostek (asli + Foto copy 2 Lembar)
  • Kartu Keluarga (asli + foto copy 2 lembar)
  • Paklaring (asli + Foto copy 2 lembar)


Perlu diperhatikan 'KTP' harus diftocopy warna, bukan hitam-putih. Silahkan cari tukang fotocopy yang bisa punya mesin fotocopy warna.

Bila kamu memiliki lebih dari 1 kartu BPJS, semua kartu yang hendak kamu klaim harus disertakan dan difotocopy masing-masing 2 lembar, tidak perlu berwarna.

Informasi Nama Ibu kandung yang tertulis pada Kartu Keluarga harus sama persis dengan nama Ibu kandung yang terdaftar di sistem BPJS Ketenagakerjaan.

Bila 1 kartu BPJS Ketenagakerjaan pernah dipakai oleh 2 perusahaan yang berbeda. Istilahnya kamu sudah bekerja di beberapa perusahaan dengan menggunakan 1 nomor kartu BPJS, maka kamu harus memiliki paklaring dari semua perusahaan tersebut. Hanya Paklaring yang memiliki stempel perusahaan yang bisa diproses.

Ajukan Klaim BPJS di Bank BTN tidak Harus Punya Tabungan Bank Tersebut

Awalnya, saya juga cukup khawatir kalau akan disuruh buka tabungan terlebih dahulu. Ternyata prosesnya tidak sesulit itu. Proses pembukaan tabungan akan dilakukan bersamaan dengan proses pengajuan klaim. Artinya, kamu tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun, karena setoran awalnya adalah uang yang akan ditransfer dari saldo BPJS ketenagakerjaan tersebut.

Pada hari senin, 17 Juni 2019 saya mengunjungi kantor cabang BPJS. Ternyata, ada sekitar 20 atau 30 orang yang mendapat antrian untuk hari senin. Jadi, harus mengantri terlebih dahulu.

Sambil  mengantri pihak BTN akan membagikan 3 jeni dokumen yang harus kita isi. Jadi, Pastikan untuk membawa pena dari rumah. 

Berikut ini adalah tiga dokumen yang harus di-isi sambil menunggu antrian:

  • Formulir pengajuan BPJS Ketenagakerjaan
  • Surat pernyataan Pengajuan BPJS Ketenagakerjaan melalui bank BTN
  • Formulir pembukaan tabungan bank BTN (khusus untuk pemohon yang tidak memiliki tabungan BTN)
Sesuai dengan arahan dari Pihak BTN, semua dokumen harus di-isi dengan rapi dan tidak dicoret atau di-tipex. 

Pemeriksaan Dokumen Oleh CS BTN

Setelah saya berhadapan dengan CS. Beliau melakukan pemeriksaan dokumen, verifikasi dokumen asli dan sorting dokumen yang akan dikirimkan ke pihak BPJS ketenagakerjaan. 

Proses klaim di bank BTN sangat mudah apabila dokumen lengkap dan tidak ada kesalahan data. Namun apabila ada keselahan data atau dokumen tidak lengkap, maka CS akan  menyuruh pemohon untuk memperbaiki atau melengkapi. Pemohon disuruh untuk menghadap Security untuk mendapatkan jadwal pemeriksaan ulang. 

Apabila semua dokumen lengkap, CS yang bertugas untuk memeriksa dokumen akan menyerahkan Formulir pembukaan tabungan ke CS pembuka rekening.

Kamu akan disuruh menunggu sekitar 5 menit untuk percetakan buku rekening dan 2 kartu atm yang masing-masing berlogo Visa BTN dan PGN. 

Bank Account dan Lama Proses Pencairan BPJS Ketenagakerjaan di Bank BTN

Setelah buku tabungan dan kartu atm btn dicetak, CS tersebut akan memanggil nama kita. Kemudian, beliau akan menyuruh kita membuat PIN pada mesin EDC BTN yang ada di atas meja. 

Beliau juga sekalian akan menyuruh kita untuk membuat PIN Mobile banking BTN. Jadi ketika dana nanti sudah ditransfer ke rekening tersebut, kita akan mendapatkan sms permberitahuan di nomor hp terdaftar.

Petugas tersebut akan memberikan buku tabungan dan kedua kartu atmnya. Beliau menginformasikan bahwa dana akan ditransfer maksimal 7 hari kerja, hari libur tidak dihitung. 

Saya sendiri sudah menerima sms 2 hari setelah pengajuan klaim saya selesai. Artinya, informasi dari cs tersebut adalah maksimal dan bisa lebih cepat dari SLA tersebut.

Namun, bila sampai 7 hari dana juga belum ditransfer ke rekening BTN, pemohon diminta untuk menghubungi kantor BPJS ketenagakerjaan dengan membawa formulir klaim yang juga akan diberikan oleh CS tersebut. 


Hal-hal yang perlu di perhatikan

1. Bila kamu pernah mengajukan eclaim dan sudah mendapatkan jadwal melalui email, namun klaim tersebut tidak jadi, bisa karena dokumen kamu tidak lengkap atau karena kamu malas. Maka, klaim tersebut hari dibatalkan terlebih dahulu. 

Ada dua cara untuk membatalkan eclaim BPJS, yaitu
  • Menghubungi Call center BPJS ketenagakerjaan di nomor 1500910. Pembatalan melalui call center memiliki SLA yang cukup lama yaitu sekitar 6 hari kerja. 
  • Mengunjungi kantor cabang BPJS ketenagakerjaan yang dulu kamu pilih untuk melalui eclaim. Pembatalan langsung ke kantor BPJS ketenakerjaan langsung bisa diproses melalui CS. Jangan menulis pada list pembatalan di meja security tetapi minta langsung bertemu dengan CS. CS akan memberikan kamu sebuah formulir bukti yang menyatakan kalau pengajuan eclaim sudah dibataklan, silahkan bawa bukti terssebut ke bank BTN.

2. Bila stempel pada paklaring tidak jelas setelah difotocopy, pertimbangkan untuk menggunakan fotocopy berwarna. Tanggal masuk dan tanggal keluar bekerja yang tertera pada paklaring harus sama dengan data yang terdapat pada formulir yang kamu isi dan pada data yang terdapat di sistem BPJS. 

Nah, itu dia pengalaman saya mengajukan klaim BPJS ketenagakerjaan melalui kantor cabang BTN Cileungsi. Melalui tulisan ini, saya juga menyampaikan terimakasih banyak kepada petugas di kantor cabang BTN Cileungsi yang sudah bekerja dengan sangat baik dan ramah serta sangat sabar.